STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN JAHE MERAH INSTAN (Studi kasus pada Agroindustri Jahe Merah Presiden’u di Desa Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar)

Anjar Gumelar, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


ABSTRAKJahe Merah adalah tanaman rimpang yang popular ditanam sebagai rempah-rempah dan ramuan obat dan sebagai bahan pengobatan tradisional. Permasalahan yang terjadi pada Agroindustri Jahe Merah Presiden’u adalah pengelolaan yang belum baik. Hal ini berdampak pada pemasaran Jahe Merah Instan tersebut, karena kurangnya inovasi-inovasi produk dan teknologi sehingga kualitas produk Jahe Merah Instan belum cukup maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman), merumuskan alternatif strategi pemasaran, membuat alternatif strategi pemasaran Olahan Jahe Merah. Metode penelitian ini yang digunakan adalah purposive sampling pada Agroindustri Jahe Merah Instan  Presiden’u yang ada di Desa Kujangsari Kecamatan langensari Kota Banjar. Responden dalam penelitian ini terdiri dari pemilik Agroindustri serta para karyawanya berjumlah 5 orang dan para konsumen 5 orang yang diambil secara survey. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Strength, Weakneses, Opportunity, Threats (SWOT). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal kekuatannya adalah lokasi yang strategis, kualitas produk, harga terjangkau, tenaga kerja terampil. Kelemahannya yaitu promosi yang masih belum maksimal, proses produksi masih manual, pemasaran nya belum berkembang secara luas, tidak ada inovasi produk. Faktor ekternal peluangnya tidak ada pesaing sejenis, pelanggan setia, trend gaya hidup sehat, baik diminum untuk anak-anak diatas usia 5 tahun. Ancamanya persaingan dengan produk lain dan kelangkaan bahan baku.  alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Agroindustrsi Jahe Merah Isntan Presiden’u dalam jangka panjang maupun jangan pendek. Dalam jangaka panjang yaitu membuat media e-commerce sehingga pemasaran Jahe Merah Instan lebih maksimal, dan dalam jangka pendek dapat dilakukan dengan memilih bahan baku  yang berkualitas agar hasil dari produksi lebih higienis.Kata kunci : Strategi, pemasaran, Jahe MerahBSTRACTRed Ginger is a rhizome plant that is popularly grown as a spice and medicinal herb and as an ingredient in traditional medicine. The problem that occurs in the President'u's Red Ginger Agroindustry is that management is not good. This has an impact on the marketing of Instant Red Ginger, due to the lack of product and technological innovations so that the quality of Instant Red Ginger products is not optimal enough. This study aims to identify internal (strengths and weaknesses) and external (opportunities and threats) factors, formulate alternative marketing strategies, make alternative marketing strategies processed red ginger. This research method used is purposive sampling on agro-industry in Kujangsari Village, Langensari District, Instant Red Ginger, President'u, Banjar City. Respondents in this study consisted of agro-industrial owners and their employees 5 people and consumers 5 people who were taken by survey. The analysis used in this study was Strength, Weakneses, Opportunity, Threats (SWOT). The results of this study show that the internal factors of strength are strategic location, product quality, affordable prices, skilled labor. The weakness is that the promotion is still not optimal, the production process is still manual, the marketing has not developed widely, there is no product innovation. External factors are likely to be no similar competitors, loyal customers, healthy lifestyle trends, good to drink for children over the age of 5 years.The threat of competition with other products and scarcity of raw materials.  alternative strategies that can be applied by the Red Ginger Agroindustrtion Arentan Presiden'u in the long term or not short. In the long term, it is to make e-commerce media so that the marketing of Instant Red Ginger is maximized, and in the short term it can be done by choosing quality raw materials so that the results of production are more hygienic.Keywords : Strategy, marketing, Red Ginge



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.9719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: