Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Author Guidlines dapat didwonload melalui link berikut:

Download Author Guidlines

 

template manuskrip dapat didownload melalui link berikut :

 Download Template Manuskrip

 

 

 

Pedoman Umum dan Layouts
Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan pada jurnal lain dan terbebas dari unsur plagiarism.
Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris terkait Kurikulum dalam Pengajaran 
Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD kecuali abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Arial Narrow, ukuran 12 pt, dengan spasi 1, dicetak pada kertas A4 dengan batas margin kiri 3 cm, atas, bawah, kanan 2,5 cm sebanyak 8-12 halaman/lembar. Artikel dituliskan tepi kanan dan kiri rata (justified), dan jorokan awal paragraf (first line) 1,25 cm.

Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut:
1. Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 12 kata font size 12, dan harus mencerminkan substansi artikel

2. Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; artikel yang berasal dari penelitian kelompok, semua anggota harus dicantumkan dengan menggunakan nomor urut.

3. Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal mulai dari universitas, alamat dan e-mail yang letaknya di bawah nama penulis.

4. Abstrak: Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf Arial Narrow, ukuran 10 pt, spasi tunggal. Abstrak bukanlah penggabungan beberapa paragraf, tetapi merupakan ringkasan yang utuh dan lengkap yang menggambarkan isi tulisan. Abstrak secara eksplisit mengandung latar belakang, tujuan penelitian/artikel, metode penelitian/kajian, temuan hasil penelitian dan simpulan, implikasi (jika ada). Abstrak harus memberikan informasi yang singkat kepada pembaca tentang konten artikel. Jangan mencantumkan nomor tabel, nomor gambar, dan referensi pada abstrak. Abstrak terdiri dari satu paragraf dengan banyak kata maksimal 200 kata.

5. Kata kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan yang terdiri atas beberapa kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Jumlah kata kunci Maksimum terdiri dari 5 kata kunci yang dipisah oleh tanda koma (,). (Kata kunci yang dipilih mudah dibaca mesin pencari, seperti Google, Scopus, Yahoo, dan lainnya, serta disusun secara alphabet).

6. Cara sitasi menggunakan contoh berikut:
Pertama, P., Kedua, P., & Ketiga, P. (2020). Judul ditulis dalam bahasa indonesia. BioedJurnal Pendidikan Biologix(x), xx-xx.

7. Batang tubuh artikel:

 

Pendahuluan

Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Galuh bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI). 

Terbit secara berkala dua kali dalam setahun (Maret dan September). dengan  P-ISSN : 2339-0468 dan E-ISSN : 2686-5424

Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan kajian Pendidikan Biologi dan ilmu biologi , meliputi:

1. Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran biologi

2. Model, metode dan media pembelajaran biologi

3. Pengembangan konsep atau teori pembelajaran biologi

4. evaluasi pembelajaran biologi

5. Ilmu-ilmu Biologi

Artikel  yang ditulis  merupakan hasil penelitian  , kajian teori, artikel review  dalam bidang Biologi atau Pendidikan Biologi. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Secara keseluruhan, artikel harus memuat abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan serta daftar pustaka.

Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia maksimal 15 halaman, diketik dengan program Microsoft Word, huruf Arial Narrow, ukuran 12 pt, dengan spasi 1, dicetak pada kertas A4 dengan batas margin kiri 3 cm, atas, bawah, kanan 2,5 cm ,  tepi kanan dan kiri rata (justified), dan jorokan awal paragraf (first line) 1,25 cm. Nama penulis, alamat afiliasi dan abstrak ditulis 2,5 cm dari margin kiri. Nama penulis dan alamat afiliasi font 11. Awal paragraf pertama untuk setiap sub judul tidak diberi indentasi. Sedangkan kalimat pertama pada paragraf berikutnya diberi indentasi 5 mm. 

 

Bagian pendahuluan ini memaparkan pentingnya dilakukan penelitian , disusun dari uraian global ke sudut pandang yang lebih spesifik. Memaparkan hasil-hasil riset yang relevan ( previous work) dengan topik yang dibahas, sehingga penulis dapat menentukan gap riset ( research gap) yang merupakan masalah penelitian pada artikel ini. Penelitian yang dilakukan bukan duplikasi dari penelitian sebelumnya .Selanjutnya apa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan itu. Pada akhir paragraf pendahuluan ini, penulis perlu mengemukakan tujuan penelitian.

 

 

 

METODE PENELITIAN

Penulisan metode penelitian harus disusun menjadi sebuah cerita dalam paragraf. Kalimat yang digunakan dalam metode penelitian harus berbentuk lampau, karena proses peneitian dilakukan di masa lalu. Metode penelitian harus ditulis dengan jelas. Bagian metode penelitian berisi paparan menjelaskan metode, model, desain, subjek dan lokasi penelitian yang anda kerjakan, prosedur penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.          

Bagian metode penelitian ini menguraikan langkah-langkah penyelesaian masalah. Uraikan dengan jelas prosedur penelitian yang dilakukan. Metode yang dipilih agar disesuaikan dengan jenis penelitiannya. Sebagai contoh penelitian eksperimen, desain penelitian, pengambilan populasi dan sampel serta prosedur pelaksanaan penelitian harus jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian hasil dan pembahasan berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan hipotesis atau pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.

Data dalam bentuk tabel ditulis dengan ukuran 10 pt, penyajiannya agar menggunakan format tabel seperti contoh Tabel 1.

Tabel 1. Judul tabel

Jenis sekolah

Laki-laki (%)

Perempuan (%)

SD

20

30

SMP

30

25

SMA

50

45

Tabel diberi judul. Judul diletakkan di atas tabel. Tabel dibuat center dan diacu pada naskah. Jika terdapat lebih dari satu tabel maka tabel diberi nomor misalnya Tabel 1, Tabel 2, dan seterusnya. Tulisan dalam tabel 1 spasi, ukuran 11 pt dan diusahakan dalam penyajian tabel tidak terpotong oleh halaman. Jika dalam penyajian tabel tidak cukup disajikan dalam satu kolom, bisa disajikan dengan menggabungkan dua kolom menjadi satu kolom (khusus untuk penyajian kolomnya). Tabel diberi nomor urut dengan angka Arab (menunjukkan nomor urut tabel) Contoh: Tabel 2. (merupakan tabel ke dua).

Tabel diberi judul di atas tabel dengan jarak 1 (satu) spasi. Jarak antara judul tabel dengan tabel 1 (satu) spasi. Bila tabel atau gambar yang disajikan diambil atau dikutip dari suatu sumber tertentu, maka sumber ditulis di bawah tabel atau gambar dengan jarak 1 (satu) spasi. Sedapat mungkin tabel disajikan dalam satu halaman yang sama. Apabila tabel lebih dari 1 halaman dan terpaksa harus diputus, maka dapat dilanjutkan dengan halaman berikutnya namun diberi keterangan lanjutan dan diberi judul tabel, dan judul kolom (kepala tabel). Tabel tidak diberikan garis semua tapi hanya pembuka dan penutup. Penulisan data dengan angka desimal menggunakan tanda koma (,).

Jika terdapat gambar maka penyajiannya dibuat center dan diacu dalam naskah. Gambar diberi judul. Judul diletakkan di bawah gambar seperti contoh Gambar 1. Jika terdapat lebih dari satu gambar maka gambar diberi nomor misalnya Gambar 1, Gambar 2, dan seterusnya.

Gambar diberi nomor urut denngan angka Arab (menunjukkan nomor urut gambar). Contoh: Gambar 2. (merupakan gambar ke dua). Gambar diberi judul di bawah gambar dengan 1 (satu) spasi. Sumber data ditulis melekat di bawah gambar dengan jarak 1 (satu) spasi dengan ukuran 10. Hindari penulisan paragraf yang hanya terdiri dari satu kalimat, seperti "Selanjutnya, akan disajikan rekap skor minat belajar siswa sebagai berikut.". Setiap gambar dan tabel harus diacu di dalam teks begitu juga sebaliknya; pada pengacuan gambar atau tabel, jangan menggunakan kata-kata lokasi "di atas" atau "di bawah" atau "sebagai berikut/berikut ini".

 

 

(Sumber: ……)

Gambar 1. Judul gambar

Perujukan pustaka mengikuti aturan perujukan. Jika penulis hanya seorang ditulis seperti ini (Fulan, 2016), jika penulis ada dua orang maka ditulis seperti ini (Fulan & Ahmad, 2012). Jika penulis lebih dari 2 maka cukup ditulis penulis pertama ditambah et al. Seperti Fulan et al. (2015). Setiap pustaka yang dirujuk dalam artikel ini harus tercantum dalam daftar pustaka.

 

KESIMPULAN

Bagian simpulan dan saran berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas hipotesis atau pertanyaan penelitian, atau berupa intisari hasil pembahasan. Saran yang dikemukakan merupakan solusi atau tindak lanjut terhadap permasalahan yang sedang dikaji. Simpulan dan saran disajikan dalam bentuk paragraf.

Bagian kesimpulan berisi rangkuman hasil yang dicapai dan merupakan jawaban dari rumusan masalah. Oleh karena itu, kesimpulan agar diselaraskan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Kesimpulan dituliskan dalam satu paragraf, hindari daftar simpulan dalam bentuk bullet atau pointer.

 

REKOMENDASI

Tuliskan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian di sini.

 

UCAPAN TERIMAKASIH

Menyatakan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam kegiatan penelitian yang dilakukan. Pihak-pihak tersebut, misalnya lembaga atau perorangan yang telah memberikan beasiswa, sponsor, dana penelitian, sarana dan prasarana penelitian. Nama orang yang membantu dalam penelitian harus ditulis lengkap dengan gelar yang dimilikinya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Sistem dan cara pengutipan diwajibkan menggunakan aplikasi pengutipan standar (misalnya Mendeley, Refworks, Zotero) sehingga konsistensi dan aksesibilitasnya lebih terjaga. Penulisan daftar pustaka perlu merujuk APA style. Cara mensitasi berasal dari hasil sintesis beberapa penulis lain. Pastikan daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam isi artikel. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer (80%) berupa jurnal internasional terindeks, jurnal nasional bereputasi, buku, artikel-artikel penelitian, disertasi, tesis, skripsi, buku yang berisi hasil penelitian dan lain-lain yang bersifat primer. Adapun sumber jurnal internasional minimum sebanyak 30% dari total sumber daftar pustaka. Jumlah minimum rujukan sebanyak 20 buah. Tahun rujukan diusahakan tidak lebih dari 10 tahun (lebih dari 80%).

Tata cara penulisan daftar rujukan secara umum meliputi: (1) nama akhir, (2) koma, (3) inisial nama depan,(4) titik, (5) tahun penerbitan (dalam kurung), (6) titik, (7) judul buku (Italic), (8) titik, (9) kota penerbitan, (10) titik dua, (11) nama penerbit, dan (12) titik, atau dapat mengikuti kaidah penulisan sebagai berikut:

 

Author.(Year published).Title of Article.Title of Journal, Volume ( Issue),pp-pp.

Perhatikan cara penulisan Referensi di bawah ini, bedakan cara penulisan untuk referensi dari jurnal, prosiding, chapter.

 

Contoh jurnal :

Andrade,M,S & Bunker,2009.A model for self regulated distance language learning. J Distance Education  30(1) 47-61

 

Davis, E. A., & Linn, M. C. (2000). Scaffolding students’ knowledge integration: Prompts for reflection in KIE. International Journal of Science Education, 22(8), 819–837. doi:10.1080/095006900412293

 

Filiz S, Erol M, Erol A.(2018) .Investigating the correlation between the frequency of using metacognitive reading strategies and non routine problem solving successesin fitth grade stucent, Universal Journal of Educational Research, 6(8),1795-1802

 

Contoh Prosiding:

Erlin E., Fitriani A, (2019). Profile metacognitive awareness of biology education students in microbiology course. J. Phys.: Conf. Ser. 1157 022066, 1-5 

 

Contoh Buku :                                                                                                                                                          

Brewer, M. B. (2000). Research design and issues of validity. In H. T. Reis, & C. M. Judd (Eds.),Handbook of research methods in social and personality psychology (pp. 3–16). New York, NY:Cambridge University Press.

 

Contoh Chapter :

Kuhn T .(1998 ). Density matrix theory of coherent ultrafast dynamics Theory of Transport Properties of Semiconductor Nanostructures (Electronic Materials vol 4) ed E Schöll         (London: Chapman and Hall) chapter 6 pp 173–214  (Contoh Chapter)

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:

Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi CC-BY-SA Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Biaya Publish online: 300000,00 (IDR)
biaya untuk fee reviewer, pengeditan naskah, pengelolaan dll.

biaya tambahan untuk jurnal cetak: 50000,00 (IDR)
biaya tambahan untuk penulis yang ingin mendapatkan versi cetak 50.000/eks