Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Sistem Gerak Manusia

wirdah Millatul hanifah, Efrida Prima Sari Tambunan, Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti

Sari


Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik  (LKPD) berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada  Materi Sistem Gerak Manusia. Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan LKPD berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada materi sistem gerak manusia menguji kevalidan, kepraktisan serta mengetahui keefektifan LKPD. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bintang Bayu. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI berjumlah 25 orang peserta didik. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil  validasi ahli materi diperoleh presentase rata-rata 84% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media diperoleh presentase rata-rata  98%  dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian respon pendidik diperoleh presentase rata-rata  90% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian respon peserta didik diperoleh presentase rata-rata 87,24% dengan kategori sangat praktis. Hasil belajar pada peserta didik terhadap penerapan LKPD berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dengan materi sistem gerak manusia mendapatkan hasil yang cukup efektif dengan nilai n-gain sebesar 0,61 dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 38,20. Berdasarkan hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan produk, maka LKPD berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Gerak Manusia yang dikembangkan valid (layak), praktis dan efektif digunakan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran Biologi Kata Kunci : LKPD berbasis Keterampilan Berpikir Kritis, R&D model ADDIE, Sistem Gerak Manusia 

Referensi


Afiruddin Ahmad. 2019, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 6 Nomor 1

Agnafia Nuzul D. 2019 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Florea Volume 6 Nomor 1

Ariana Rika.,Sri Aminarti., dan Hardiansyah. 2012. Validitas Lembar Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Regulasi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta,2010.

Fauzan Faza M.,Lusty Aman Nadir.,Susi Kustanti.,Suianti.,Siti Kamila.2022. Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil: Seberapa Efektifkah dalam Menimgkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA

Fauzi Azra.,Widia., dan Syaiful Islami. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Dengan Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 1. hlm 7

Fitriani Asih.,Meti Indowati.,dan Puguh Kuryanto 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Accelerated Learning Siswa Kelas X SMA Negeri Karanganyar. Semarang: FKIP UNS

Hidayat Fitria.,Nizar Muhammad. 2021. Model ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam Nomor 1 Volume 1

Fahriah 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Piture. Jurnal Sagacious Vol.3 Nomor.1

Irawan Ari.,Chatarina Febriyanti 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Nomor 1

Ismatullah,Kholida.,Ahmad Fathoni 2018. Pengembangan Software Fisika Berbasis Android Sebagai Media Belajar Pada Materi Asas Black. Jurnal Edumatic Volume 2 Nomor 2, hlm 115.

Lestari Sri.,Wijayanti. 2013. Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecakan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Sisa Pada Materi Kubus Dan Balok. Jurnal Pendidikan Matematika. Surabaya : UNESA

Maslakhatunni’mah, Dewi.,& Safitri, Budi.,& Agnafia. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP Ngawi : STKIP Modern

Mawar Dua Yuvince A, Ernaningsih Dian.,dan Syafriati Mira 2020. Pengembangan LKPD Berbasis Keteranpilan Berpikir Kritis Pada Materi Jamur. Jurnal BIOS Volume 1 Nomor 10

Prastika, Bayarti B, Safitri D, dan Azhar M. Efektivitas Penggunaan LKPD Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Tiga Level Resprentasi Teradap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of RESIDU Volume 3 ISSN 2598-8131

Pratama, Denny.,& Lestari, Wahyu. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. ISBN 978-60273403-2-9

Samosir Katrina., Simatupang Noviyanti 2022. Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistika. Volume 3 Nomor 1

Saputra & Kuntjoro. 2019. Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Bioedu. Vol 8 Nomor 2

Sugiyono.2016 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Susanti,Sari, 2016. Uji Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berorentasi Konstruktivisme Pada Materi Neurulasi Untuk Perkuliahan Perkembangan Hewan.. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat

Trimahesri.,Hardini Asri T. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realisti Mathematis Eduation. Thinking Skills and Creativity Journal. Volume 2 Nomor 2

Wahyuni 2019. Analisis Penerapan Metode Diskusi Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PPkn Kelas X. Pontianak: FKIP Untan Pontianak




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i2.15629

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA