KAJIAN PROSES PENGERINGAN PEMBUSAAN TOMAT APEL (LYCOPERSICUM PYRIFORME) DENGAN FOAM-MAT DRYING BERBANTU OVEN GELOMBANG MIKRO

Nedia Cahyati Muchtarina, Asri Widyasanti, Sarifah Nurjanah

Abstract


Pada saat panen raya kebutuhan tomat tidak sebanding dengan hasil produksi yang melimpah sehingga terjadi kelebihan penawaran dan harga tomat di tingkat petani rendah. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai jual tomat adalah mengolah tomat menjadi bubuk tomat. Bubuk dapat dibuat dengan metode pengeringan pembusaan berbantu oven gelombang mikro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya yang digunakan pada pengeringan pembusaan menggunakan oven gelombang mikro terhadap rendemen bubuk tomat, laju pengeringan serta efisiensi oven gelombang mikro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental laboratorium dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali ulangan yang terdiri dari 3 perlakuan berdasarkan penggunaan daya pengeringan (30%, 50% dan 70%). Parameter yang dianalis adalah rendemen, laju pengeringan dan efisiensi pengeringan oven gelombang mikro. Hasil terbaik dari penelitian ini terdapat pada bubuk tomat dengan perlakuan penggunaan daya 70% tanpa penambahan putih telur untuk menghasilkan rendemen 0,58%; laju pengeringan 4,19 g/menit dan efisiensi pengeringan sebesar 48,27%.

Keywords


bubuk tomat, daya, oven gelombang mikro, pengeringan pembusaan, tomat

References


Badan Pusat Statistik. 2019. Produksi Sayuran Indonesia. Terdapat pada: http://www.bps.go.id. (Diakses 7 Juli 2019).

Cahyono, B. 2008. Tomat Usaha Tani dan Penanganan Pascapanen. Hal. 23-25. Kanisius: Yogyakarta.

Henderson, S. M., dan R. L. Perry. 1976. Agriculltural Process Engineering. Third Edition. The AVI Publishing Company, Inc. Wesport, Connecticut.

Heriyanto. 2014. Pengaruh Konsentrasi Dekstrin dan Ph terhadap Karakteristik Serbuk Perwarna Hijau Alami dan Daun Suji dengan Metode Foam MaT Drying. Tesis. Universitas Pasundan. Bandung.

Kadam, D.M., R.A. Wilson., Kaur, S., dan Manisha. 2012. Influence of Foam Mat Drying on Quality of Tomato Powder. International Journal of Food Properties Vol. 15:211-220.

Kalla, A.M. dan Devaraju, R. 2017. Microwave Energi and Its Application inFood Industri: A Review. Asian J. Dairy & Food Res Vol 36(1):37-44.

Kamsiati, E. 2006. Pembuatan Bubuk Sari Buah Tomat (Licopersicon esculentum Mill.) dengan Metode “Foam-Mat Drying”. Jurnal Teknologi Pertanian Vol. 7 (2):113-119.

Mahapatra, A.K. dan Y. Lan. 1999. Postharvest Handling of Grains and Pulse. Dalam: Handbook of Food Preservation (ed. Ramesh, M.N.), Marcel Dekker New YorkBasel. Hal. 95-98.

Mujumdar, A.S. 2006. Handbook of Industrial Drying . CRC Press.

Qadri, O.S. dan A.K. Srivastava. 2014. Effect of Microwave Power on Foam-Mat Drying of Tomato Pulp. Agric Eng Int: CIGR Journal Vol. 16 (3):238:244.

Singh, R. P., dan Heldman, D. R. (2009). Introduction to Food Engineering Fourth Edition. Academic Press is in an imprint of Elsevier:Burlington.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: