ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELAPA BUTIRAN (Suatu Kasus di Desa Kersaratu Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran)

Harisma Fajar Setiawan, Soetoro Soetoro, Muhammad Nurdin Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Saluran pemasaran kelapa butiran dari produsen ke konsumen, 2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran kelapa butiranuntuk setiap tingkatan lembaga pemasaran, 3) Besarnya bagian harga yang diterima petani dari harga eceran. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kersaratu Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran dengan menggunakan Metode Survai.Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Terdapat dua saluran pemasaran kelapa butiran di Desa Kersaratu Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran yaitu :Saluran 1 = Petani ? pedagang pengumpul ? pedagang besar ? pedagang pengecer ? konsumen.Saluran 2 = Petani ? Pedagang besar ? pedagang pengecer ? konsumen2) Pada saluran pemasaran 1, marjin pemasaran di pedagang pengumpul dan pedagang besar masing-masing Rp. 1,000,- , pedagang pengecer Rp. 1,500,-, biaya pemasaran di pedagang pengumpul Rp. 223,43,- , pedagang besar Rp. 399,29,- , dan pedagang pengecer Rp. 269,10,- per butir. Dengan demikian, keuntungan pemasaran di pedagang pengumpul sebesar Rp. 776,56,- per butir, pedagang besar sebesar Rp. 600,71,- per butir, dan pedagang pengecer sebesar Rp. 1.230,905,- per butir. Pada saluran pemasaran 2, marjin pemasaran di pedagang besar Rp. 1.000,- , pedagang pengecer Rp. 1.500,- per butir, biaya pemasaran di pedagang besar Rp. 316,76,- pedagang pengecer sebesar Rp. 303,527,- per butir. Dengan demikian, keuntungan pemasaran di pedagang besar Rp. 683,24,- dan pedagang pengecer Rp. 1,196,472,-.3) Besarnya bagian harga yang diterima petani (farmers share) pada saluran pemasaran I adalah sebesar 30 persen, dan besarnya bagian harga yang diterima petani (farmers share) pada saluran pemasaran II adalah sebesar 50 persen.Kata Kunci :Saluran Pemasaran, Kelapa, Usahatani

Full Text:

PDF

References


Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Anief, DH. 2002. Pedoman Sistem Jaminan Mutu melalui Standar Prosedur operasional (SPO) Pisang Mas Kirana. Kabupaten Lumajang. Lumajang

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

_________. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.. Rineka Cipta. Jakarta

Darmoyuwono. 2006. Gaya hidup Sehat Dengan Virgin Coconut OilPT. Indeks. Jakarta.

Daniel, MS. 2003. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Dinas Kelautan Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Pangandaran. 2016. Data Produksi Kelapa di Kabupaten Pangandaran Tahun 2015. Bidang Kehutanan dan Perkebunan. DKPK. Pangandaran

Harefa, O. 2011. Studi Kelayakan Bisnis Industri Pengolahan Minyak VCO di Kabupaten Nias. (http://ofosiharefa-anknias.blogspot.co.id).Diakses tanggal 14 Oktober 2015

Kastaman, R. 2006. Pengembangan Model Agroindustri dan Pemasaran Terpadu Komoditi Kelapadi Kabupaten Cianjur. Laporan Kajian Pengembangan Komoditi Kelapa. Kerjasama LPM UNPAD dengan direktorat Jendral P2HP Departemen Pertanian. Indonesia

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencaan, Implementasi dan pengendalian. Erlangga. Jakarta

Kotler. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid ke -2 edisi ke 9. PT. Indeks. Jakarta

Kotler dan Killer . 2009. Manjemen dan Pemasaran Jilid II. Penerbit Prenhelindo. Jakarta.

Palungkun. 2004. Aneka Produk Olahan Kelapa. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rindengan, B dan Novarianto, H. 2007. Pembuatan dan Pemanfaatan Minyak Kelapa Murni. Penerbit Swadaya. Jakarta

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, CV. Alfabeta.

Swastha. Dan Irawan. 2005. Asas-asas marketing. Liberty. Yogyakarta.

Syafa’at, N., S. Friyatno, A. Zulham, A. Djauhari, dan M.Suryadi. 2005. Analisis Kinerja Pembangunan Pertanian Periode Tahun 2000-2004. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Bogor

Tarigans. 2002. Sistem Usahatani Berbasis Kelapa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Indonesia Center For Estate Crop Research and Development). Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i2.1624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: