Penyerahan Online
Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi?
Ke Login
Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi
Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.
Petunjuk Penulis
Pedoman Umum dan Layouts
Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain dan terbebas dari unsur plagiarism.
Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait Kurikulum dalam Pengajaran
Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD kecuali abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Arial Narrow, ukuran 12 pt, dengan spasi 1, dicetak pada kertas A4 dengan batas margin kiri 3 cm, atas, bawah, kanan 2,5 cm sebanyak 8-12 halaman/lembar. Artikel dituliskan tepi kanan dan kiri rata (justified), dan jorokan awal paragraf (first line) 1,25 cm.
Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut:
1. Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 12 kata font size 12, dan harus mencerminkan substansi artikel
2. Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; artikel yang berasal dari penelitian kelompok, semua anggota harus dicantumkan dengan menggunakan nomor urut.
3. Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal mulai dari universitas, alamat dan e-mail yang letaknya di bawah nama penulis.
4. Abstrak: Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf Arial Narrow, ukuran 10 pt, spasi tunggal. Abstrak bukanlah penggabungan beberapa paragraf, tetapi merupakan ringkasan yang utuh dan lengkap yang menggambarkan isi tulisan. Abstrak secara eksplisit mengandung latar belakang, tujuan penelitian/artikel, metode penelitian/kajian, temuan hasil penelitian dan simpulan, implikasi (jika ada). Abstrak harus memberikan informasi yang singkat kepada pembaca tentang konten artikel. Jangan mencantumkan nomor tabel, nomor gambar, dan referensi pada abstrak. Abstrak terdiri dari satu paragraf dengan banyak kata maksimal 200 kata.
5. Kata kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan yang terdiri atas beberapa kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Jumlah kata kunci Maksimum terdiri dari 5 kata kunci yang dipisah oleh tanda koma (,). (Kata kunci yang dipilih mudah dibaca mesin pencari, seperti Google, Scopus, Yahoo, dan lainnya, serta disusun secara alphabet).
6. Cara sitasi menggunakan contoh berikut:
Pertama, P., Kedua, P., & Ketiga, P. (2020). Judul ditulis dalam bahasa indonesia. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, x(x), xx-xx.
7. Batang tubuh artikel:
Pendahuluan
Ruang lingkup artikel yang dapat diterbitkan dalam Jurnal Bioed ini terdiri dari bidang kajian Biologi dan pendidikan Biologi ,antara lain mencakup:
- Kemampuan Berpikir
- Model Pembelajaran
- Media dan Multimedia Pembelajaran
- Evaluasi dalam Pembelajaran
- Pengembangan Profesional Guru
- Pengembangan Bahan Ajar
- Pengembangan Laboratorium
- Kurikulum
- Kajian Biologi
Artikel yang ditulis merupakan hasil penelitian , kajian teori, artikel review dalam bidang Biologi atau Pendidikan Biologi. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Secara keseluruhan, artikel harus memuat abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan serta daftar pustaka.
Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia maksimal 15 halaman, diketik dengan program Microsoft Word, huruf Arial Narrow, ukuran 12 pt, dengan spasi 1, dicetak pada kertas A4 dengan batas margin kiri 3 cm, atas, bawah, kanan 2,5 cm , tepi kanan dan kiri rata (justified), dan jorokan awal paragraf (first line) 1,25 cm. Nama penulis, alamat afiliasi dan abstrak ditulis 2,5 cm dari margin kiri. Nama penulis dan alamat afiliasi font 11. Awal paragraf pertama untuk setiap sub judul tidak diberi indentasi. Sedangkan kalimat pertama pada paragraf berikutnya diberi indentasi 5 mm.
Bagian pendahuluan ini memaparkan pentingnya dilakukan penelitian , disusun dari uraian global ke sudut pandang yang lebih spesifik. Memaparkan hasil-hasil riset yang relevan ( previous work) dengan topik yang dibahas, sehingga penulis dapat menentukan gap riset ( research gap) yang merupakan masalah penelitian pada artikel ini. Penelitian yang dilakukan bukan duplikasi dari penelitian sebelumnya .Selanjutnya apa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan itu. Pada akhir paragraf pendahuluan ini, penulis perlu mengemukakan tujuan penelitian.
Metode Penelitian
Bagian metode harus berhubungan dengan rumusan masalah yang sudah dituliskan pada bagian pendahuluan. Metode disajikan secara tepat dan detail sehingga mudah dipahami pembaca untuk mengulangi pekerjaan peneliti. Metode ditulis dalam kalimat lampau ,dengan panjang10-15% dari total panjang artikel. Pada bagian ini, penulis diminta menjelaskan alat;alat, bahan;bahan, metode, model, desain, teknik pengambilan sampel, prosedur pengumpulan data , analisis data, subjek dan lokasi penelitian. Prosedur penelitian dideskripsikan agar mudah dimengerti oleh pembaca yang mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan (cara kerja), observasi, evaluasi-refleksi ( pengamatan).
Hasil dan Pembahasan
Hasil penelitian memaparkan temuan penelitian yang mencakup hasil utama penelitian serta tidak perlu menyertakan referensi. Bagian hasil penelitian harus menjawab pertanyaan penelitian. Data dapat disajikan dalam representasi visual misalnya dalam bentuk tabel atau grafik. Jika penelitian kuantitatif harus mencantumkan hasil analisis statistik yang mewakili signifikansi hasil. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Satu paragraf harus terdiri dari beberapa kalimat. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel . Pada bagian pembahasan perlu dijelaskan pentingnya hasil, menjelaskan fenomena yang diamati dengan studi pendukung untuk membenarkan atau memvalidasi temuan itu. Penting juga untuk membandingkan hasil penelitian sebelumnya yang pernah dipublikasikan oleh peneliti lain. Pada pembahasan harus memuat sitasi/rujukan dari hasil penelitian lain yang serupa yang telah ada. Perujukan pustaka mengikuti aturan atau merujuk pada Gaya Kutipan APA ( American Psychological Association). Jika penulis hanya seorang ditulis seperti ini (Erlin, 2016), jika penulis ada dua orang maka ditulis seperti ini (Bahtiar & Jeti, 2012). Jika penulis lebih dari tiga orang, maka cukup ditulis penulis pertama ditambah et al. seperti Prabowo, et al. (2015). Setiap pustaka yang dirujuk dalam artikel ini harus tercantum dalam daftar pustaka.
Contoh menyajikan data hasil penelitian dalam bentuk gambar (grafik) .Beri penjelasan misalnya Gambar 1 memperlihatkan data hasil post test. Tambahkan diskusi atau pembahasan terkait gambar atau tabel. Jangan menggunakan penjelasan yang melebar, gunakan kalimat bahasa Indonesia sesuai dengan EYD.
.
Gambar 1. Gambar..… Berikan penjelasan singkat terkait gambar dan letakkan gambar di posisi tengah (Centered) |
Gambar 1 menunjukkan bahwa..…( Jelaskan gambar diatas). Jelaskan maksud dari gambar diatas. Pemaparan hasil penelitian diikuti sesuai dengan pembahasan analisis data .
Contoh menyajikan data hasil penelitian dalam bentuk tabel.
Tabel 1 menunjukkan data hasil pengukuran kemampuan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis Silahkan perhatikan format tabel pada template ini.
Tabe1 Tuliskan caption singkat diatas tabel. Berikan jarak antara caption dengan table sebanyak 6 pt. | ||
|
|
|
Pemahaman | Berpikir kritis |
|
85 | 70 |
|
80 | 65 |
|
85 | 65 |
|
75 | 60 |
|
Tabel 1 menunjukkan... ( Jelaskan tabel diatas ). Jelaskan maksud dari tabel diatas. Pemaparan hasil penelitian diikuti sesuai dengan pembahasan analisis data .
Tabel 2 menunjukkan data hasil perhitungan chi (N=15, df=1). Silahkan perhatikan format tabel pada template ini.
Tabel 2. Tuliskan caption singkat diatas table. Berikan jarak antara caption dengan table sebanyak 6 pt. | ||||||
| Wake Chi Sqr. (N=15, df=1) | p | Stage 1 Chi Sqr. (N=15, df=1) | P | Stage 2 Chi Sqr. (N=15, df=1) | p |
F3 | 1.143 | 0.285 | 0.286 | 0.593 | 0.286 | 0.593 |
Fz | 1.143 | 0.285 | 0.067 | 0.796 | 0.067 | 0.796 |
Cz | 1.143 | 0.285 | 0.077 | 0.782 | 0.286 | 0.593 |
Tabel 2 menunjukkan bahwa nilai p tertinggi pada Fz. …Silahkan lanjutkan penjelasannya. Tunjukkan analisis yang valid dan reliable dalam naskah. Pemaparan hasil analisis data ditunjukkan juga dengan mencantumkan referensi yang sesuai.
Kesimpulan
Kesimpulan ini bukan rangkuman hasil penelitian, tetapi merupakan sintesis dari hasil pekerjaan penelitian. Bagian simpulan dan saran berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas hipotesis atau pertanyaan penelitian, atau berupa intisari hasil pembahasan. Pada kesimpulan ini perlu dihindari pernyataan yang melampai apa yang dapat didukung oleh hasil, juga perlu dihindari istilah atau ide baru secara tiba-tiba yang tidak disajikan pada pendahuluan. Pada bagian ini peneliti dapat menyarankan penelitian lanjutan terhadap permasalahan yang dikaji. Kesimpulan dan saran disajikan dalam bentuk paragraf.
Ucapan Terima Kasih
Pada bagian ini, ditulis ucapan terima kasih yang disampaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam kegiatan penelitian yang sudah dilakukan. Pihak-pihak tersebut, misalnya lembaga telah memberikan beasiswa, sponsor, dana penelitian, sarana dan prasarana penelitian atau perorangan yang telah meberikan kontribusi dalam pelaksanaan penelitian.
Referensi
Semua referensi yang tercantum adalah referensi yang sudah dirujuk pada teks artikel. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa jurnal internasional terindeks, jurnal nasional bereputasi, jurnal nasional ber-ISSN, buku (Chapter), artikel-artikel peneliti. Jumlah rujukan minimal 10 buah. Tahun rujukan diusahakan mutakhir tidak lebih dari 10 tahun ke belakang.Daftar referensi jurnal ini, merujuk pada Gaya Kutipan APA (American Psychological Association). Penulisan referensi dan pengutipan disarankan menggunakan aplikasi pengutipan standar (seperti Mendeley, Refworks atau Zotero) sehingga konsistensi dan aksesibilitasnya lebih terjaga :
Author.(Year published).Title of Article.Title of Journal, Volume ( Issue),pp-pp.
Perhatikan cara penulisan Referensi di bawah ini, bedakan cara penulisan untuk referensi dari jurnal, prosiding, chapter.
Contoh jurnal :
Andrade,M,S & Bunker,2009.A model for self regulated distance language learning. J Distance Education 30(1) 47-61
Davis, E. A., & Linn, M. C. (2000). Scaffolding students’ knowledge integration: Prompts for reflection in KIE. International Journal of Science Education, 22(8), 819–837. doi:10.1080/095006900412293
Filiz S, Erol M, Erol A.(2018) .Investigating the correlation between the frequency of using metacognitive reading strategies and non routine problem solving successesin fitth grade stucent, Universal Journal of Educational Research, 6(8),1795-1802
Contoh Prosiding:
Erlin E., Fitriani A, (2019). Profile metacognitive awareness of biology education students in microbiology course. J. Phys.: Conf. Ser. 1157 022066, 1-5
Contoh Buku:
Brewer, M. B. (2000). Research design and issues of validity. In H. T. Reis, & C. M. Judd (Eds.),Handbook of research methods in social and personality psychology (pp. 3–16). New York, NY:Cambridge University Press.
Contoh Chapter :
Kuhn T .(1998 ). Density matrix theory of coherent ultrafast dynamics Theory of Transport Properties of Semiconductor Nanostructures (Electronic Materials vol 4) ed E Schöll (London: Chapman and Hall) chapter 6 pp 173–214 (Contoh Chapter)
Pemberitahuan Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi CC-BY-SA Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
Pernyataan Privasi
Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.
Biaya Penulis
Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.
Biaya Publish online: 300000,00 (IDR)
biaya untuk fee reviewer, pengeditan naskah, pengelolaan dll.
biaya tambahan untuk jurnal cetak: 50000,00 (IDR)
biaya tambahan untuk penulis yang ingin mendapatkan versi cetak 50.000/eks