Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Apel Impor Di Kota Surabaya

Yoga Ramadhan, Teguh Soedarto, Pawana Nur Indah

Abstract


Tingginya permintaan apel tidak didukung oleh pertumbuhan apel lokal yang baik. Akhirnya, apel lokal kini semakin sulit ditemui di pasaran. Sebaliknya, apel impor kini membanjiri pasar, tidak hanya di mall dan pusat perbelanjaan besar, tetapi juga di pasar tradisional. Tujuan riset ini untuk menjabarkan karakteristik konsumen yang membeli apel impor dan atribut apel impor di kota Surabaya, serta menjabarkan dampak perilaku konsumen pada keputusan pembelian apel impor di Surabaya. Lokasi riset ditentukan dengan sengaja di kota Surabaya. Metode riset menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil riset membuktikan karakteristik konsumen apel impor di Surabaya mayoritas adalah perempuan, usia 20-35 tahun, pekerja swasta, berpenghasilan Rp. 2.600.000 – Rp. 5.000.000, tanggungan keluarga sebanyak 2 orang, dengan tingkat pengeluaran Rp. 500.000 – Rp. 2.500.000. Keputusan pembelian konsumen paling dipengaruhi oleh atribut rasa, diikuti oleh atribut ukuran buah, kemasan, warna dan harga. Secara parsial perilaku konsumen sebelum membeli, saat membeli, dan sesudah membeli berdampak signifikan positif pada keputusan pembelian konsumen. Sedangkan perilaku konsumen sebelum membeli, saat membeli, dan sesudah membeli secara bersama-sama berdampak signifikan pada keputusan pembelian konsumen.

Keywords


Apel Impor, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

References


Antara, I, and Luh Aswitari. 2016. “Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Denpasar Barat.” E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana 5 (11): 1265–91.

Arhim, Muh, and Wahyuningsih. 2017. “PERBANDINGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN DARI PROSES PEMASARAN ANTARA BUAH LOKAL DAN BUAH IMPOR DI HYPERMART KOTA PALOPO.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 5 (1): 1–16.

Aswatini, Mita Noveria, and Fitranita. 2008. “Konsummsi Sayur Dan Buah Di Masyarakat Dalam Konteks Pemenuhan Gizi Seimbang.” Jurnal Kependudukan Indonesia III (2): 97–119. https://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/download/171/203.

BPS Kota Surabaya. 2020. Kota Surabaya Dalam Angka 2020. BPS Kota Surabaya.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi,Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi Kelima. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hasyim, Diah Astina. 2019. “ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN JERUK DI TOKO BUAH HOKKY SURABAYA.” Calyptra 8 (1): 1921–33.

Mardiana, Siska. 2013. “Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Perilaku Konsumen.” Jurnal Komunikasi 2 (2): 40–46.

Nurdin, Muh Fahruddin, Hadayani, and Lien Damayanti. 2017. “Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Buah Apel Impor Di Hypermart Palu Grand Mall.” Agroland 24 (2): 103–12. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AGROLAND/article/view/8780.

Rahayu, Jeani Noviana, Elys Fauziyah, and Aminah HM Ariyani. 2012. “Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya.” Agriekonomika 1 (1): 52–67. http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/350%5Cnhttp://portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=292935%5Cnhttp://oaji.net/journal-archive-stats.html?page=2&number=2265.

Rochaida, Eny. 2016. “Dampak Pertumbuhan Penduduk Terhadap Pertumbuhan.” Forum Ekonomi 18 (1): 14–24. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/download/42/40.

Subianto, Totok. 2007. “Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Pakaian Wanita Di Pasar Pagi Samarinda.” Jurnal Ekonomi Modernisasi 3 (3): 165–81.

Sugiyono, Prof. Dr. 2014. Menentukan Ukuran Sampel.” In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Widiyanto, Nerisa Agnesia. 2019. “Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel ( Studi Kasus Kota Malang Dan Kota Surabaya ).” Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian 1 (1): 22–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: