Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Media Infografis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Muhammadiyah Langsa

may saroh, Marjanah Marjanah, Ayu Wahyuni

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan model Problem Based Learning (PBL) berbasis media infografis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest – posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Muhammadiyah Langsa yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 42 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling sensus/ sampling total terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X- 1 berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan teks objektif pilihan ganda sebanyak 25 soal untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi materi eksosistem. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t- test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan model pbl berbasis media infografis dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata yang didapat pada kelas eksperimen sebesar 82 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar sebesar 67 . Hasil penelitian nilai t hitung > t tabel atau 6,23 > 1,68 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga model Problem Based Learning berbasis media Infogrfis efektif untuk kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Langsa.

Teks Lengkap:

Hal 19-26 (Download PDF)

Referensi

Arifin, S., Abidin, N., & Al-Anshori, F. 2021. Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Desaian Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1), 65-78.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, E. N. N., & Suryaningsih, Y. 2023. Penggunaan Media Infografis (Canva) Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 5(5), 120-124.

Egabetha, A. Y. 2020. Interpersonal Skill: Upaya Peningkatan Sdm Unggul Dunia Pendidikan. Jurnal Administrasi Profesional, 1(2), 1-7.

Hamsi, M., & Rafiudin. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37-48.

Husen, A., Indriwati, S., & Lestari, U. 2017. Peningkatan Kemampuan Proses Sains Siswa SMA Melalui Implementasi Problem Based Learning Dipadu Think Pair Share. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 2(6), 853-860.

Mufti, M.B. 2016. Pembelajaran Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Media Infografis Pada Masyarakat Penambang Pasir dan Batu Di Desa Kalisumur Kecamatan Bumiayu Kabupate Brebes. In Prossiding Seminar Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Nafiah, K., & Purnomo, T. 2017. Validitas LKS Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekologi Untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 6(3).

Nurkhozainillah, S., &Nurzaelani, M. M. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 61-72.

Pramono, M. D. M., Nasution., Utami, W. S., & Segara, N. B. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Infografis Terhadap Kemampuan Interpersonal Skill Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(3), 13-24.

Puspita, S, A., & Handziko, R. 2018. Pengembangan LKPD Mobile Learning Guided Discovery Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Dasar Ekosistem Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 4(1), 83-97.

Ratnasari, D. 2022. Pengaruh Pembelajaran PBL Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Satya Widya, 38(2), 153-160.

Sianturi, R. 2022. Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama, 8(1), 386-397).

Sugiyono. 2019. Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Syamsidah, S., & Hamidah, S. H. 2017. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Depublish.

Zalukhu, Y., Nduru, M.S., Susanto, I., & Rezeki, N.S. 2023. Pengaruh Model Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Kinemaster Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Swasta Gajah Mada Medan. Jurnal Penelitian Fisikawan. 6(11), 71-84.

Zubaidah, S. 2019. Memberdayakan Kemampuan Abad Ke- 21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 1(2), 1-19.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.