Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Media Infografis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Muhammadiyah Langsa
Sari
Teks Lengkap:
Hal 19-26 (Download PDF)Referensi
Arifin, S., Abidin, N., & Al-Anshori, F. 2021. Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Desaian Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1), 65-78.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, E. N. N., & Suryaningsih, Y. 2023. Penggunaan Media Infografis (Canva) Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 5(5), 120-124.
Egabetha, A. Y. 2020. Interpersonal Skill: Upaya Peningkatan Sdm Unggul Dunia Pendidikan. Jurnal Administrasi Profesional, 1(2), 1-7.
Hamsi, M., & Rafiudin. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37-48.
Husen, A., Indriwati, S., & Lestari, U. 2017. Peningkatan Kemampuan Proses Sains Siswa SMA Melalui Implementasi Problem Based Learning Dipadu Think Pair Share. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 2(6), 853-860.
Mufti, M.B. 2016. Pembelajaran Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Media Infografis Pada Masyarakat Penambang Pasir dan Batu Di Desa Kalisumur Kecamatan Bumiayu Kabupate Brebes. In Prossiding Seminar Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Nafiah, K., & Purnomo, T. 2017. Validitas LKS Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekologi Untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 6(3).
Nurkhozainillah, S., &Nurzaelani, M. M. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 61-72.
Pramono, M. D. M., Nasution., Utami, W. S., & Segara, N. B. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Infografis Terhadap Kemampuan Interpersonal Skill Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(3), 13-24.
Puspita, S, A., & Handziko, R. 2018. Pengembangan LKPD Mobile Learning Guided Discovery Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Dasar Ekosistem Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 4(1), 83-97.
Ratnasari, D. 2022. Pengaruh Pembelajaran PBL Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Satya Widya, 38(2), 153-160.
Sianturi, R. 2022. Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama, 8(1), 386-397).
Sugiyono. 2019. Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Syamsidah, S., & Hamidah, S. H. 2017. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Depublish.
Zalukhu, Y., Nduru, M.S., Susanto, I., & Rezeki, N.S. 2023. Pengaruh Model Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Kinemaster Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Swasta Gajah Mada Medan. Jurnal Penelitian Fisikawan. 6(11), 71-84.
Zubaidah, S. 2019. Memberdayakan Kemampuan Abad Ke- 21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 1(2), 1-19.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.