Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi dengan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning di SMAN 2 Cikarang Utara

Nur Widhi Hastuti, Supardi U.S

Sari


Latar belakang penelitian ini didasari oleh rasa keprihatinan terhadap permasalahan yang sering muncul adalah kurangnya model pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini membuat siswa mengalami kecenderungan belajar yang pasif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar dan prestasi belajar yang diperoleh masing-masing siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan cara efektif dalam memilih model pembelajaran seperti model pembelajaran Inquiry Based Learning. Model pembelajaran Inquiry mampu melatih siswa untuk dapat mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berpikir dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan atas dasar rasa ingin tahu mereka sendiri sehingga mereka dapat menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dilakukan suatu penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar dengan model pembelajaran Inquiry Based Learning dalam proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Biologi di kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 2 Cikarang Utara. Adapun instumen yang digunakan yaitu berupa test kognitif yang telah melalui tahapan judgement, validitas, realibiltas dengan mengacu pada tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Dan hasil yang dicapai dari penelitian ini menunjukan suatu peningkatan prestasi belajar siswa dalam pengetahuan dan keterampilan setelah diterapkannya model pembelajaran Inquiry Based Learning.

Referensi


Anam, K. 2016. Pembelajaran berbasis inkuiri: Metode dan aplikasi (Cet.ke-2). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Ardila, C. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Duran, M., & Dökme, İ. 2016. The effect of the inquiry-based learning approach on student’s critical thinking skills. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 12(12), 2887-2908.

Gulo, Joyce. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.1(1), 32-36.

Juniati, N.W.,& Widiana, I.W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(1), 20-29.

Mayasari,R., & Adawiyah, R. 2016. Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMA. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia). 1(3).

Nurhadi, dkk. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Gambar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal: Universitas Negeri Surabaya.

Purnomo,L.B. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. 2 (1), 45-57.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Suratno,J., Abdulah, I. 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal pengajaran MIPA. Vol. 20 No.2.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.

Trianto, Al-tabani. 2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.

Wiyoko,T.,& Astuti, N. 2020. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 5(1), 68-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.11121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :