Pengaruh PjBL pada Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keberhasilan Belajar Ditinjau dari Aspek Produk secara Holistik

Agustina Adhi Suryani, Eny Hartadiyati, Atip Nurwahyunani, Ely Murniati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap keberhasilan belajar peserta didik ditinjau dari aspek produk secara holistik pada sub materi daur ulang limbah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dalam bentuk one group post only design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling berdasarkan rekomendasi dari guru biologi dan diperoleh sampel kelas X-1 yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa rubrik penilaian keterampilan meliputi aspek proses dan produk. Indikator penilaian proses meliputi kemampuan perencanaan, kelengkapan alat dan bahan, serta proses pembuatan produk. Dan penilaian produk mencakup keterselesaian produk, kesesuaian desain dengan hasil, kebermanfaatan produk, pemanfaatan limbah, dan kreativitas produk yang dibuat. Hasil penilaian keterampilan menunjukkan peserta didik mampu mewujudkan keberhasilan belajar pada aspek proses minimal 89% baik. Sementara itu, secara klasikal persentase rata-rata nilai kelompok-kelompok tersebut adalah 91% yang menunjukkan bahwa keberhasilan belajar peserta didik pada aspek produk dapat dikategorikan dalam tingkat baik.Kata kunci: keberhasilan belajar, pembelajaran diferensiasi, penilaian produk secara holistik, PjBL

Referensi


Ansori, A. Z. (2017). Teknik penilaian proyek dalam pembelajaran biologi di madrasah aliyah. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 1-10.

Archbald, D. (1991). Authentic assessment: what it means and how it can help schools. Madison, WI: National Center for Effective Schools Research and Development, University of Wisconsin.

Bronfenbrenner, U. (2019). The context of development and the development of context In Developmental psychology. Routledge

Cahyasari, V.D., & Hartadiyati, E. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantu virtual laboratory terhadap peningkatan berfikir kreatif dan pemahaman konsep materi eubacteria di sma negeri 8 semarang. Jurnal Bioma, 5(1), 61-74.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif progresivisme pada mata pelajaran ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Hamad, K. A. (2020). The impact of using effective differentiation strategies on students' learning: a case study of an elementary school in dubai. BSpace The British University in Dubai (BUiD) Digital Repository.

Irman, S., & Waskito, W. (2020). Validasi modul berbasis project based learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269.

Jalaluddin & Idi, A. (2012). Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated learning for students with special needs in inclusive schools. 382(Icet), 678–681.

Pan, G., Shankararaman, V., Koh, K., & Gan, S. (2021). Students’ evaluation of teaching in the project-based learning programme: An instrument and a development process. The International Journal of Management Education, 19(2).

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran simulasi digital untuk siswa kelas x studi kasus di smk negeri 2 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 184–197.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.11777

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :