Pengembangan Booklet Inventarisasi Pteridophyta Hutan Ranyai Tengah sebagai Sumber Belajar Biologi di SMAN 01 Seberuang

Kristina Fitria, Ivan Eldes Dafrita, Mustika Sari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan booklet inventarisasi tumbuhan paku sebagai sumber belajar sub materi Pteridophyta di SMAN 01 Seberuang yang teruji kevalidan, kepraktisan, dan keefetifannya. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan rancangan penelitian ADDIE dengan langkah-langkah yaitu; (1) analisis (analyze), (2) perencanaan (design), (3) pengembangan (depelovment), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini ada 3 validator subjek pengembangan dan 30 subjek penelitian. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah validasi, angket, dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Paku Di Hutan Kawasan Dusun Ranyai Tengah yaitu; (1) Tingkat kevalidan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Paku Di Hutan Kawasan Dusun Ranyai Tengah diperoleh hasil 83,10% dengan kriteria valid, (2) Tingkat kepraktisan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Paku Di Hutan Kawasan Dusun Ranyai Tengah diperoleh hasil 82,66% dengan kriteria sangat praktis, (3) Tingkat keefektifan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Paku Di Hutan Kawasan Dusun Ranyai Tengah diperoleh hasil nilai rata-rata siswa 80 dengan presentase 76,67% dengan kriteria efektif.

Referensi


Ambarwati, S. A. (2015). Keefektifan Pendekatan Saintifik Berbantuan Booklet Higher Order Thinking Skill Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Doctoral Dissertation. Universitas Negeri Semarang.

Andriyani, Putri., dkk. (2019). Pemanfaatan Tumbuhan Sebagai Zat Aditif Makanan Oleh Masyarakat Desa Rasau Jaya Umum Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA. Vol 10, No 1 (2019) h.74-87. Pontianak. Program Stusi Pendidikan Kimia, Universitas Tanjungpura.

Bdiwi, R., De Runz, C., Faiz, S., & Cherif, A. A. (2019). Smart Learning Environment: Teacher’s role in assessing classroom attention. Research in Learning Technology. 27, 1–14.

Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Ernawati, Lilis. (2017). Booklet Jenis-Jenis Tumbuhan Paku Dikawasan Hutan Pinus Imogiri Bantul Sebagai Sumber Belajar. Skripsi. Yogyakarta. UIN SUNA KALIJAGA.

Jihad., dan Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Jumiati Dyah, P.I. (2021). Pemanfaatan Lumut (Bryophyta) Di Kawasan Daerah Aliran Sungai Kabura-Burana Sebagai Sumber Belajar Bio. Jurnal Edukasi Cendikia. Volume 5 Issue 2. Universitas Muhammadiyah Buton.

Kusumaningrum, R.W. (2020) Pengembangan bahan ajar dengan model Project Based Learning - STEM (PjBL - STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA materi gerak melingkar beraturan / Rahma Widya Kusumaningrum. Diploma Thesis. Universitas Negeri Malang.

Lestari dan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Muswita, dkk. (2020). Pengembangan Booklet Tumbuhan Paku di Taman Hutan Raya Sultan Thaha Syaifuddin Sebagai Bahan Pengayaan Mata Kuliah Taksonomi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.6 No.1. Hal 58-75.

Novianti, K. (2021). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Tumbuhan Bawah (Semak dan Herbal) Di Hutan Pinus Pasekan Wonogiri Sebagai Sumber Belajar Biologi. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saputro, R., dan Sri, U. (2020). Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang. Jurnal Bioma. 22(1), 53-58.

Yuslinawari., dkk. (2021). Kajian Identifikasi Jenis Flora Dan Kelimpahannya Di Lahan Penetapan Taman Keanekaragaman Hayati Kalurahan Karangasem, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul. Jopfe Journal. Vol 1 No 1. Hal. 34-42. Yogyakarta. Institut Pertanian.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.11311

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :