Efektivitas Ulasan Secara Elektronik (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Suatu Kasus di Instagram Los Tropis Jl. Gempol Bandung).
Abstract
Electronic Word of Mouth (e-WOM) merupakan strategi penting dalam pemasaran digital, khususnya di media sosial. Los Tropis, merek minuman cold pressed juice asal Bandung, aktif menggunakan Instagram untuk membangun citra dan keterlibatan konsumen. Penelitian ini menganalisis pengaruh empat dimensi e-WOM—intensity, positive valence, negative valence, dan content—terhadap keputusan pembelian konsumen. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, ditemukan bahwa secara simultan seluruh dimensi e-WOM berpengaruh signifikan. Secara parsial, komentar negatif dan konten yang relevan terbukti berpengaruh positif, sedangkan intensitas dan komentar positif tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya penanganan komentar negatif secara bijak dan penyajian konten yang kuat dalam memengaruhi perilaku konsumen di media sosial.
Keywords
Pertanian, Agribisnis
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i3.20502
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: