Improving Students' Fluent and Flexible Thinking Skills through the Problem-Based Learning (PBL) Model Based on Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) in High School Biology Classes

Adun Rusyana, Adi Tri Nugraha, Feri Bakhtiar Rinaldi

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan berpikir lancar dan keterampilan berpikir luwes  siswa  masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model PBL  berbasis TPACK terhadap keterampilan berpikir lancar dan luwes  siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Subjek penelitian terdiri atas 25 siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalan One Group Pretest-Postest Design. Teknik pengolahan data dengan menggunakan aplikasi IBM Statistic SPSS-24 (test of normality, Chi-Square & One  Sample Test, Correlation) dan N-gain. Instrumen yang digunakan berupa  test essay yang  mengacu pada indikator keterampilan berpikir lancar dan keterampilan berpikir luwes. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa: (1) data keterampilan berpikir lancar lancar berdistribusi tidak normal  sedangkan data keterampilan berpikir luwes berdistribusi normal; (2) Asympt signifikansi kedua data <0,05; (3) N-gain kedua data <0,03; (4) koefisien korelasi kedua data (r)= 0,38; (5) Siswa laki-laki (rata-rata gain keterampilan berpikir lancar 12,6 & rata-rata gain keterampilan berpikir luwes 11); (6) Siswa perempuan  (rata-rata gain keterampilan berpikir lancar 10,8 & rata-rata gain keterampilan berpikir luwes 12,5). Simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Penerapan model PBL  berbasis TPACK berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir lancar dan luwes dengan kategori rendah; (2) Keterampilan berpikir lancar memiliki hubungan  positif dan signifikan dengan keterampilan berpikir luwes dengan tingkat hubungan rendah; (3) Laki-laki  lebih unggul dalam keterampilan berpikir lancar, sedangkan  perempuan  lebih unggul dalam keterampilan berpikir luwes. Implikasi dalam penelitian ini adalah: (1) perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi model pembelajaran PBL berbasis TPACK dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar dan luwes; (2) Perlunya penyesuaian dalam desain model pembelajaran PBL berbasis TPACK dalam mengembangkan keterampilan berpikir lancar dan luwes; (3) perlunya pelatihan bagi guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran PBL berbasis TPACK  yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir lancar dan luwes bagi siswa; (4) Guru dan peneliti perlu berkolaborasi secara berkelanjutan untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman dalam  mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif;  (5) guru harus menyadari adanya keanekaragamn keterampilan berpikir peserta didik; (6) perlunya pemberdayaan pendidikan melalui berbagai pola; (7) perluya pendekatan individualisasi dalam proses pembelajaran.

Referensi


Agustina, M. (2018).”Problem Based Learning (PBL):Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa”. At-Ta’drib Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam .10 (2) [Online].Tersedia:

Armandita ( 2017) “ Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10 (2). [Online] Tersedia: Https: //Journal. Uny.Ac.Id [ 10 Juli 2022] [10 Novmeber 2022]

Asriadi &Istiyono (2020). “Exploration of Creative Thinking Skills of Students in Physics Learning” [Online] tersedia:https://scholar.google.co.id/scholar?q=Asriadi+Istiyono+(2020).+%E2%80%9C Exploration+of+ Creative+Thinking+Skills+of+Students+in+Physics+Learning%E2%80%9D&hl=id&as_

Baer, J & Kaufman, J.C (2008). Gender Differences in Creativity. Journal Of Creative Behavior, Volume42, Issue2 June 2008 Pages 75-10; [Online] Tersedia: https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.2008.tb01289.x

Barak, M. & Levenberg, A (2016). “Flexible Thinking in Learning: An Individual Differences Measure for Learning in Technology-Enhanced Environments”Computers & Education. [Online].Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/301250870_Flexible_Thinking_in_Learning_An_Individual_Differences_Measure_for_Learning_in_Technology-Enhanced_Environments [12 Juli 2022]

De Bono, E (1970) Lateral Thinking-A Textbook Creativity. England: Pengin Books [Online]. Tersedia: ; https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/34623410/Lateral_thinking-libre.pdf?1409804461=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DL_AT_ERAL_T_HINKING.pdf&Expires=1721469198&Signature=XQRIA7afhFI75TL2msZzk3WQNlV3ie5Hq-INmfksKXiKMCszbJdbaaIJpCix6Yz6m1Vec6~pj~4iPm6iw0~xfuvGVY84mBqaiKKdmpfVhU0QkkxOl9ZALq3CrZQE589wbw48BubX62PAIabL2ek7vPVrHWGm2naNyFcjff1M97t0-z8v9dXuKjhIi9L43E1~7wv~~2SHpUFEX0nz4LLjL8Ck0IBL~nMrtthz~tKjhYzQYuM6YlxJ2WMpM4M~zWfaxpQzU-fsJrwZFtXg26ykcgtMuwX4bwdpUcj3ygOUTIpqmXiBnfhUQmK6xl6X9Ll4dnIkpQ598O2HjHf1NBQOew__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Febriana, dkk. (2022). “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. [Online]. Tersedia: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID [1 Agustus 2022]

Guilford , J.P. (1967). Creativity: Yesterday, Today, Tomorrow. [Online] Tersedia:

https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.1967.tb00002.x

Haerunisa, Dkk (2021) “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Tema Air Dan Pelestarian Lingkungan” Jurnal Pendidikan Edumaspul, 5 (1) 299-308. Tersedia:Https://Ummaspul.E-Jounal.Id.[14 Desember 2022]

Handayani dan koeswanti. (2021). “Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif”. Jurnal Basicedu 5 (3) {Online].Tersedia: https://jbasic.org/index.php/basicedu/issue/view/15 [23 Januari 2023]

Herdiawan, dkk. (2019). “Penerpan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Koloid” [Online].Tersedia: https://repository.unja.ac.id/27061/2/BAB%20I1.pdf [4 Agustus 2023]

Hidayani, dkk. (2020). “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Si Tanjungpinang Dalam Merespon Isu Pencemaran Lingkungan”. J. Pedagogi Hayati 4 (1) [Online] Tersedia: https://ojs.umrah.ac.id/index.php/pedagogihayati [21 Juli 2022]

https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110 [2 Mei 2022]

Intell J. (2020). “Is Flexibility More than Fluency and Originality?” MDPI. 10(4), 96, [Online] Tersedia: https://doi.org/10.3390/jintelligence10040096 [5 November 2023]

Jupri, dkk. (2019) “KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA YANG DIAJAR DENGAN MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR”. Bivalen Chemichal Stdies Journal P-ISSN: 2615-8418; E-ISSN: 2615-8426 Vol. 2 (1).[Online] Tersedia: http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bivalen [4 Mei 2022]

Karakelle S (2009). “Enhancing fluent and flexible thinikin trough the creative drama proses” Thinking Skill and Creativity. 4(2): 124-129 [Online] Tersedia: researchgate.net/publication/223086422_Enhancing_fluent_and_flexible_thinking_through_the_creative_drama_process [ 5 November 2023]

Lestari, W.M. ( 2023) “ Pengembangan Media Pembelajaran MIPA Karakteristik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa “ Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar p-ISSN: 2477-4855, e-ISSN: 2549-9149, 9 (1). [Online] Teredia: https://e.journal.hamzadwadi.ac.id. [15 Maret 2022]

Malau, dkk ( 2021 ) “Analisis Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL)” Jurnal Fibonaci, e-ISSN 2746-3656, 2 (2) hal: 1-11. [Online]Tersedia: https://doi.org/10.24114/jfi.v2i [7 Maret 2023]

Maulidya, SR.,Hasanah, Retnowati, E (2017), “Can Goal-Free Problems Facilitating Students’ Flexible Thinking?” The 4th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science (4th ICRIEMS) AIP Conf. Proc. 1868, 050001-1–050001-6; doi: 10.1063/1.4995128 Published by AIP Publishing. 978-0-7354-1548-5/$30.00.[Online]. Tersedia: https://staffnew.uny.ac.id/upload/132299856/penelitian/10.%202017%20Maulidya%20Hasanah%20Retnowati%20Goal%20Free%20AIP.pdf [3 November 2023]

Mursidik, dkk. (2015). “Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar” Journal Pedagogia ISSN 2089 -3833, 4 (1). [Online] Tersedia: website: www.journal.umsida.ac.id [2 Februari 2022]

Patricia, N. Sumarni,W. Mursit, S(2022)”Analysis of Students' Critical and Creative Thinking Skills on the Application of A Problem-Based Learning Model Contained with EtnoScience (Etno-PBL)”. International Journal of Active Learning, 7 (1) 77-85, [Online]Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal [6 Agustus 2023]

Putra, dkk (2016) . “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016” Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742).l 13(1). [Online] Tersedia: https://media.neliti.com [28 Agustus 2022]

Qomariyah, Dkk. (2021). “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya” Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. e-ISSN: 2252-7710 Vol. 9 (2) Hal. 242-246. [Online] Tersedia: Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Pensa/Index [2 September 2022]

Rahayu, dkk. (2019). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Luwes Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Open Time”.Prosiding Seminar Nasional Penelitin & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019.

Rusyana, A. 2014. Keterampilan Berpikir Kreatif. Yogyakarta. Penerbit Ombak.

sdt=0&as_vis=1&oi=scholart [15 Mei 2022]

Silvia, P. J. (2008). Creativity and intelligence revisited: A reanalysis of Wallach and Kogan (1965). Creativity Research Journal, 20, 34-39. Made available courtesy of Taylor and Francis (Routledge). [Online]. Tersedia: http://www.informaworld.com/openurl?genre=journal&issn=1040-0419

Suparman dan Husen (2015). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal BIOeduKASI. 3, (2) [Online]. Tersedia: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/issue/archive [1 November 2022]

Torrance, E. P. (1974). The Torrance Tests of Creative Thinking: Norms-Technical Manual. Princeton, NJ: Personal Press. [Online] Tersedia: https://www.scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=1974095

Trianggono (2017). “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika” Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) 3 (1).[Online] Tersedia: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/view/980/pdf [5 Maret 2022]

Yustina, W. Syafii, R.Vebrianto (2020). “The Effects Of Blended Learning And Project-Based Learning On Pre-Service Biology Teachers’ Creative Thinking Through Online Learning In The Covid-19 Pandemic”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 9 (3) 408-420.[Online]. Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii. [25 Maret 2022]




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v12i2.15947

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA