Preliminary Research : Tahapan Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Media Video Animasi Sub Materi Makhluk Hidup Beraneka Ragam Kelas VII SMP/MTs Kota Pekanbaru

Mellisa Mellisa, Salshadilla Anthonia

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian analisis data awal kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk menentukan kebutuhan pengembangan media video animasi bagi guru dan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, kuesioner dan dokumentasi beserta dokumen-dokumen jurnal yang relevan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah 32 orang peserta didik dan 1 guru IPA. Hasil penelitian ini mendapatkan skor akhir senilai 61,16% dalam kategori “Tinggi” untuk angket peserta didik dan skor akhir senilai 71,4%  dalam kategori “Tinggi” untuk angket guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan media video animasi untuk pembelajaran. 

Referensi


Abdul, W. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 173–179.

Alfianti, A., Taufik, M., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 1–12.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Batlawi, N., & Hamid, F. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMP Negeri 3 Kota Ternate. JBES: Journal Of Biology Education And Sciencee.

Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.

Efanudin, F. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL Di Smk Krian 1 Sidoarjo. It-Edu, 2(02), 202–209. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22657.

Efendi, R. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Sma Negeri 4 Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 8(2), 1016–1021. https://doi.org/10.37061/jps.v8i2.12432

Evi Deliviana. (2017). APLIKASI POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANFAAT DAN PROBLEMATIKANYA.

Ikhwanus Shofa, M., Wayan Redhana, I., & Prima Juniartina, P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Argument Mapping. 3(April), 31–40

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf

Mayang Ayu Sunami, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/112

Mellisa, Sri Amnah, D. H. (2022). Pengembangan Media Poster Kultur Jaringan di FKIP Biologi UIR. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(1). https://doi.org/10.23960/jbt.v10i1.24224.

Mustofa, R. H., & Riyanti, H. (2019). Perkembangan e-learning sebagai inovasi pembelajaran di era digital [The development of e-learning as a learning innovation in the digital era]. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 379.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmayanti, L. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439.

Riyanto, R., & Susilawati, L. (2019). Penerapan Media Aurora Animasi 3D Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Biologi Ikip Budi Utomo Malang. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(01), 52–57. https://doi.org/10.33503/ebio.v4i01.438.

Rosyid Mahmudi, M., & Alena, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Video Animasi Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 53/VI Pasar Masurai II Kabupaten Merangin. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14632–14646

Setiowati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Daur Air Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 21–27

Sinta Mertasari, P., & Nyoman Ganing, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 288–298.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.

Tama, N. S., & Sumargiyani. (2022). Analisis kebutuhan siswa terhadap media video animasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 315–324.

Yayan Alpian, M.Pd., Sri Wulan Anggraeni, M.Pd., Unika Wiharti., N. M. S. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia, 1(2), 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i1.13397

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA