ANALISIS SALURAN PEMASARAN UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) (Suatu Kasus di Desa Mertajaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya)

Sohidal Farid, Jafar Sidiq, Cecep Pardani

Abstract


Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. (2) Biaya, marjin dan keuntungan pemasaran ubi jalar di Desa Mertajaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. (3) Farmer’s Share ubi jalar di Desa Mertajaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. (4) Besarnya efisiensi pemasaran ubi jalar di Desa Mertajaya Kecamatan Bojongasih KabupatenTasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey di Desa Mertajaya Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. Metode Survey merupakan teknik riset dimana informasi dikumpulkan menggunakkan penyebaran kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Dua puluh orang petani, tujuh orang pedagang pengumpul dan tiga orangpedagang pengecer. Hasil penelitian ubi jalar di Desa Mertajaya Kecamatan Bojongasih KabupatenTasikmalaya diketahui bahwa :1. Terdapat dua saluran pemasaran ubi jalar sampai ke tangan konsumen akhir yaitu :a. Pola saluran pemasaran Ib. Petani Pedagang pengumpul Konsumen Industric. Pola saluran pemasaran IId. Petani Pedagang pengumpul Pedagang pengecer Konsumen2. Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran pada saluran pemasaran I sebagai berikut: (1) biaya pemasaran sebesar Rp 240 per kilogram, (2) marjin pemasaran sebesar Rp 1.500 per kilogram dan (3) keuntungan pemasaran sebesar Rp 1.260 per kilogram. Sedangkan biaya, marjin dan keuntungan pada saluran pemasaran II sebagai berikut : (1) biaya pemasaran sebesar Rp 762 per kilogram, marjin pemasaran sebesar Rp 2.000 per kilogram dan (3) keuntungan pemasaran sebesar Rp 1.638 per kilogram.3. Berdasarkan hasil penghitungan diketahui bahwa Besarnya nilai farmer’r share atau bagian yang diterima petani pada saluran pemasaran I adalah 62,50 persen dan efisiensi pemasarannya sebesar 6 persen. Sedangkan pada saluran pemasaran II besarnya nilai farmer’r share adalah 55,50 persen dan efisiensi pemasarannya sebesar 16,93 persen.Kata kunci : Pemasaran, Saluran, Ubi

Full Text:

PDF

References


Ayu, D. 2012. Pengertian Marjin Pemasaran. (Online) dalam http://dewiayudewiayu. blogspot.com/2012/02/pengert ian-marjin-pemasaran.html?m=1. Diakses 15 Agustus 2015

Bagong dan Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Prenada Media Grup, 2006. Jakarta.

Fatimah, S.N. 2011. Analisis Pemasaran Kentang (Solanum tuberosum L) di Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Surakarta.

Kastaman, R. 2006. Analisis Kelayakan Ekonomi Suatu Investasi. Tasikmalaya.

Kotler, F. 2005. Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks. Jakarta.

Massofa. 2008. Perkembangan Bahasa Anak. (Online) dalam http://massofa. wordpress.com/2008/04/29/perkemban gan-bahasa-anak/. Diakses 30 April 2015.

Mulyadi. 2005. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

. 2005. Akuntansi Biaya, Edisi Keenam. STIE YKPN. Yogyakarta.

Nisa. 2012. Makalah Tataniaga Agribisnis. (Online) dalam http://nisashare. blogspot.com/2012/02/contohmakalah-

tataniagaagribisnis. html?m=1. Di akses 10 Agustus 2015.

Rosmawati, H. 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. (Jurnal) Universitas Baturaja. Malang.

Soekartawi. 2009. Agrobisnis Teori dan Aflikasi. Rajawali Press. Jakarta.

Wibisono, M.S. 2005. Pengantar Ilmu Kelautan. P.T Gramedia Widiasarana. Jakarta

Widhi, A dan Dahrul, S. 2008. Kajian Pormulasi Cookies Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L) dengan Karakteristik Tekstur Menyerupai Cookies Keladi. Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v3i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: