Pengaruh Penggunaan Video terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh di SMA Negeri 13 Samarinda

Fauzan Azimah Febriani, Herliani Herliani, Akhmad Akhmad

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 13 Samarinda Kelas XI MIPA 1 dan Kelas XI MIPA 2 tahun ajaran 2022/2023, sampel yang digunakan sebanyak 70 siswa yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan pretest-posttest design. Data yang diperoleh diuji normalitas dengan menggunakan Kolmogrov-Smirnov Test dan diketahui bahwa data berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji homogenitas menggunakan Levene Statistik diketahui data bersifat homogen dan dilanjutkan uji Sampel t Test, hasil uji menunjukkan bahwa nilai Sig < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Referensi


Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618

Ambara, M., Adiarta, A., & Indrawan, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X Titl Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i1.20218

Fitriani, H., Samsuri, T., Rachmadiarti, F., & Raharjo, R. (2022). Characteristics of Evaluation-Process Biology Learning Tools Based on Conceptual Problem-Based Learning Models to Train Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 269–276. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1168

Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. 4(1).

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Khaedar, M., & Hs, E. F. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. 7(1). https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i1.6729

Khoiriyah, S., & Suprapto, N. (2021). Effectiveness of Comics to Train Students’ Critical Thinking Skills in Physics Learning: A Mini-Review. Studies in Learning and Teaching, 2(1), 5–15. https://doi.org/10.46627/silet.vi.49

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585

Kusumawati, E. A., & Karanganyar, Stik. M. H. (2023). The Influence Of Application Of Video Based Learning Media On Student Learning Outcomes. 5(2). https://doi.org/10.55352/mudir

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Putri, R. P. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. 4(1), 17.

Ramdhani, E. P., & Khoirunnisa, F. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. 6(1).

Rammadan, A. P., & Budiman, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Rawamerta Pada Materi Peluang. PRISMA, 11(1), 154. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2049

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Memecahkan Masalah.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i1.12765

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA