ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR BERDASARKAN GENDER, USIA, DAN TEMPAT TINGGAL

Adun Rusyana, Feri Bakhtiar Rinaldi

Sari


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir mahasiswa PPG Prajabatan sekaligus untuk menentukan jenis tugas  (workable assignments) yang tepat diberikan dosen kepada mahasiswa PPG Prajabatan sesuai dengan karakteristik  keterampilan berpikir mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa PPG prajabatan Prodi.Pendidikan Biologi FKIP Unigal tahun akademik 2022/2023 (N=27).Metoda penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan teknik analisis data: (1)  uji  mean dan (2) Uji One Sample Test. Hipotesis penelitian: (1) Ha: µ≠1,64; (2) Keterampilan berpikir perempuan dan laki-laki berbeda secara signifikan;(3) Keterampilan berpikir pada berbagai usia adalah  berbeda secara signifikan;(4) Keterampilan berpikir antara mahasiswa asal kampung dan kota berbeda secara signifikan. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Skor rata-rata  keterampilan berpikir mahasiswa adalah berkategori A/superior berpikir kreatif; (2) terdapat perbedaan yang signifikan score ketarampilan berpikir antara perempuan dan laki, antara jenjang usia, dan asal tempat tinggal; (3) perempuan, usia 22-26 tahun, asal kampung lebih tinggi score keterampilan berpikirnya bila dibandingkan dengan laki-laki, usia 27-30 tahun, asal kota. Kata Kunci: Keterampilan berpikir,  PPG Prajabatan

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


A.Hidayat (2017).System Thinking [Online].Tersedia: https://hidayatno.id/tag/berpikir sistem-systems-thinking/ [20 Februari 2021]

Ad’hiya, E. dkk. (2019).” PERBEDAAN GENDER DALAM KETERAMPILAN BERPIKIRANALITIS DAN LITERASI KIMIA”. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN KIMIA : KAJIAN HASIL PENELITIAN PENDIDIKANKIMIAVOLUME 6, NOMOR 2, 2019 ISSN 2355-7184; e-ISSN 2355-7184 [Onlne]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id. [4 Maret 2023].

Ardiansyah, M. (2020).” Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan, dan Kecerdasan Logis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis”.Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186 Volume 2, Nomor 2, Desember 2020, hal. 163-178 [Online]. Teredia; https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk DO I[4 Maret 2023]

Estari, A.W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Pembelajaran. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES):Conference Series [online].Tersedia: https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/56953 [25 February 2023).

Harvey & Pagel (1991). ] The comparative method in evolutionary biology. [Online]. Tersedia: https://scholar.google.co.id/scholar?q=Harvey+%26+ Pagel+(1991)&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi= scholart [20 Februari 2021]

Kaliky, S & Juhaevah F (2018). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender”.Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 6, No. 2, Desember 2018, h. 111-126 ISSN 2303-0992 ISSN online 2621-3176 [Online]. Tersedia: https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/INT/article/view/663/487 [4 Maret 2023]

Kurnia, A. Dkk. (2021). Pola Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gender Siswa Sekolah Menengah dalam Pembelajaran IPA. Risenologi Oktober 2021 p-ISSN: 2502-5643 | e-ISSN: 2720-9571 [Online]. Tersedia: https://ejurnal.kpmunj.org › [4 Maret 2023]

Munawwarah & Hante.I (2020). “Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Jenis Kelamin: Analisis melalui Inkuiri pada Siswa SMA Pada Materi Kimia”. Jurnal Chemica Vo/. 21 Nomor 2 Desember 2020, 228 – 236 [Online]. Tersedia: https://www.researchgate.net. [4 Maret 2023].

Rahman, A (2018). “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Metakognitif Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin”Jurnal Pendidikan Biologi ISSN 2540-9271 (Online);ISSN 2085-6873 Volume 10, Nomor 1, 2018: 28-43 [Online].Tersedia: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/4765/0 [4 Maret 2023]

Rusyana (2021). Pengaruh Penggunaan Tabel Kladistik Terhadap Pemahaman Materi Zoologi Invertebrata [Online]. Tersedia: https://sinta.kemdikbud.go.id [24 Febryary 2023]

Rusyana, A. (2014). Keterampilan Berpikir-Pedoman dan Acuan Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Ombak

Riyanto, R, dkk. (2022). “Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Yang Telah Memperoleh Pendekatan Rme” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ISSN 2614-221X (print) Volume 5, No. 1, Januari 2022 ISSN 2614-2155 [online]. Tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id [4 Maret 2023]

Setyawati, DU, dkk. (2020).“Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin” Jurnal Didaktik ISSN 2355-4185(p), 2548-8546(e) DOI: 10.24815/jdm.v7i1.15709. [Online] Tersedia: https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/15709/12131

Maret 2023]

Shubchan & Rossa (2021) MEMAHAMI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PESERTA DIDIK: Telaah tentang Transfer dan Transformasi Belajar [Online].Tersedia: https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/view/60 [25 Februari 2023]




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :