STRATEGI PEMASARAN SEBLAK KICIMPRING BERBASIS OFFLINE DAN ONLINE (Studi Kasus pada UKM Raja Rasa di Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya)

Gita Novia Nugraha, Dini Rochdiani, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kekuatan dan kelemahan produk “Seblak Kicimpring” UKM Raja Rasa dalam pemasaran produknya berbasis offline dan online, 2) Peluang dan ancaman yang dihadapi oleh UKM Raja Rasa dalam pemasaran produk “Seblak Kicimpring” berbasis offline dan online. 3) Strategi yang harus dilakukan oleh UKM Raja Rasa dalam pemasaran produk “Seblak Kicimpring” berbasis offline dan online. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya pada UKM Raja Rasa. Data yang diperoleh secara deskriptif kualitatif dan analisis lingkungan perusahaan yang terdiri dari matriks IFAS (faktor strategi internal) dan analisis matriks EFAS (faktor strategis eksternal), dan matriks SWOT. Hasil penelitian yang mendapatkan Skor Total Kekuatan = 3,47, Skor Total Kelemahan = -3,42, Skor Total Peluang = 3,30, Skor Total Ancaman = -3,35 menunjukkan bahwa kekuatannya lebih besar daripada faktor kelemahannya, serta pengaruh dari faktor peluang yang tidak lebih besar daripada faktor ancaman. Hal ini menunjukkan bahwa UKM Raja Rasa menghadapi ancaman yang besar namun masih memiliki kekuataan dari segi internal. Maka perlu dilakukan strategi S-T, W-O, dan W-T untuk meningkatkan kekuatan dan meminimalisir kelemahan UKM Raja Rasa. Salahsatunya adalah meningkatkan kualitas dan varian produk, menjaga kerjasama baik dengan konsumen, pemasok bahan baku, atau jaringan pemasaran, serta meningkatkan promosi dan branding baik secara offline maupun online untuk menjangkau konsumen yang seluas-luasnya. 

Keywords


Strategi Pemasaran, Seblak Kicimpring, Agroindustri Singkong, Matriks SWOT, EFAS dan IFAS, Offline dan Online

References


Angipora. 1999. Dasar-dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

APJII. 2018. Responden Survei Nasional Penetrasi Pengguna Internet 2018. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Jakarta

Badan Pusat Statistik. 2016. Indikator Pertanian 2016. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2018. Indikator Pertanian 2018. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Direktoral Jendral Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. 2005. Departemen Pertanian. Jakarta

Fahdrian. 2010. Analisa Atribut Tinjauan Literatur (Skripsi). Universitas Indonesia. Jakarta.

Herdiansyah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika. Jakarta.

Internet World Stat. 2017. World Internet Usage and Population Statistics. Internet. http://www.internetworldstats.com/stats.htm

(diakses tanggal 21 Desember 2018)

Januri. 2008. Ecommerce. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kadir. 2010. Pengenalan Sistem Informasi. ANDI. Yogyakarta

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kotler. 2003. Marketing Insight From A to Z. Erlangga. Jakarta

Kotler dan Keller, L. K 2008.Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Indeks : Jakarta.

Kusnandar, Mardikanto T, dan Wibowo A. 2010. Manajemen Agroindustri. Sebelas Maret University Press. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i3.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: