ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK SAYURAN MELALUI ONLINE MARKET SAYURBOX

Arnesia Ramadani Putri Mega, Hamidah Hendrarini, Wahyu Santoso

Abstract


Perkembangan di zaman revolusi industri 4.0 terjadi di berbagai sektor, termasuk di dalam sektor pertanian. Perubahan gaya hidup menjadi faktor adanya perubahan dalam pemilihan tempat masyarakat untuk berbelanja sayur yaitu dari pasar tradisonal, supermarket (offline market) menjadi pembelian secara online. Sayurbox merupakan salah satu online market yang bergerak dibidang jual beli produk pertanian seperti sayuran, buah dll tanpa harus susah payah pergi berbelanja ke pasar ataupun tukang sayur keliling maupun konvensional. Adanya perbedaan persepsi mengenai harga atau adanya kenaikan harga terhadap sayur yang dijual juga tidak kalah dengan produk yang dijual di offline market karena kualitas produk dan pelayanan yang ditawarkan telah mengalami peningkatan. Maka dari pada itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan karakteristik sosiodemografis konsumen produk sayuran melalui online market Sayurbox 2) Menganalisis besarnya nilai rata-rata kesediaan memmbayar (Willingness to Pay). Jumlah populasi sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 orang dan pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif, dan Contingent Valuation Method (CVM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata maksimum WTP terhadap produk sayur melalui online market untuk jenis sayur kangkung lebih tinggi 25.3%, bayam lebih tinggi 22.5%, sawi hijau lebih tinggi 22.8%, dan kacang panjang lebih tinggi 22.7% dari harga pada saat penelitian.

Keywords


Willingness to Pay, Sayuran, Online Market, Karakteristik Konsumen, CVM

References


Akbar, B. M. B. (2019). Penerapan AISAS Dan Guerilla Strategy Terhadap Keberhasilan E-commerce Pertanian. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 1(2), 41-51.

Alfikri, S. (2019). Kesadaran Dan Kesediaan Membayar Konsumen Terhadap Daging Sapi Tersertifikasi Halal Di Kota Dan Kabupaten Bogor. Tesis. Program Studi Agribisnis Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Aslam Anwar, M. 2016. Tingkat Preferensi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Beras Di Sulawesi Selatan. Skripsi Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar.

Astutik, P.A. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Awareness Pada Produk Pangan Halal Di Wilayah Bogor. Skripsi. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Díaz, F. J. M., Pleite, F. M. C., Paz, J. M. M., & García, P. G. (2012). Consumer knowledge, consumption, and willingness to pay for organik tomatoes. British Food Journal.

Eka O, Wibowo R, Mustapit. 2017. Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to pay) Produk Telur Organik Srikandi Di Kabupaten Jember. Jurnal. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember. Jember.

Febritas, R. R. (2017). Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to pay) Beras Organik (Studi Kasus: Gelael Signature Di Kota Makassar). Program Studi Agribisnis. Makasar: Universitas Hasanudin.

Handayani, F., Ahmadi, A. P., Zalma, S. P., Ulandari, A., & Suhud, U. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Willingness to pay pada Pelanggan Restoran Pizza. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK, 1(1), 22-42.

Isa, M., & Istikomah, R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 21(2), 98-110.

Kurriwati, N. 2015. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo.

Nasution, M. P. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Willingness to paykonsumen Beras Di Kota Medan.

Nasution, N. I. S. (2020). Kesadaran Dan Kesediaan Membayar (Willingness to pay) Konsumen Terhadap Sertifikasi Halal Pada Komoditas Pertanian (Studi Kasus: Kota Medan) (Doctoral dissertation, UMSU).

Putra, Y. A. (2015). “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Sayur Organik Di Kota Medan”. Tesis. Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Medan.

Putri, F. W. (2017). Analisis Willingness to pay Terhadap Pembelian Sayuran Organik Pakcoy (Brassica rapa L.) Bersertifikat (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Putri, N. A. (2019). Kesediaan Membayar (Willingness to pay) Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Pembelian Sayuran Organik Di Cv. Kurnia Kitri Ayu Far (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Saputri, L.D.S. (2018). Willingness to pay Mahasiswa Fe Uny 2014-2017 Terhadap Makanan Berlabel Halal. Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol. 15. No. 1. 2018. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: