Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Budi Luhur Samarinda pada Pembelajaran Biologi

Sarmila Sarmila, Makrina Tindangen, Ruqoyyah Nasution

Sari


Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Budi Luhur Samarinda Pada Pembelajaran Biologi, Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Makrina Tindangen, M. Pd. Selaku dosen pembimbing I dan Ruqoyyah Nasution S. Pd. M. Pd. Selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar yang ada di SMA Budi Luhur Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kelas X yang berjumlah tiga kelas dan siswa yang berjumlah total 88 siswa. Teknik analisis data menggunakan presentase uji P. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu untuk indikator pembelajaran berbasis projek 74,90%, fokus materi essensial 72,50% dan fleksibilitas dan dukungan perangkat belajar 81,97%. Nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA Budi Luhur Samarinda menempati katagori baik untuk dilaksanakan dalam rangka memperbaiki sistem pembelajaran yang menjadikan proses belajar mengajar lebih baik.

Referensi


Aprima, D., dan Sasmita S. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 99.

Azziatun, N. Shalehah. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Model Project Based Learning di Satuan Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 21-22.

Hasyim, G. A., dkk. 2022. Penilaian Auntektik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5693.

Madhakomala., dkk. 2022. Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. Jurnal Pendidikan. 8(2),165.

Manongga, Anisa. 2021. Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: 3. Gorontalo. 25 November 2021: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Mery, Martono, Siti Hadijah. 2022. Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Pancasila. 2022. Jurnal Basicedu. 5(6), 7845-7846.

Nafi’ah, J., Dukan Jauhari, F., Siti Mutmainah. 2022. Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidayah. Jurnal Auladuna. 6(2), 76-77.

Nina, Miza Adlini, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, dkk. 2022. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Edumaspul. 6(1), 3.

Nur, Umi A.R. 2020. Pemananfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajara di Mimpundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Of Education Policy and Elementary Education Issue.1 (3), 19.

Rahmadhani, P., Dina Widya., Merika Setiawati. 2022. Dampak Transisi Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 1(4), 44.

Reza, M. A., dan Ageng S. 2022. Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 17(1), 45.

Rifa’I, M. A. Salma Samputri dan Siti Saenab. 2022. Pengaruh Kegiatan Praktikum Terhadap Kemampuan Prosedural Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA III.

Rusli, M. B. 2021. Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 4(1), 197.

Solehudin, D., Tedi Priatna., dan Qiqi Y. Z. 2022. Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu. 6(4), 7490.

Sufyadi, S., T. Y. Harjatanaya., P. Adiprima., M. R. Satria., A. Andiarti., & I. H. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsih, I., dkk. 2022. Analsis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(5), 8249.

Suryaman, M. 2020. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Yogyakarta: 21 Oktober 2020. Halaman 13.

Zahroul, C.F dan Rikzi Putri W. 2022. Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 12(3), 242.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i1.13070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :