Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Sistem Ekskresi dengan Metode Praktikum

Surya Fuji Rahayu, Maria Ulfah, Ferina Agustini, Yustina Kusumawati

Sari


Materi sistem ekskresi merupakan materi yang bersifat kontekstual dan abstrak. Praktikum dapat memberikan gambaran yang kongkrit tentang suatu peristiwa dan melalui kegiaan praktikum siswa dapat mengembangkan pemikiran mereka secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif peserta didik dengan metode praktikum. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang berbasis pada permasalahan dari kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H  SMP Negeri 6 Semarang yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukan dengan penggunaan metode praktikum dapat meningkatkan kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi hal ini dibuktikan dengan hasil nilai kognitif peserta didik menunjukan adanya peningkatan nilai kognitif pada pembelajaran siklus 1 yaitu 8,64% dan peningkatan nilai pada siklus II dan III sebesar 16,31%.

Referensi


Amisyah, S., & Nurmaliah, C. (2015). Upaya peningkatan hasil belajar kognitif melalui model problem based learning. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 1(2), 87-92.

Amyani, E. S., Ansori, I., & Irawati, S. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15-20.

Dewi, A. P. (2021). Penggunaan Slide Interaktif Pada Pembelajaran Daring Materi Substansi Genetik Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 55-61.

Ekawati, Y., Sunarno, W., & Cari, C. (2017). Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa SMK Kelas X Pada Materi Sifat Mekanik Bahan. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 17-28.

Hidayati, N. S., Didik, L. A., & Yahdi, Y. (2021). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Pelajaran Fisika Topik Getaran Dan Gelombang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Xi Sman 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2018/2019. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 34-38.

Nurhuda, A. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pudak Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Nurningsih, D., & Musthofa, R. M. (2017, May). Pengaruh Intensitas Pembelajaran melalui Praktikum dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Plantae dan Animalia Kelas X SMA. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 589-596).

Liu, ANAMM, & Ilyas, I. (2020). Pengaruh pembelajaran online berbasis zoom cloud meeting terhadap hasil belajar mahasiswa fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK) , 6 (1), 34-38.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81-88.

PTK, M. D. Penggunaan Metode Diskusi Dan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Saintifik Materi Fluida Dinamis Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA N 4 Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.11053

Refbacks



##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :