TINGKAT KEPUASAN PETANI JAGUNG TERHADAP PELAYANAN LEMBAGA PEMASARAN DI DESA KEPEL KECAMATAN CISAGA KABUPATEN CIAMIS

Agung Imam Samudra, Dini Rochdiani, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


AGUNG IMAM SAMUDRA. 2024. Tingkat Kepuasan Petani Jagung Terhadap Pelayanan Lembaga Pemasaran di Desa Kepel Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Dibawah Bimbingan DINI ROCHDIANI dan AGUS YUNIAWAN ISYANTO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut apa saja yang dianggap penting oleh petani jagung dan atribut yang perlu ditingkatkan oleh lembaga pemasaran, untuk mengetahui tingkat kepuasan petani jagung terhadap lembaga pemasaran di Desa Kepel, Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2024 dengan jumlah responden 31, yaitu 15 orang laki-laki, 16 orang perempuan. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling) di Desa Kepel Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam analisis data adalahImportance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfactiom Index (CSI). Dari hasil IPAdapat disimpulkan bahwa atribut yang dianggap penting dan perlu ditingkatkan lembaga pemasaran yaitu alat transportasi dalam melakukan pemasaran jagung, kesigapan dalam melayani petani, kemampuan dalam berkomunikasi antara pedagang dengan petani sehingga pedagang dapat melayani kebutuhan petani dengan baik, keakuratan penimbangan pada saat transaksi jual beli jagung seperti kelengkapan alat transaksi yang dimiliki lembaga pemasaran yaitu kalkulator dan timbangan. Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) dapat disimpulkan bahwa petani jagung merasa sangat puas terhadap pelayanan lembaga pemasaran jagung dengan persentase CSI sebesar 81,30%.Kata Kunci : Lembaga Pemasaran, Jagung, IPA, CSI  

Keywords


Lembaga Pemasaran, Jagung, IPA, CSI

References


Anggraini, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Industri, 4(2), 74–81. https://industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/179

Apriatiningsih, Susilowati, D., & Sudjoni, M. N. (2019). Analisis Pendapatan Usahatani Dan Pemasaran Jagung Di Desa Campa Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(1), 1–15.

Devani, V., & Rizko, R. A. (2016). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Customer Satisfaction Index ( CSI ) dan Potential Gain in Customer Value ( PGCV ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 24–29.

Diyahya, I., Sukiyono, K., Redy Badrudin, D., Dan, A., Pengajar, S., Sosial, J., & Pertanian, E. (2016). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETANI JAGUNG TERHADAP PELAYANAN LEMBAGA PEMASARANNYA DI KECAMATAN LUBUK PINANG KABUPATEN MUKOMUKO Analysis of Satisfaction Level Corn Farmers to Their Marketing Institution Services in Subdistrict of Lubuk Pinang District of Muk. Agrisep, 16(1), 48–58.

Saragih, E. C. (2021). LAMBANAPU KECAMATAN KAMBERA KABUPATEN SUMBA TIMUR ANALYSIS OF INCOME FARMING OF VEGETABLES IN LAMBANAPU VILLAGE KAMBERA SUB-DISTRICT SUMBA TIMUR DISTRICT PENDAHULUAN Hortikultura merupakan salah satu subsektor pertanian di Indonesia yang cukup potensial . 7(June 2020), 386–395.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Unsrat, A. (2018). No Title. 14(September), 305–314.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i1.17114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: