Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Melalui Teknik Tebak Kata Pada Materi Pembelahan Sel Kelas XII IPA 2 Di SMA Negeri 3 Cikampek
Sari
Teks Lengkap:
halaman 142-149 (Download PDF)Referensi
Ali, M. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Alben sindo.
Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Asrial, dkk. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, And Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30–41.
Aspini. (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 72–79.
Dani, M. 2008. Pembelajaran Interaktif dan Aktraktif Berbasis Game dan Animasi untuk Pendidikan Dasar Dan Menengah di Indonesia. Makalah ini disampaikan pada Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia. Jakarta: e-Indonesia Initiative.
Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Pedoman Khusus Pembelajaran Tuntas, Jakarta: Direktorat Dikmenum Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Penetapan SKBM dan Analisis Pencapaian Hasil SKBM, (Materi 3), Jakarta: DIT, Dikmenum Depdiknas.
Dinas Dikbud Jatim, 2002, Mekanisme dan Prosedur Pengembangan Pengujian Berbasis Kompetensi, Disajikan dalam Workshop KBK SMU Negeri/Swasta, Jawa Timur, Surabaya, Proyek Peningkatan Mutu, SMU Jawa Timur.
Kumalasari, M.P, & Kusumaningsih D.I (2022). Keterampilan Abadi 21 dalam Model-model Pembelajaran Berpendekatan STEAM pada RPP Tematik SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar.05(1);74-81.
Kurt Lewin dalam David Hopkins. 2011. A Teacher Guide To Classroom Research, edisi ke 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Krissandi,& Rusmawan.(2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013.Jurnal pendidikan Indonesia, 34(3), 457–467.
Mahtarami A & Irvansyah MN. 2010. Pengembangan Game Pembelajaran Otomata Finit. Makalah ini disampaikan pada Seminar Nasional Informatika, UPN “Veteran”. Yogyakarta 22 Mei 2010.
Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.
Praditya, D. (2019). Multimedia Pembelajaran Dengan Evaluasi Instructional Game Matematika Siswa Kelas VII Smplb-B Negeri 1 Buleleng. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 66–76.
Qumillaila,&Dkk. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1), 57–69.
Rohwati M. 2012. Penggunaan Education Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.1 (1):75- 81.
Sanjaya, W. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suharsini Arikunto, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.
Sutopo, 1988. Pengantar Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar Teoritis dan Praktis, Surakarta: Pusat Penelitian Universitas Sebelas Maret.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1994, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Jakarta: PN Balai Pustaka.
Yulmaini & Septina, N. 2008. Perangkat Pem- belajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Umum (SMU). Makalah ini disampaikan pada Seminar Nasional Informatika, UPN “Veteran”, Yogyakarta.
Zubaidah,S. 2002. Beberapa alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman terhadap istilah atau konsep Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.9(1):23-24.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.11161
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :