Analisis Saluran Pemasaran Rengginang Alit

Kharisma Chairunnisa, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran Pemasaran Rengginang Alit di Desa Manonjaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya (2) Besarnya Biaya Marjin dan Keuntungan Pemasaran Reningganang Alit di Desa Manonjaya Kecamatan Manonjaya Kabpuaten Tasikmalaya (3) Besarnya Bagian Harga yang diterima pengusaha (share) dari harga yang dibayarkan konsumen.Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survai, dengan mengambil kasus di Desa Manonjaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengamnilan sample dilakukan dengan metode acak sederhana (purposive sampling). Responden yang diambil sebanyak 1 orang yang ada di daerah penelitian, sedmngkan saple untuk lembaga pemasaran diambil dengan cara (Snowball Sampling) terhadap 1 orang pedagang pengecer. Hasil penelitian meunjukan bahwa : Terdapat dua saluran pemasaran rengginang alit sampai ke konsumen akhir yaitu:Saluran I : Produsen > Pedagang Pengecer > Konsumen AkhirSaluran II pemasaran rengginang Alit melibatkan satu lembaga pemasaran yaitu pedagang pengecer. Besarnya total margin pada saluran pemasaran II adalah Rp. 3.000,00 per kg dengan biaya total biaya pemasaran Rp. 47.58,- per kg sehingga total keuntungan pemasaran Rp.2.953 per kg. Besarnya harga yang diterima perajinBesarnya bagian harga yang diterima saluran I (share) adalah 95 persen

Keywords


Pemasaran, Rengginang Alit, Perajin

References


Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anief, DH. 2002. Pedoman Sistem Jaminan Mutu melalui Standar Prosedur Operasional (SPO) Pisang Mas Kirana. Kabupaten Lumajang. Lumajang.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Balai Penyuluh Pertanian. 2019. Data Curah Hujan dan Data Produksi Agroindustri Comring di Kecamatan Panawangan Tahun 2018. Balai Penyuluh Pertanian. Kecamatan Panawangan. Ciamis.

Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anief, DH. 2002. Pedoman Sistem Jaminan Mutu melalui Standar Prosedur Operasional (SPO) Pisang Mas Kirana. Kabupaten Lumajang. Lumajang.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Balai Penyuluh Pertanian. 2019. Data Curah Hujan dan Data Produksi Agroindustri Comring di Kecamatan Panawangan Tahun 2018. Balai Penyuluh Pertanian. Kecamatan Panawangan. Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: