Penerapan Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Di SMA Negeri 5 Kota Langsa

herlina Wati Pohan, Elfrida Elfrida, Tri Mustika Sarjani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan Model Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 5 Kota Langsa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita bisa menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu Model Role Playing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan model role playing dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diterapkan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian melibatkan lembar observasi, pretest, dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan rumus N gain dan uji paired sample t-test.. Hasil belajar siswa rata-rata 0,57 dengan kategori sedang. Hasil uji paired sample t test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig < 0,05) sehingga H0 di tolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan penerapan model role playing menunjukkan bahwa terdapat keberhasilan peningkatan hasil belajar siswa setelah mengalami pembelajaran dengan menggunakan Model Role Playing. Kata Kunci : Role Playing, Hasil Belajar, Sistem Koordinasi

Referensi


Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan modul berbasis discovery learning pada materi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas xi ipa sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1): 34-46.

Basri, H. (2017). Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1): 38-53.

Hilala, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Marisa. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(2), 703-710.

Jazilah, N., Sukaesih, S., & Harini, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Saraf. Journal of Biology Education, 6(1), 110-118.

Mardiah, A. (2018). Penerapan Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 3 Gunung Meriah (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Mardiyan, R. (2012). Peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian pada siswa kelas xi ips 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan metode bermain peran (role playing). Pakar pendidikan, 10(2), 151-162.

Rosidha, A. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui model pembelajaran make and match berbasis media karu pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393-401.

Seftiyana, R. (2022). Efektivitas Model Efektivitas Model Pembelajaran CIRC Terhadap Lietrasi Siswa Kelas V SDN 2 Pematang Sari (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. edited by C. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i1.13887

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##



 
Jurnal ini terindeks :