ANALISIS STRATEGI BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PEMPEK IKAN DI DESA GUMAWANG KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR

Hesti Agustin, Ema Pusvita, Gribaldi Gribaldi

Abstract


Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia. UMKM juga dapat berfungsi sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi peningkatan branding produk pempek dan mengidentifikasi fakto-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian produk pempek ikan di Desa Gumawang, Kecamatan Belitang, OKU Timur. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Dan Threats) untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dan model analisis regresi logistik. Hasil penelitian analisis SWOT bahwa hasil IFAS menunjukan kekuatan internal lebih dominan dibandingkan kelemahan, yang mengindikasikan bahwa pempek ikan memliki potensi besar untuk dikembangkan berdasarkan kekuatan utama berupa kualitas produk yang baik, rasa yang khas, dan harga yang terjangkau. Hasil EFAS juga menunjukan bahwa peluang eksternal lebih tinggi dari ancaman dengan peluang terbesar berasal dari pemanfaatan media sosial, inovasi produk, dan meningkatkan tren konsumsi produk berbahan ikan. Berdasarkan perbandingan skor IFAS dan EFAS, strategi yang direkomendasikan adalah strategi pertumbuhan (growth strategy), yaitu strategi yang berorientasi pada pemanfaatan kekuatan untuk menangkap peluang secara maksimal. Dan hasil analisis regresi menunjukan bahwa variabel harga, promosi, citra merek, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk pempek. Dengan nilai R2 sebesar 44,2%, model ini mampu menjelaskan pengaruh variabel-variabel tersebut secara cukup baik terhadap keputusan pembelian konsumen.

Keywords


SWOT, Branding, UMKM, Keputusan Pembelian.

References


Aldhiansyah, I. (2023). Analisis Kelayakan Bisnis UMKM Makanan Khas

Palembang. RESWARA; Jurnal Riset Ilmu Teknik, 1(1),25-34.

Alifiyah, M. N., Sucipto, H., Dumadi, D., & Riono, S. B. (2023). Analisis Branding, Cita Rasa dan Segmentasi Pasar terhadap Peningkatan Penjualan pada Kedai Seblak Mega Easy Losari. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. 8(3), 1041-1052.

BPS Sumsel. (2023). Statisik Provinsi Sumatra Selatan 2023. Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatra Selatan.

Dema, F. U. H., & Rokhman, N. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Pembelian Produk Blush On Emina Di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2.)

Dewanti, R. P., Ningsih, H., Paryanto, E., & Yudhanto, S. H. (2021). Desain Kemasan Produk Umkm Makanan Ringan Sebagai Peningkatan Daya Beli Konsumen Keripik Singkong. (Jurnal Pengabdian Masyarakat untuk Negeri, 1(2)50-56.

Dewi, M. R., & Nugraha, R. A. (2020). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Pangan Lokal Melalui Inovasi Dan Digitalisasi Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 22(1), 35-45.

Fajria, I. (2018). Pengaruh .Promosi Penjualan dan Celebriti Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk .Kosmetik Mustika Ratu. Jurnal Ilmu Manajemen, 1-8.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2022). Branding In B2B Firms. In Handbook Of Business-To-Business Marketing (Pp. 205-224). Edward Elgar Publishing.

Lastinawati, E., Asmaga, W., Pusvita, E., Lestari, W., Ogari, P. A., Rosmawati, H., Purwadi, Septianita, & Putri, P. H. (2025). Determinan Keputusan Petani Kopi Menjual Ke Tengkulak Di Desa Sinar Marga Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan. Agrofo, 10(1), 23–31.

Marlina, D. (2022). Kualitas Produk dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Pemasaran Inovatif, 7(1), 14–23.

Muyasar, R. (2023). Analisis Startegi Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Industri Olahan Sampah Plastik Ud. Aisyah Jaya. Jurnal Of Social Science Research, 3(5), 2417-2426.

Nareswari, D. P. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lokal. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 88–96.

Nurjanah, S., Wibowo, A., & Rahman, F. (2021). Kendala Modal Dan Akses Pasar Pada Umkm Di Pedesaan Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(3), 23-36

Palembang. RESWARA; Jurnal Riset Ilmu Teknik, 1(1),25-34.

Pusvita, E. (2022). Determinan Keputusan Petani Menjual Produksi Karet Di Pasar Lelang Dan Non Lelang Di Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu Ema. Jasep, 8(1), 1–11.

Pusvita, E., Sriati, S., & Adriani, D. (2019). Analisis Strategi Penguatan Ketahanan Pangan Beras Di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Sepa: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 15(2), 97. Https://Doi.Org/10.20961/Sepa.V15i2.27862

Putri, S. R., Ogari, P. A., & Pusvita, E. (2023). Strategi Dan Pengaruh Kualitas Produk,Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Kuliner Seblak Di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu. Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 1844. Https://Doi.Org/10.25157/Ma.V9i2.10131

Roesdiono, E., & Firdaus, A. S (2023). Dampak strategi branding terhadap Keputusan pembelian dans butter. Jurnal Pendidikan tambusai, 7 (3), 21-29.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.

Sari, P. D., & Handayani, D. (2021). Inovasi Produk UMKM Sebagai Strategi Diferensiasi di Tengah Persaingan Pasar Global. Jurnal Ekonomi Kreatif dan UMKM, 5(2), 98–107.

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8 (1), 147.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif Dan R&D.

Sukri, S., & Arisandi, D. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil Dan Menengah di Pekanbaru. Jurnal Buana Informatika. 8(4).

Utama, A., Hatidah, H., & Ujang, U. (2022). Pendampingan Pemasaran Umkm Pempek Di Pasar Kuliner 26 Ilir Kota Palembang Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1),37-44.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i3.19013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: