SIKAP KONSUMEN TERHADAP KOPI READY-TO-DRINK (RTD) PADA MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN
Abstract
Minuman berbahan dasar kopi saat ini digemari berbagai kalangan, terutama Generasi Z. Kopi RTD menjadi solusi praktis bagi konsumen yang menginginkan kemudahan dalam menikmati kopi. Mengingat perbedaan preferensi tiap individu, pelaku usaha perlu memahami proses pengambilan keputusan dan sikap konsumen terhadap kopi RTD guna meningkatkan kepuasan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik, perilaku konsumen, serta membandingkan atribut yang dipertimbangkan dan sikap konsumen terhadap atribut kopi RTD, meliputi rasa, aroma, varian rasa, harga, dan kemasan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan multiatribut fishbein. Responden adalah mahasiswa Fakultas Pertanian yang pernah mengkonsumsi dan membeli kopi RTD. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas konsumen memperoleh informasi dari media sosial, mendapat dana dari orang tua, membeli produk di kedai coffee-to-go, metode pembayaran e-wallet, dan mengonsumsi kopi di rumah pada malam hari. Sikap konsumen lebih positif terhadap kopi RTD dari kedai coffee-to-go (58,04) dibandingkan kopi RTD kemasan ritel (49,7).
Keywords
perilaku konsumen, sikap konsumen, kopi RTD, atribut kopi RTD
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i3.20649
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh:
