STRATEGI PEMASARAN GULA KELAPA DI DESA KARANGSARI KEC PADAHERANG KAB PANGANDARAN
Abstract
DASMAN. 2024. STRATEGI PEMASARAN GULA KELAPA DI DESA KARANGSARI, KECAMATAN PADAHERANG, KABUPATEN PANGANDARAN. MUHAMAD NURDIN YUSUF dan TIKTIEK KURNIAWATI. Gula kelapa merupakan salah satu pemanis yang berasal dari pengolahan nira kelapa. Produksi gula kelapa yang dihasilkan oleh UMKM Jawa Barat sebesar 86.340 ton/2023 dan Kabupaten Padaherang sebesar 470 ton/2023. Desa Karangsari merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Padaherang, perajin gula kelapa di Desa Karangsari masih dalam skala rumah tangga. Permasalahan yang dialami oleh para perajin yaitu pengolahannya masih tradisional, jangkauan pemasarannya sempit dan kurangnya pembukuan oleh karena itu perlu diketahui strategi yang tepat untuk dapat memasarkan gula kelapa secara maksimal sehingga para perajin memperoleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang ada dalam pemasaran gula kelapa serta untuk mengetahui strategi pemasaran yang ada dalam pemasaran gula kelapa di Desa Karangsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive dengan jumlah responden sebanyak 7 orang dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu bahan baku nira melimpah, penjualan produk mudah dan kualitas produk baik, dan kelemahan yaitu manajemen pembukuan kurang, pengolahan masih sederhana dan tradisional, belum ada kegiatan promosi dan jangkauan pemasaran masih sempit. Untuk faktor eksternal yaitu peluang yaitu pemasaran yang luas, adanya event dan pameran lokal, banyaknya pengepul dan pemasaran dengan pemanfaatan media digital, dan ancaman yaitu iklim atau cuaca buruk, pesaing, dan keterbatasan pengetahuan teknologi. Alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi SO dengan strategi optimalisasi dan peningkatan volume produksi, optimalisasi dukungan pemerintah dan pengenalan media digital. Kata Kunci: Gula Kelapa, Faktor Eksternal, Faktor Internal, Strategi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.17964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: [email protected]
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: