Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Pembelajaran Biologi Berdiferensiasi yang Menerapkan E-PjBL Berbantuan Media H5P

Ika Sukmawati, Setiyo Prajoko, Muhammad Radian Nur Alamsyah

Sari


Pembelajaran pada masa pandemi banyak mengalami kendala, salah satunya adalah menurunnya hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, perlu diterapkannya model pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran diferensiasi berbasis E-PjBL berbantuan H5P terhadap pemahaman konsep dan kreativitas mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2021, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 35 mahasiswa. Sampel ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Rata-rata hasil post-test kelas eksperimen sebesar 74,72 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 62,88. Selain itu berdasarkan uji nilai N-Gain diketahui bahwa kelas eksperimen mempunyai nilai lebih tinggi yaitu 0,52 dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan hasil uji lanjutan dengan uji prasyarat non parametrik menunjukkan nilai p-value kelas eksperimen sebesar 0,00. Jadi dapat disimpulkan pembelajaran diferensiasi berbasis E-PjBL dengan bantuan media H5P efektif dan efisien dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas mahasiswa.

Referensi


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students' Perspectives. Online Submission, 2(1), 45-51. https://doi.org/10.33902/JPSP.2020261309

Amali, L. N., Kadir, N. T., & Latief, M. (2019, November). Development of e-learning content with H5P and iSpring features. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012019). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012019

Atmajaya, B. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek yang Difasilitasi dengan E-learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3), 72-85.

Darajat, O. Z. (2022). Problematika siswa dalam pembelajaran daring pengaruhnya terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Plus Bandung Timur (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Greenstein, Laura. (2012). Assessing 21st Century Skills : A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: A SAGE Company.

Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological impacts of students on online learning during the pandemic COVID-19. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 7(1), 53-60. https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389

Jauhariyyah, F. R. A., Suwono, H., & Ibrohim, I. (2017). Science, technology, engineering and mathematics project based learning (STEM-PjBL) pada pembelajaran sains. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Martin, F., & Bolliger, D. U. (2018). Engagement matters: Student perceptions on the importance of engagement strategies in the online learning environment. Online Learning, 22(1), 205-222. https://doi.org/10.24059/olj.v22i1.1092

Mirawati, I., Mahameruaji, J. N., & Trulline, P. (2020). Indonesian Student's Perception of Online Learning Activities in the Time of Pandemic. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(1), 3645-3652.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah, 4(1), 49-56. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Puspitasari, V., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education And Development, 8(4), 310-310.

Reyna, J., Hanham, J., & Todd, B. (2020, June). Flipping the classroom in first-year science students using H5P modules. In EdMedia+ Innovate Learning (pp. 1077-1083). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suhendri, H., & Ningsih, R. (2018). Peranan Ketahanmalangan dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2982

Surahman, E. (2020, October). Student Satisfaction toward Quality of Online Learning in Indonesian Higher Education During the Covid-19 Pandemic. In 2020 6th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 120-125). IEEE. https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276630

Utari, D. A., Miftachudin, M., Puspandari, L. E., Erawati, I., & Cahyaningati, D. (2022). PEMANFAATAN H5P DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ONLINE INTERAKTIF. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 63-69. https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.14896

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i2.12235

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :