ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SALE LUMPIA GORENG (Studi Kasus pada Agroindustri Sale Lumpia Goreng Kencana di Dusun Cigamping Desa Neglasari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

Ade Juliana Nur Ihsanudin, Dedi Herdiansah Sujayaa, Sudradjat - -

Abstract


Indonesia memiliki lahan pertanian yang luas dan mendukung budidaya pisang, yang menjadi salah satu komoditas hortikultura dengan prospek bisnis menjanjikan. Pisang dapat diolah menjadi berbagai produk inovatif, salah satunya sale lumpia goreng. Meskipun usaha agroindustri Sale Lumpia Goreng Kencana telah beroperasi selama lima tahun, perkembangan yang signifikan belum tercapai. Maka, penelitian ini dilaksanakan guna: 1) Menganalisis saluran pemasaran produk Sale Lumpia Goreng Kencana, 2) Menilai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk, dan 3) Menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif untuk usaha ini. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan melewati observasi, wawancara, dan distribusi kuesioner. Hasil penelitian memperlihatkan beberapa hal penting: 1) Saluran pemasaran yang digunakan: Saluran tingkat nol, produk dikirim langsung dari produsen ke konsumen. Saluran tingkat satu, produk dikirim dari produsen ke pengecer sebelum diteruskan ke konsumen. 2) Faktor internal yang mempengaruhi pemasaran: Kekuatan, antara lain harga yang bersaing, rasa yang khas dan alami, pelanggan yang setia, serta kemudahan memperoleh tenaga kerja. Kelemahan, termasuk kemasan yang kurang menarik, peralatan produksi yang belum memadai, promosi yang terbatas, dan kurangnya variasi produk. 3) Faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran: Peluang, seperti permintaan pasar yang tinggi, prospek pengembangan usaha, dan potensi penciptaan lapangan pekerjaan. Ancaman, berupa persaingan dari produk sejenis dengan rasa yang berbeda, kesulitan dalam mendapatkan bahan baku, dan tantangan dalam memahami selera konsumen. Rekomendasi strategi yang diusulkan adalah strategi Strength-Opportunities (SO), yaitu meningkatkan kualitas produk dan memperkuat upaya promosi secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Keywords


Sale Lumpia, Saluran Pemasaran, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Strategi Pemasaran, SWOT

References


Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran (Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 198-206.

Arbi, M., Thirtawati, T., & Junaidi, Y. (2018). Analisis saluran dan tingkat efisiensi pemasaran beras semi organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 11(1), 22-32.

Jamil, M., & Anzhita, S. (2022, January). ANALISIS PEMASARAN PISANG SALE DI KECAMATAN PANTON LABU ACEH UTARA. In Prosiding Seminar Nasional Pertanian (Vol. 4, No. 1, pp. 286-293).

Kai, Y., Baruwadi, M., & Tolinggi, W. K. (2016). Analisis distribusi dan margin pemasaran usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, (1).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT technology financial (fintech) terhadap industri perbankan.

Noor, S. (2014). Penerapan analisis swot Dalam menentukan strategi pemasaran Daihatsu luxio di malang (studi kasus pada pt. Astra international tbk.–daihatsu malang). Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 14(2).

NUGROHO¹, A. N. D. I., Rochdiani, D., & Yusuf, M. N. (2020). ANALISIS SALURAN PEMASARAN SALE PISANG (Studi Kasus pada Perajin Sale Pisang Basah di Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3), 858-861.

Nugroho, A., Rochdiani, D., & Yusuf, M. N. (2020). Analisis saluran pemasaran sale pisang (Studi kasus pada perajin sale pisang basah di Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3), 858-861.

Prayoga, R.,& Aslami, N. (2021). Saluran Pemasaran Dalam Memasarkan Produk Asuransi. VISA : Journal of Vision and Ideas, 1(2), 129-139.

Purnomo, R. P. (2021). Perancangan Kawasan Agroindustri Kopi Di Kota Kediri (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Putri, T. K., Veronika, D., Ismail, A., Karuniawan, A., Maxiselly, Y., Irwan, A. W., & Sutari, W. (2015). Pemanfaatan jenis-jenis pisang (banana dan plantain) lokal Jawa Barat berbasis produk sale dan tepung. Kultivasi, 14(2).

Retno dan Nuri. (2011). Asal Usul Dari Tanaman Pisang. Karya Tulis Ilmiah Politeknik Sriwijaya, 6–18.

Septiana, R., Rusdin Rauf, S. T. P., & Fitriana Mustikaningrum, S. G. (2013). Pengaruh Substitusi Tepung Bonggol Pisang Ambon (Musa paradisiaca) Terhadap Tingkat Kekerasan Dan Daya Terima Cookies (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sutiarkoro, A. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Katalog Rainbow Creative Semarang Dengan Menggunakan Metode Swot. Industrial Engineering Online Journal, 7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.17833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: