Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Baamboozle Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA 2 Tenggarong Sebrang

Samuel Eka Nugraha, Zenia Lutfi Kurniawati, Sonja Verra Tinneke Lumowa, Dora Dayu Rahma Turista

Sari


Pembelajaran biologi saat ini memiliki masalah yang dimana ada beberapa siswa-siswi yang tidak menyukai mata pelajaran biologi disebabkan banyak hal baik dari murid, media, buku dan guru, yang di gunakan dalam pembelajaran biologi, permasalahan ini menyebabkan motivasi dan hasil belajar terpengaruh, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game based learning (GBL) berbantuan media Baamboozle terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA 2 Tenggarong Seberang. Penelitian menggunakan model penelitian quasi eksperimental, Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang selama Penelitian dilaksanakan dari bulan Februari-Mei 2024. Penelitian ini memberikan angket dan butir soal pre-test dan post-test.  didapat data hasil belajar yaitu pada kelas eksperimen rata-rata nilai 79,69. Kelas kontol 66,03, pada hasil angket motivasi diperoleh rata-rata dari kelas eksperimen 82,69 dan kelas kontrol 73,86, sehingga penerapan model pembelajaran Game based learning (GBL) berbantuan media baamboozle berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA 2 Negeri Tenggarong Seberang.

Referensi


Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. 2022. Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol. 8 No. 2, pp. 1553- 1560

Azizah, N., & Heffi, A. 2021. Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 4 No. 3, pp. 388 - 395.

Cahyono, D., D., Hamda, M., K., & Prahastiwi. E., D. 2022. Pemikiran Abraham maslow tentang motivasi dalam belajar. Jurnal pemikiran keislaman dan kemanusian. Vol. 6 No. 1, pp. 37-48.

Fauziah, R. R., Mustaji, & Nanik, S. 2019. The Effect of Models Problem Based Learning and Cooperation Skill on the Critical Thinking Ability in Grade IV Elementary School Student of MI AL-AZHAR Menganti Kab Gresik.. Jurnal Internasional Publikasi Ilmiah dan Penelitian. Vol. 9 No. 6, pp. 675 – 682.

Inayati, U. 2022. Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. International Conference on Islamic Education. Vol. 2 No. 1, pp. 293-304

Kesuma, I., N., A., A., Yoda, I., K., & Hidayat, S. 2021. Pengaruh model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar PJOK pada siswa smp. Jurnal Penjakora. Vol. 8 No. 1, pp. 62-70.

Latif, A., Rohmiyanti, W., Syafira, I., Wahiddatul, S., & Haryanto, A., D. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Game Edukasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGMI 2021. PP. 809-826.

Mariani, S. D., Dian A. L., Sukma, P. P.,& Agung S,. 2022. Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa SMP. Dialektika Pendidikan IPS, Vol. 2 No. 2, pp. 206 - 216.

Murti, M., Mudeing J., & Firdaus, R. 2023. Pengaruh Penerapan Metode Game based learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba. Jurnal Kependidikan Media, Vol. 12 No. 3, pp. 132 – 141.

Pusparini, K., D., C., Suma, K., & Suswandi, I. 2020. Hubungan Motivasi Intrinsik, Persepsi Siswa, Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha. Vol. 10 No.1, PP. 12-23.

Putri, B. C., Febri, T. A. & Maria, M. M. 2022. Hubungan Antara Karakter Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Integrated Science Education Journal (ISEJ). Vol. 3 No. 2, pp. 46-50

Salsabila, A., & Puspitasari. 2020. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Vol. 2 No. 2, pp. 278-288.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk penelitian. In Bandung: Alfabeta.

Ully, S., A. & Dewi, I. P. 2022. Pengaruh Game-Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. Vol. 10 No. 4, pp. 79-87.

Wahida, Kholiq, A., & Arifin, M., T. 2023. Pengaruh aktivitas bermain Game online terhadap motivasi belajar peserta didik MAS Muhammadiyah Nangahure. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). Vol. 9 No. 1, pp. 63-71.

Wicaksono, D., & Iswan. Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas IV sekolah dasae Muhammadiyah 12 pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD. Vol. 3 No. 2, pp. 111-126.

Winaningsih, E., T., & Syarif, F. 2023. Konstruk Media Pembelajaran Baamboozle Pada SD Islam Sinar Cendekia. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah. Vol. 8 No.2, pp. 165-176.

Zelia, J. & Martha, A. 2024. Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas V SDN 6 Lalan kec. Lubuk tarok kab. Sijunjung. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter. Vol. 6 No. 1, pp. 82-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i2.15517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA