Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian dan Segmenting Targeting Positioning pada Cibugary Jakarta Timur

Muhammad Haris Muliawan, Mohamad Sam’un, Bayu Budiandrian

Abstract


Cibubur Garden Dairy (Cibugary) merupakan peternakan sapi perah berbasis eduwisata yang ada di Jakarta Timur berdiri sejak 1992. Cibugary menawarkan produk olahan susu yang berasal langsung dari susu segar hasil peternakan sapi perah. Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan perlu menggunakan Strategi Bauran Pemasaran yang mencakup harga, produk, promosi, lokasi, orang, proses, bukti fisik dan Strategi Segmenting Targeting Positioning (STP) di Cibugary. permasalahan yang terjadi di Cibugary pada bauran pemasaran yaitu berupa promosi yang belum optimal dan Targeting yang belum tepat sasaran pada Strategi STP. Metode penelitian menggunakan mix metod yaitu gabungan dari metode kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan sampel pada metode kuantitatif menggunakan accidental sampling dengan 100 responden. Pengambilan sampel pada metode kualitatif menggunakan dua key informan. Pada penelitian ini bauran pemasaran menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Analisis data pada Strategi Segmenting Targeting Positioning (STP) di Cibugary menggunakan pendekatan Kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Harga, produk, lokasi, orang, proses, dan bukti fisik secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. (2) Segmenting Targeting dan Positioning yang di terapkan oleh Cibugary belum berjalan dengan optimal.

Keywords


Bauran pemasaran, keputusan pembelian, Segmenting Targeting Positioning

References


Anggraini, F. (2019). Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning Pemasaran di Pt Nur Ramadhan Wisata Surabaya. In Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Badan Pusat Statistik Indonesia (2020). Impor susu segar Indonesia pada tahun 2020. BPS Indonesia.

Khalidin, K., Murdani, K., & Jakfar, M. (2022). Produktivitas Sapi Perah Berdasarkan Lama Pemeliharaan Dan Total Produksi Susu Pada Masa Laktasi. Jurnal Sains Riset, 12(2), 414-419.

Kotler, P., Keller, K. L., & Ang, S. H. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2019). “Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12.

Ningsih, F. Y. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Terhadap Pembiayaan Mikro Pada PT. BRI Syariah KCP Muara Bungo. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 2(2), 40–52.

Pamungkasih, E., & Febrianto, N. (2021). Profil peternak sapi perah di dataran rendah Kabupaten Malang. Karta Rahardja: Jurnal Pembangunan dan Inovasi, 3(2), 29-35.

Rahmawati, A., & Aulawi, H. (2020). Dampak Penerapan Segmenting, Targeting, Positioning PT Kimia Farma Pada Pasar Nasional. Administrasi Kantor, 8(2), 209– 222.

Rahmawati, S. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah Plum (Prunus domestica) di Brastagi Supermarket. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.18736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: