ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DI DESA SINDANGHERANG KECAMATAN PANUMBANGAN KABUPATEN CIAMIS (Studi Kasus Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Sauyunan)

Acep Apriandi, Trisna Insan Noor, Rian Kurnia

Abstract


Pemasaran ikan nila di Desa Sindanherang memiliki potensi tinggi, tetapi masih dihadapi kendala. Tingginya permintaan pasar mengakibatkan banyaknya lembaga pemasaran terlibat, sehingga saluran pemasaran yang tersedia menjadi banyak dan belum jelas saluran mana yang paling menguntungkan bagi petani pembudidaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran ikan nila. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan sampel petani dan pedagang sebanyak 11 pembudidaya, 1 pedagang besar, 10 pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan ada dua cara penjualan ikan nila di Desa Sindangherang  yang semunya sudah efisien.

Keywords


Kata Kunci: saluran, efisiensi pemasaran, ikan nila.

References


Iranita Haryono, Astrini Padapi, Imade Yoga Prasada, Bahtiar Herman, Nining. 2022. Efisiensi Pemasaran Melalui Inovasi Produk Pertanian. Bandung: Media Sains Indonesia.

Angipora. 2002. Dasar Dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Fatuchi Sukadi MM, 2002. Peningkatan Teknologi Perikanan. Jurnal Iktioologi Indonesia. Vol.2 (2) : 61 – 66 (2002).

Mia, Said. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makasar : CV Sah Media




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i1.16711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: