Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi dengan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning di SMAN 2 Cikarang Utara
Sari
Teks Lengkap:
Halaman 128-135 (Download PDF)Referensi
Anam, K. 2016. Pembelajaran berbasis inkuiri: Metode dan aplikasi (Cet.ke-2). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Ardila, C. 2013. Hubungan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Duran, M., & Dökme, İ. 2016. The effect of the inquiry-based learning approach on student’s critical thinking skills. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 12(12), 2887-2908.
Gulo, Joyce. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.1(1), 32-36.
Juniati, N.W.,& Widiana, I.W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(1), 20-29.
Mayasari,R., & Adawiyah, R. 2016. Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMA. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia). 1(3).
Nurhadi, dkk. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Gambar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal: Universitas Negeri Surabaya.
Purnomo,L.B. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKRO 3 SMKN 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. 2 (1), 45-57.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Suratno,J., Abdulah, I. 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal pengajaran MIPA. Vol. 20 No.2.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.
Trianto, Al-tabani. 2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.
Wiyoko,T.,& Astuti, N. 2020. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 5(1), 68-76.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.11121
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :