Studi Deskriptif: Kemampuan Metakognitif Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA
Sari
Teks Lengkap:
hal 58-63 (Download PDF)Referensi
Arifin, Z. (2019). Analisis kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran berbasis proyek pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 23-32.
Azevedo, R., & Aleven, V. (2013). Metacognition and learning technologies: An overview of current interdisciplinary research. International Handbook of Metacognition and Learning Technologies, 1-17. Springer.
Effendi, M. (2020). Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis metakognitif terhadap hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 120-135.
Effendi, M. (2020). Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis metakognitif terhadap hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 120-135.
Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive–developmental inquiry. American Psychologist, 34(10), 906-911.
Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310
Iskandar, S. (2014). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13-20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3
Kamelia, S. and Pujiastuti, H. (2020). Penerapan strategi pembelajaran metakognitif-scaffolding untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self regulated learning siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454
Lestari, T., Nurhasanah, Y., & Hernawan, A. (2022). Analisis kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar laboratorium upi cibiru. Jurnal Basicedu, 6(2), 2724-2737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2424
Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assessing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology, 19(4), 460-475.
Siagian, M., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of learning materials oriented on problem-based learning model to improve students’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2). https://doi.org/10.29333/iejme/5717
Tayeb, T. and Putri, A. (2017). Kemampuan metakognisi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas viii b mts madani alauddin paopao kabupaten gowa. Mapan, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a1
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.