DINAMIKA USAHA DAN KEPUASAN PENGUNJUNG AGROWISATA KAMPOENG BANYUMILI, KABUPATEN SEMARANG

Andreas Simorangkir, Maria Maria

Abstract


Usaha jasa agrowisata semakin banyak bermunculan di wilayah Jawa Tengah dan ini membuat pelaku agrowisata harus dapat mempertahankan konsumen agar usaha dapat terus berkembang. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui dinamika usaha serta hubungan kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi dan promosi terhadap kepuasan pengunjung Agrowisata Kampoeng Banyumili. Penelitian ini dilakukan pada bulan November s/d Desember 2019 di Agrowisata Kampoeng Banyumili. Penelitian ini menggunakan dua jenis penelitian, deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi rank spearman dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan promosi memiliki tingkat hubungan yang sedang dan positif serta berkorelasi signifikan terhadap kepuasan pengunjung, untuk variabel lokasi memiliki tingkat hubungan yang kuat dan positif serta berkorelasi signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Sedangkan dinamika usaha Agrowisata Kampoeng Banyumili berada pada tahap kestabilan. Adapun hal yang harus diperhatikan pihak pengelola adalah penambahan petunjuk arah didalam lokasi Agrowisata Kampoeng Banyumili, agar pengunjung lebih mudah menemukan fasilitas sehingga, pengunjung akan merasa nyaman dan puas pada saat berwisata.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Promosi, Kepuasan Pengunjung, Dinamika Usaha.

References


Angreini, T. D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata PT Godongijo Asri Dalam Membentuk Minat Berkunjung Ulang. Skripsi Program Sarjana Alih Jenis Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian. Bogor.

Lopez, E. P. (2006). Agrotourism, sustainable tourism and Ultraperipheral areas. The Case of Canary Islands Journal 4(1):, 85-97.

BPS. (2019). Jumlah Wisatawan Mancanegara dan Domestik di Provinsi Jawa Tengah Periode Tahun 2011 - 2015. https://jateng.bps.go.id. Diakses Pada Tanggal 14 Juli 2019: Salatiga.

Kurniati, A. W. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfa.

Sugiyono. (2009). Analisis Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Bina Pustaka.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif R&D Cetakan Ke 13. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: Andy.

Mardiyanti, Y. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(1).

Santoso, I. (2019). Hubungan Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Tempat Terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata di PT Perkebunan Teh Tambi Kabupaten Wonosobo. Skripsi Fakultas Pertanian. Universitas Kristen Satya Wacana.

Sumayang, L. (2003). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono. (2004). Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia.

Dewi Fatmasari, F. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart Di Kelurahan Serondol Wetan Semarang. Majalah Ilmiah Inspiratif, Vol. 3 No. 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: