Identifikasi Nematoda pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) di Pelabuhan Ikan Oeba

James Ngginak, Mineta E. Romode, Refli Sampe, Tiodor Sri Juniarti Manalu

Sari


Ikan tongkol (Euthynnus affinis) merupakan salah satu sumber pangan yang bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis nematoda yang menginfeksi ikan tongkol (Euthynnus affinnis) yang didaratkan di pelabuhan ikan Oeba. Nemathoda merupakan salah satu kelompok parasit yang dapat menginfeksi manusia. Infeksi dari jenis parasit ini menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia seperti radang usus bahkan kematian. Salah satu penyebab Infeksi nemathoda pada manusia yaitu konsumsi daging ikan yang belum matang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel 20 ekor ikan yang akan dibedah disiapkan dengan ukuran variatif yaitu kecil, sedang dan besar. Identifikasi secara kualitatif keberadaan nemathoda dilakukan pada organ seperti insang, lambung usus dan hati. Organ tersebut diletakkan secara terpisah pada cawan petri berisi larutan fisiologis (0.85% NaCl), lalu dianalisis menggunakan mikroskop binokuler. Data yang diperoleh diolah dengan mengacu pada referensi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan satu jenis cacing yang menginfeksi ikan tongkol (Euthynnus affinis) yaitu Anisakis simplex. Nemathoda tersebut ditemukan pada bagian atau organ usus. dari 20 jenis ikan yang di jadikan sampel, sebanyak 2 ekor terinfeksi nemathoda pada kategori ukuran sedang dan besar.

Referensi


Agus S. 2017. Pemetaan Daerah Penangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus sp) Di Perairan Teluk Bone. [skripsi] Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Ardelia V., Boer M., Yonfitner. 2017. Precautionary approach dalam pengelolaan sumberdaya ikan tongkol (Euthynnus affinis) di perairan selat sunda. Jurnal Pengelolaan Perikanan Tropis ISSN - p: 2598 - 8603 ISSN - e: 2614 – 8641. Vol 1 (1)

Bahri S, 2016. Prevalensi Dan Inensitas Cacing Anisakis Sp Pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) Di Tpi Ujong Aroh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. [skripsi] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Hafid, M.H & Anshary, Y H. 2016. Keberadaan Anisakis typica (Anisakidae) dari Ikan Tongkol dan Ikan Layang dari perairan Sulawesi Barat. Jurnal Sain Veteriner. Vol 34 (1).

Hibur, O S., Detha A I R., Almet J., Irmasuryani. 2016. Tingkat Kejadian Parasit Anisakis sp pada Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) dan Ikan Tongkol (Auxis thazard) Yang Dijual Di Tempat Penjualan Pasir Panjang Kota Kupang. Jurnal Kajian Veteriner. Vol. 4 (2)

Hijri L., Moch., Krisno A., Muizzuddin. 2015. Pengaruh Pemberian Sari Jahe (Zingiber officinale) Terhadap Jumlah Koloni Bakteri Pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang

Hutama F P., Kismiyati., Mahasri G., Wulansari P D. 2018. Identifikasi dan prevalensi cacing endoparasit pada ikan layang deles (decapterus macrosoma) di pelabuhan perikanan Nusantara Brondong, Lamongan. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. ISSN 2303 - 2960. Hlmn 77- 82. Vol 6(1).

Hidayat N, Bakri M, Rusli, Fahrimal Y, Hambal M, Daud R. 2016. Identifikasi Parasit Pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) di Tempat Pelelangan ikan Lhoknga Aceh Besar. Jurnal Medika Veterinaria. ISSN : 0853-1943 Vol. 10. (1)

Jabal A R., Cahyaningsi U., Tiuria R., Ranasari A. 2020. Identifikasi Cacing Parasitik Dan Potensi Zoonosis Pada Ikan Sidat ( Angulila spp) Asal Danau Lindu Kabupaten Sigi. Bioma Jurnal Biologi Makassar. ISSN 2528-71687 Volume 5 (2)

Kurniawati, S. 2014. Identintifikasi dan prevalensi endoparasit pada saluran pencernaan ikan tongkol (Euthynnus affinis) di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamongan-JawaTimur. [skripsi] Fakultas Perikanan Dan Kelautan. Surabaya: Universitas Airlangga.

Ngginak, J., Mangibulude, J. C. and Rondonuwu, F. S. (2017) ‘The Identification of Carotenoids and Testing of Carotenoid Antioxidants from Sand Lobster (Panulirus homarus) Egg Extract’, ILMU KELAUTAN: Indonesian Journal of Marine Sciences. doi: 10.14710/ik.ijms.22.3.155-160.

Rahman R F., Bakrie M., Hambal M., Wardani E., Fahrimal Y. 2016. Identifikasi parasit pada cumi–cumi (Loligo spp.) pada tempat pelelangan ikan (TPI) lampulo kota Banda Aceh. Fakultas Kedokteran Hewan. Universias Syah Kuala Bandah Aceh

Rahmawati D. 2014. Studi idenifikasi dan prevalensi cacing endoparasit pada ikan layur (Trichiurus savala) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong Kabupatten Lamongan. [Skripsi] Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Surabaya: Unversitas Airlangga.

Taufik, Mulyana, dan F S Mumpuni. 2014. Inventarisasi Parasit Pada Ikan Tongkol (Auxisthazard) Di Perairan Teluk Muara Baru, Jakarta Utara. Jurnal Pertanian ISSN 2087‐4936 Volume 5 (2).

Taufik T F, Soleha T U, Wulan A J, Ramadhian M R. 2017. Idenifikasi Bakteri Coliform Pada Salmon Mentah Dalam Sajian Sushi di Restoran Jepang di Bandar Lampung. Jurnal Medula Volume 7 (5).

Yani F. I. & Susaniati, W. 2017. Infeksi parasit anisakis pada ikan tuna dan cakalang di perairan selat Makassar. Jurnal Galung Tropika. ISSN 2407-6279. Hlmn. 198 – 205. Vol 6 (3)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.10544

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :