TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG PADA AGROWISATA KEBUN TEH TAMBI DI KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO

Riska Yunda Pratiwi, Dini Rochdiani, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Kepuasan pengunjung pada agrowisata dinilai melalui fasilitas yang disediakan dan pelayanan yang diberikan, perbedaan karakteristik pengunjung menjadi permasalahan terhadap harapan pelayanan kepuasan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung, tingkat kepuasan pengunjung, dan cara pemenuhan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh pengelola terhadap pengunjung agrowisata Kebun Teh Tambi di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik penarikan sampel menggunakan accidental sampling dengan perhitungan lemeshow. Data primer dan data sekunder yang terkumpul dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pengunjung meliputi rata-rata umur 23 tahun, 64,58% perempuan, 89,58% berasal dari Jawa Tengah, dan 59,38% bekerja sebagai wiraswasta/wirausaha. Tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA), tingkat kesesuaian pelayanan dan fasilitas agrowisata diperoleh nilai 100,48%, berdasarkan Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai sebesar 76,36 menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan pengunjung pada Agrowisata dikatakan puas. Cara pemenuhan fasilitas dan pelayanan terhadap pengunjung dilakukan sesuai peraturan dan prosedur kerja yang diterapkan oleh agrowisata sesuai dengan tugasnya secara profesional. Pengelola dapat memperbaiki serta meningkatkan kinerja pada pelayanan dan fasilitas yang berada pada kuadran I diagram kartesius hasil Importance Performance Analysis (IPA) untuk mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi dari nilai yang diperoleh berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI).

Keywords


Tingkat Kepuasan, Pengunjung, Agrowisata, Pelayanan, Fasilitas

References


Budiarto, BR, & Santoso, B. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Pelanggan Menggunakan Analisis Performance Service, Lean Service, dan Importance Performance. JUMINTEN, 1 (2), 33-44.

Budiasa, I. W. 2011. Konsep dan potensi pengembangan agrowisata di Bali. Dwijen Agro, 2(1).

Huda, M. K., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh citra destinasi, produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung ke wisata coban jahe. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(4).

Indrajaya, D. 2018. Analisis kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index pada UKM gallery. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 2(3), 1-6.

Indrajaya, D. 2018. Analisis kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index pada UKM gallery. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 2(3), 1-6.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Marpaung, H., & Bahar, H. (2002). Pengantar pariwisata.

Mutiah, A., Abdullah, A., & Nurlaelah, S. (2018). Identifikasi peranan kelompok sebagai wahana kerja sama pada kelompok peternak sapi potong pada peternakan rakyat. Jurnal Agripet, 18(1), 57-62.

Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2).

peternakan rakyat. Jurnal Agripet, 18(1), 57-62.

Rahardjo, M. 2017. Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Sinnun, A. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI. Jurnal Informatika, 4(1).

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utami, R. A., & Novikarumsari, N. D. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Petani Kopi Lego Menuju Agrowisata Berkelanjutan dalam Perspektif Pentahelix Model di Gombengsari, Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Kirana, 3(1), 62-74.

Wekke, I. S. 2019. dkk, Metode Penelitian Sosial.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.16116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: