Analisis Risiko Produksi Padi Sawah di Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis

Nelin Aguslina, Trisna Insan Noor, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Petani dalam menjalankan usahataninya selalu dihadapkan pada risiko dan ketidakpastian. Risiko produksi merupakan salah satu yang paling banyak merugikan petani dalam menjalanjakan usahataninya. Oleh karena itu, penelitian ini berutujuan membahas mengenai risiko produksi yang merugikan petani di Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeungjing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko produksi padi sawah pada dua musim tanam padi di Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey pada 82 orang petani yang diambil secara acak sederhana. Teknis analisis data menggunakan standar deviasi dan koefisien variasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Petani di Desa Karanganyar pada musim tanam satu memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan musim tanam dua. Nilai koefisien variasi pada MT I sebesar  0,68 sedangkan nilai koefisien variasi pada MT II sebesar 0,56. Secara keseluruhan risiko produksi padi sawah di Desa Karanganyar termasuk ke dalam risiko kecil.

Keywords


padi sawah, produksi, risiko produksi

References


Asmara, R. dkk. 2018. Preferensi risiko dalam alokasi input usahatani jagung menggunakan model just and pope. Volume 3.nomor 2. ISSN:2614-4670. Program studi agribisnis fakultas pertanian brawijaya. Malang.

Hidayat, T., Yulida, R., Rosnita, 2017. Karakterisitik Petani Padi Peserta Program Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai UPSUS Pajale di Desa Ranah Baru Kecamatan Kampar Kabupaten Ksampar. JOM Faperta UR Vol.4 No.1.

Karmana, M. H. 2013. Membangun Kedaulatan Pertanian: Perspektif Alternatif Untuk Mewujudkan Daya Saing Berkelanjutan. Bandung: Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Unpad.

Kurniati. D. 2012. Analisis Risiko dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya pada Usahatani Jagung (Zea Mays. L) di Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak. Jurnal Social Economi of Agriculture.

Magfira, M. Noor, T.I. dan Hakim, D.L. 2020. Analisis Perbandingan Risiko Usahatani Padi Sawah dan Padi Rawa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(1): 14-27.

Pappas, J. L., & Hirschey, M. 1995. Ekonomi manejerial. Jakarta: Binurupa Akasara.

Sejati, D.N. Abidin, Z. Endaryanto, T. 2020. Analisis Risiko Produksi Padi dan Pendapatan Rumah Tangga Petani Padi di Kampung Simpang Asam Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan. JIIA, 8(3):525-531.

Soedjana, T.D. 2007. Sistem Usahatani Terintegrasi Tanaman Ternak Sebagai Respons Petani Terhadap Faktor Risiko. Jurnal Litbang Pertanian, 26(2): 82-87.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Yusuf, A. 2010. Teknologi Budidaya Padi Sawah mendukung sl-ptt.bptp. Sumatera utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: