Efisiensi Saluran Pemasaran Kopi

Kevin Clinton Simanjuntak, Lies Sulistyowati

Abstract


Desa Girimekar merupakan salah satu sentra produksi kopi di Kabupaten Bandung yang memiliki produktivitas paling tinggi di antara desa-desa lain di Kecamatan Cilengkrang. Namun ironisnya, petani kopi Desa Girimekar memiliki pendapatan yang kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kharakteristik petani berdasarkan saluran pemasaran, serta menganalisis saluran pemasaran mana yang paling efisien dan menguntungkanbagi petani. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan teknik studi kasus, yang dilakukan melalui wawancara mendalam dengan nara sumber terpilih. Tehnik analisis yang digunakan adalah deskritif dan analisis kinerja pasar (Performance) yang terdiri dari analisis margin pemasaran, rasio B/C, dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kharakteristik petani berdasarkan saluran pemasaran yang digunakan. Sedangkan saluran pemasaran kopi yang melalui Koperasi Kelompok Tani Giri Senang paling efisien dengan margin pemasaran yang paling rendah dan rasio keuntungan terhadap biaya lebih besar dari 1. Saluran Pemasaran kopi yang melalui pengolah gabah memiliki farmer’s share tertinggi, namun saluran tersebut tidak dapat diakses semua petani dan harga yang ditawarkan kurang stabil.

Keywords


Farmer’s share, Kopi, Margin pemasaran, Rasio B-C

References


Afdholy, Nadya.2019. Perilaku Konsumsi Masyarakat Urban Produk Kopi Ala Starbucks. Jurnal Kajian Budaya dan Perubahan Sosial. Volume 3 Nomor 1, September 2019.

Afdholy, Nadya.2019. Perilaku Konsumsi Masyarakat Urban Produk Kopi Ala Starbucks. Jurnal Kajian Budaya dan Perubahan Sosial. Volume 3 Nomor 1, September 2019.

Amir. Nur Halimah, Elly Rasmikayati, Booby Rachmat Saefudin. 2017. Analisis Usahatani Kopi Di Kelompok Tani Hutan Giri Senang Desa Girimekar Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 4 Nomor 3, Sepetember 2017.

Badan Pusat Statistika Jawa Barat. Data Luas Lahan dan Produksi Kopi Kabupaten di Provinsi Jawa Barat 2016.

Baitah, Maharani. 2017. Efisiensi Pemasaran dan Strategi Pengembangan Pemasaran Kopi Rakyat Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Caesara, Vinia, Akhmad Baihaqi, Mustafa Usman. 2017. Analisis Pendapatan dan Efisiensi Pemasaran Kopi (Green bean) Arabika di Kabupaten Bener Meriah (Income and Efficiency Analysis of Marketing Seeds (Green bean) Arabica Coffee In Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah. Volume 2, Nomor 1, Februari 2017.

Desiana, Candra, Dini Rochdiani, dan Cecep Pardani. 2017. Analisis Saluran Pemasaran Biji Kopi Robusta (Suatu Kasus Di Desa Kalijaya Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 4 Nomor 2, Mei 2017.

Dos, Caetano Santos Cristovao. 2015. Analisis Efisiensi Pemasaran Dan Pilihan Saluran Pemasaran Kopi Organik Di Kabupaten Ermera Timor-Leste. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Kroloff, K.N. Emily, Joel T. Heinen, Kathrn N. Braddock, Jennifer S. Rehage, Rolando O. Santos. 2019. Understanding the decline of catch-and-release fishery with angler knowledge: a key informant approach applied to South Florida bonefish. Environ Biol Fish (2019) 102:319-328. Spriger Nature B. V. 2018. Halaman 320.

Mudjia, H. Rahardjo. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nurhapsa, Andi Nuddin, Suherman, Lismayanti.2018. Efisiensi Saluran Pemasaran Kopi Arabika di Kabupaten Enrekang. Prosiding Seminar Nasional 2018, Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, volume 1, 2018. Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan, Universitas Muhammadiyah Parepare.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung 2016. Profil Perkebunan Kopi Kabupaten Bandung.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung, Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan. Laporan Tahun 2015 Perkebunan Distanbunhut.

R, J. Raco. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2018.

Sulistyowati, Lies. 2012. Partnertship Development Of Coffee Farmers Group In Facing The Global Market (Case Study on the Coffee Farmers Group “RahayuTani”, Bandung West Java). Proceding International Conference onSmall Scale Producer Agency in The Globalized Market. Padjadjaran University. 2012

Zakharia, Akhmad, Pingkan Aditiawati, dan Mia Rosmiati. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Tani Kopi Arabika (Kasus Petani Kopi Di Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat). Jurnal Sosioteknologi Vol. 16, No 3, Desember 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: