Studi Deskriptif: Kemampuan Metakognitif Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA

Tesa Manisa, Abyan Tarjuman, Anggie Syalom, Tomi Tomi

Sari

Hasil pengamatan yang dilakukan di kelas VII SMPN 3 Sungai Kakap, diketahui jika siswa merasa kesulitan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami pada saat proses pembelajaran IPA. Hal ini menggambarkan jika kemampuan metakognisi siswa rendah. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan yakni angket kemampuan metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan metakognitif siswa di SMPN 3 Sungai Kakap tergolong sedang dengan rata-rata 70,8.

Teks Lengkap:

hal 58-63 (Download PDF)

Referensi

Arifin, Z. (2019). Analisis kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran berbasis proyek pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 23-32.

Azevedo, R., & Aleven, V. (2013). Metacognition and learning technologies: An overview of current interdisciplinary research. International Handbook of Metacognition and Learning Technologies, 1-17. Springer.

Effendi, M. (2020). Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis metakognitif terhadap hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 120-135.

Effendi, M. (2020). Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis metakognitif terhadap hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 120-135.

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive–developmental inquiry. American Psychologist, 34(10), 906-911.

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310

Iskandar, S. (2014). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13-20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3

Kamelia, S. and Pujiastuti, H. (2020). Penerapan strategi pembelajaran metakognitif-scaffolding untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self regulated learning siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454

Lestari, T., Nurhasanah, Y., & Hernawan, A. (2022). Analisis kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar laboratorium upi cibiru. Jurnal Basicedu, 6(2), 2724-2737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2424

Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assessing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology, 19(4), 460-475.

Siagian, M., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of learning materials oriented on problem-based learning model to improve students’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2). https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Tayeb, T. and Putri, A. (2017). Kemampuan metakognisi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas viii b mts madani alauddin paopao kabupaten gowa. Mapan, 5(1), 1-17. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.