PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI BUAH DAN SAYUR DI E-COMMERCE SAYURBOX SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Kanisius Karo, Teguh Soedarto, Sri Widayanti

Abstract


Buah dan sayur merupakan komoditas hortikultura unggulan di masa pandemi Covid-19 karena kandungan zat gizi mikro, vitamin, mineral dan serat pangan yang penting untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh. Aktivitas pembelian secara online melalui e-commerce marak dilakukan oleh konsumen di masa pandemi Covid-19 untuk mengurangi mobilitas ke luar rumah. Kualitas produk dan harga merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli buah dan sayur secara online melalui e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli buah dan sayur di e-commerce Sayurbox Surabaya pada masa pandemi Covid-19. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Sampel berjumlah 40 orang responden yang ditentukan melalui teknik nonprobability sampling berupa purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli. Sedangkan harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.

Keywords


Minat Beli, E-Commerce, Kualitas Produk, Harga

References


Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

BPS. 2020. Statistik Hortikultura 2020. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, and Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Edisi 2. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Halim, Nico Rifanto, and Donant Alananto Iskandar. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli.” Jurnal Ilmu Dan Riset … 4 (3): 415–24. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605.

Kohli, Sajal, Bjorn Timelin, Victor Fabius, and Sofia Moulvad Veranen. 2020. “How COVID-19 Is Changing Consumer Behavior – Now and Forever.” McKinsey & Company, 1–6. https://www.mckinsey.com/industries/retail/our-insights/how-covid-19-is-changing-consumer-behavior-now-and-forever.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Jakarta.

Kotler, Philip, and G. Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Maulana, Arman dkk. 2021. “Peran E-Commerce Di Tengah Pandemi Terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Masa Kini.” Journal of Education and Technology 1 (1): 55–61.

Mustakim, Rusman Efendi, and Intan Rosenanda Sofiany. 2021. “Pola Konsumsi Pangan Penduduk Usia Produktif Pada Masa Pandemi COVID-19.” Ikesma: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Vol. 17 (Special Issue).

Nurfaisah. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Di Pasar Tradisional Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.” Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tanata, Hungga Fernando, and Sonata Chirstian. 2021. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Hungtata.” Performa 4 (6): 94–103. https://doi.org/10.37715/jp.v4i6.1182.

Umar Bakti, Hairudin, and Maria Septijantini Alie. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung.” Jurnal Ekonomi 22 (1): 18. https://mediakonsumen.com/2018/05/14/sur.

Wijoyo. 2020. Digital Marketing. Purwokerto: CV. Pena Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.7545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: