ANALISIS SALURAN PEMASARAN SALE PISANG (Studi Kasus pada Perajin Sale Pisang Basah di Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap)

Andi Nugroho, Dini Rochdiani, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Rantai pemasaran yang panjang dengan banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat semakin memperkecil keuntungan yang diperoleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, biaya, margin, dan keuntungan pemasaran serta share. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus pada perajin pisang basah di Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sementara itu lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran sale pisang basah ditentukan menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat tiga saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran 0 (nol), 1 (satu), dan dua (dua) tingkat. Biaya terbesar diperoleh pedagang pengecer Rp 1.131,- per kg. Marjin terbesar diperoleh pedagang pengecer Rp 4.500,- per kg. Keuntungan terbesar yang diperoleh pedagang pengecer Rp 4.118,- per kg. Bagian harga yang diterima perajin (share) pada saluran pemasaran 1 adalah 100 persen, saluran pemasan 2 paling adalah 83 persen, dan saluran pemasaran 3 adalah 80 persen.

Keywords


Perajin, saluran pemasaran, sale pisang basah.

References


Angipora, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.. Rineka Cipta. Jakarta.

Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung. 2017. Data Produksi Sale Pisang di Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung. Cilacap.

Iskandar, 2009. Metodologi Penelitian dan Sosial. Jakarta. Gaung Persada Press.

Mainura, 2014. Analisis Nilai Tambah dan Sistem Pemasaran Pisang Sale di Kecatamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif . Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Suratiyah, Ken. 2006. Ilmu Usaha Tani.Penebar Swadaya. Jakarta.

UMKM disperindagkop kabupaten Cilacap, 2017. Data Usaha Sale Pisang di Kabupaten Cilacap Tahun 2017. Cilacap.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: