UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FORMULATOR TARSIA BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI EVOLUSI KELAS XII SMAN 3 CIAMIS

Anne Novia Fitri, Warsono Warsono, Agus Cahyadin

Sari


Penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Evolusi di kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Ciamis melalui penggunaan media Formulator Tarsia berbasis Scaffolding.  Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Ciamis Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Objek penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siklus pertama, aktivitas belajar siswa yang meliputi indikator kegiatan visual, kegiatan lisan, kegiatan mendengarkan, kegiatan menulis, dan kegiatan motorik tergolong cukup baik dengan perolehan skor rata-rata 72% dan meningkat menjadi 80% yang tergolong kategori baik pada siklus kedua. Kemudian, hasil observasi belajar yang dilakukan pada siklus pertama tergolong cukup baik dengan perolehan skor rata-rata 66% dan meningkat menjadi 80% pada siklus kedua yang tergolong kategori baik. Dengan demikian, aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Evolusi dapat ditingkatkan dengan menggunakan media Formulator Tarsia berbasis Scaffolding.Kata Kunci: Formulator Tarsia, Scaffolding, Aktivitas belajar, Hasil belajar 

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Affah, A. (2017). “Pembelajaran Matematika dengan Memanfaatkan Formulator Tarsia”. Jurnal Didaktik Matematika. 4, (2), 152-159.

Akbar, M.N., et all (2022). Analisis Permasalahan Guru SMA terkait Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Selama Proses Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning di Kabupaten Bone Bolango. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2),111-120.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Arosyidah., et all. (2021). Analisis Kebutuhan terhadap Media Pembelajaran dan Pemberian Scaffolding dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan : Teori Penelitian dan Pengembangan. 6(11), 1813–1830.

Febriani F., et all. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Scaffolding. Jurnal Wahana Pendidikan. 7(1), 39–46.

Hasan, M., et all (2021). Media Pembelajaran (pp. 1–260). Klaten:Tahta Media Group.

Hermitech Laboratory. (2003). Information on Formulator Tarsia. Tersedia di: http://www.mmlsoft.com/index.php/products/tarsia.

Ilhami, S., et all (2022). Meta-Analisis Praktikalitas Media Pembelajaran Puzzle. Journal on Teacher Education. 4(2), 611-619.

Indriani, N & Lazulva. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration. 3(1), 87-105.

Jayawardana, H.B.A., & Rina, S.D.A., (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Biologi.: Conf. Ser. 978-602-72245-5-1, 58-66.

Kisyani Laksono Ibnu. 2006. Dasar-dasar Metodologi Penelitian dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Paraningsih, D. (2020). Penerapan Lembar Kerja Siswa dan Puzzle untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Trigonometri Pada Siswa X TKI 1 SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pendidikan dan Budaya Warta Pendidikan, Edisi 46, 13-20.

Qomaria, N. (2021). Teachers’ Perception Towards The Use of Tarsia Puzzle to Create Joyful Learning of Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika da Matematika, 8(1), 13-24.

SISDIKNAS. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Tersedia di: https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6.

Sunaryo, Y & Fatimah, A.T (2018). Implementasi Pendekatan Kontekstual pada Model Pembelajaran Scaffolding. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika. 4(2), 87–96.

Surata, I,K., et all (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi. Jurnal of Education Technology, 4(1), 22-27.

Trianto. (2009). Mendesain model Pembelajaran Inovatif Progresif : Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KISP). Jakarta : Prenada Media Group.

Vasmin, M.E., et all (2020). Analisis Faktor Kesulitan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Biologi pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 1(2), 14-23.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiriaatmadja Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.Pendidikan Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10181

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :