TINGKAT PERSEPSI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH PEPAYA CALIFORNIA DI PASAR SWALAYAN (Studi Kasus di Toserba Yogya Ciamis)

Sulistiani Mardiah, Soetoro Soetoro, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat persepsi konsumen dalam keputusan pembelian buah pepaya california di pasar swalayan (2) Kendala yang dihadapi dalam kegiatan pengambilan keputusan pembelian buah pepaya california. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik penarikan sampel menggunakan Non-probability sampling dengan cara judgement sampling pada 30 orang konsumen buah pepaya california di Toserba Yogya Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1. Tingkat persepsi konsumen dalam keputusan pembelian buah pepaya california di pasar swalayan yang dilakukan di Toserba Yogya Ciamis tergolong ke dalam kategori sedang. Tingkat persepsi jika dilihat per dimensi yaitu : a) Dimensi produk memiliki tingkat perseps baik. b) Dimensi harga memiliki tingkat persepsi sedang. c) Dimensi promosi memiliki tingkat persepsi sedang.2. Kendala yang dihadapi dalam melakukan kegiatan pengambilan keputusan pembelian pepaya california di pasar swalayan yaitu : a) Kendala internal ; pengalaman belajar dan memori dalam membeli buah pepaya california, dimana dimensi harga menjadi kendala. Selain itu kepribadian dan konsep diri, beberapa responden memiliki konsep dalam membeli buah pepaya california. Yang penting memiliki rasa buah pepaya california yang sama, responden tak perlu lagi membeli di pasar swalayan . b) Kendala Eksternal ; faktor sosial yaitu kelompokreferensi dan keluarga, perolehan informasi dan referensi tempat lain.Kata Kunci : Persepsi, Pepaya, California, Toserba,Yogya.

Full Text:

PDF

References


Akdon dan Riduwan. 2001. Rumus dan Data untuk Penelitian( Administrasi pendidikan Bisnis Pemerintahan Sosial Kebijakan Ekonomi Hukum Manajemen). Alfabeta. Bandung.

Anjayani dan Haryanto. 2009. Geografi SMA XI. Cempaka Putih. Jakarta.

Azhari, D H. 2004. Dukungan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Terhadap

Pengembangan Agribisnis Hortikultura. Makalah Disampaikan Pada Pertemuan Sinkronisasi Pelaksanaan Pengembangan Hortikultura. Cisarua, Bogor.

Azizah, I. 2008. Analisis Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Lokal ( Studi Pada Laila Market Buah Malang).Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN). Malang.

Buchory, A. H dan Saladin, D. 2010. Manajemen pemasaran Edisi Pertama. Linda Karya. Bandung.

Dharmmesta, S. B dan Handoko, H. T. 2008. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFEYogyakarta. Yogyakarta.

Direktorat Gizi, DepKes RI. 2008. Jakarta. Effendy, M. 2007. Manajemen Pemasaran. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Engel, F. J, Blackwell R D, Miniard P W. 2004. Perilaku Konsumen

Terjemahan Alex Budianto Edisi Ke 6 Jilid 2. Bina Rupa Aksara. Jakarta.

Gita, D. 2005. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Pepaya Eksotik Dibandingkan Dengan Pepaya Lokal. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Milenium. Penerbit PT. Prehallindo. Jakarta.

Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi Milenium. Penerbit PT.

Prehallindo. Jakarta.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2012. Prinsipprinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1.Erlangga. Jakarta.

Kotler, P dan Keller. K. L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 2. PT

Indeks.Jakarta.

Mangkunegara, A.P.2009. Perilaku Konsumen

Edisi Revisi Cetakan Keempat. PT. Refika Aditama. Bandung.

Nafisah, N. S., Suharno dan Tinaprilla. N. 2013. Sikap Dan Persepsi KonsumenTerhadap Jeruk Lokal Dan Jeruk Impor Di Pasar Modern Kota Bogor.

Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut

Pertanian Bogor. Bogor.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian.Ghalia Indonesia.Bogor.

Prasetijo, R dan Ihalauw. J. 2005. Perilaku Konsumen. Penerbit

Andi. Jakarta.

Saharuddin, E. 2012. Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten

Sidenreng Rappang. Skripsi Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu

Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Makassar.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen (edisi 7). Rentice Hall.

Jakarta.

Simamora. 2004. Riset Pemasaran. Gramedia Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Statistika Penelitian. CV ALFABETA. Bandung.

Suharno, Y S. 2010. Marketing In Practice. Graha Ilmu Yogyakarta

Jurnal.Yogyakarta.

Susanti, T , Ratini R dan Mariyah. 2014. Analisis Pendapatan dan Pemasaran Usahatani Pepaya Mini ( Carica papaya L) Di Kelurahan Teritip

Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan. Jurnal AGRIFOR

volume XIII nomor 1. Balikpapan.

Swastha, B dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Yogyakarta.

Trimastuty, D, Kusnandar, Utami B W. 2013. Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Buah Pepaya California Di Pasar Swalayan Kota Surakarta. E-Jurnal

Agrista Edisi 4 Vol 1. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v3i2.707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: