Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Siswa Smas Budisatrya Pada Materi Ekosistem

Habibunnisa Habibunnisa, Kartika Manalu, Ummi Jayanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi ekosistem di SMAS Budisatrya. Jenis penelitian ni adalah quasi eksperimen dengan bentuk desain non equivalent control grup desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Budisatrya yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 71 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling terdiri dari dua kelas yaitu X2 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan X1 berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Hipotesis penelitian ini menggunakan uji  Independent sample t-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) pada data posttest dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada materi ekosistem siswa SMAS Budisatrya. Kata kunci: Project Based Learning, Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Ekosistem

Referensi


Ahmad, Fitria. 2016. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar Mengacu Kurikulum 2013. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Anderson. 2018. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aripin, Nugroho. 2018. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi : konsep, pembelajaran, dan soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Aulia, Firda. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.

Basmala. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Vidio Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPS. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Brookhart. 2010. How to Assess Higher Order Thinking Skills In Your Classroom. Amerika Serikat: Alexandria, Virginia USA.

Chatib, Munif. 2016. Orangtuanya manusia:Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.

Darmayoga. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Murid Kelas V SD N 1. 2(1), 41–50.

Djamaluddin, Ahda. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV Kaffah Learning Center.

Etika, Prasetyani. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Dalam Pelajaran Trigonometri Berbasis Masalah Di SMA Negeri 18 Pelembang.

Fauziah, Resti. 2017. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. 9(2), 165–178.

Gunawan. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Murid Kelas V SD.

Handayani. 2019. Keefektifan Project Based Learning (Pjbl) Bermuatan Etnosains. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hayati. 2016. Effektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan. 1(3), 468-474.

Herawati. 2018. Memahami Proses Belajar. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry. 4 (1).

Herdivizon. 2017. Metode Pembelajaran Rasulullah SAW. Jurnal Pendidikan Islam. 2 (2)101-24.

Hermala. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Biologi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Bandar Lampung.

Ikhsan. 2018. Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi. 6 (1), 193.

Khofifatin, & Yonata. 2013. Ketuntasan Belajar Siswa Dalam Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Gedangam Sidoarjo Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri. UNESA Journal of Chemical Education. 2(2), 51-56.

Kurniawan, Indrayanto. 2023. Mengembangkan Konsentrasi Anak Melalui Kegiatan Eksperimen Pencampuran Warna Di Paud Harapan Bunda Wita. Jawa Tengah: UIN Surakarta.

Lianah. 2015. Pengantar Ekologi Unity Of Sciences. Semarang: CV. Karya Abadi Jaya.

Maryati, Iyam. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Statistika Non Parametrik. Garut: Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan (STKIP).

Maryati, Sri. 2012. Biologi Dasar. Jakarta: Erlangga

Mailinda, Youla. 2021. Strategi Guru dalam Memahami Gaya Belajar Siswa. Jember: UIN Achmad Shiddiq.

Mufid, Sofyan Anwar. 2010. Ekologi Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muzana, 2021. E-STEM Project-based Learning in Teaching Science to Increase ICT Literacy and Problem Solving. 10(4), 1386–1394.

Rasyad,Aminuddin. 2006. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i2.13920

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA