Studi Awal Penggunaan Media Flashcard Berbasis QR-Code sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Islam Tirtayasa

Firly noning agreliya hutapea, Nurisa Ainulhaq, Gigin Ginanjar

Sari

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas wawancara sebagai metode untuk mengumpulkan informasi mengenai pengalaman siswa dan guru dalam proses pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami perspektif kedua kelompok terkait tantangan dan pencapaian yang dihadapi dalam lingkungan belajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media flashcard dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada wawancara mendalam terhadap siswa dan guru di sekolah-sekolah terpilih. Temuan penelitian mengungkapkan wawasan penting mengenai kesenjangan komunikasi, strategi pedagogis, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard secara signifikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dalam aspek motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan praktik pengajaran dan pembelajaran. Kata Kunci:Flascard, Qr-Code, Kasifikasi Makhluk Hidup, Media , Motivasi Belajar.

Teks Lengkap:

hal 8-18 (Download PDF)

Referensi

Antika, S., Lasari, Y. L., & Gustina, G. (2023). Dampak Perilaku Disruptif Siswa terhadap

Kekondusifan Kelas IV Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.12

Ataji, H. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Qr Code Technology pada Materi Sistem

Reproduksi Manusia dengan Terintegrasi Kepada Al-quran dan Hadits sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas XI Sman 1 Punggur. Bioedusiana, 4(2), 17–24. https://doi.org/10.34289/285231

Bano, J., Lorensius, L., & Dole, D. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Katolik

dalam Gerakan Literasi Sekolah Dasar di Sekolah Dasar Negeri 004 Datah Bilang Ulu Sekolah Tinggi Kateketik Pastoral Katolik ( STKPK ) Bina Insan Keuskupan Agung Menurut data statistik dari United Nations Educational Scientific and Cultural Organization Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengembangkan Gerakan. 1.

Dellia, P., Mutiatun, S., & Amil, A. J. (2022). Pengembangan Augmented Reality Museum

Cakraningrat Bangkalan Berbasis Qr-Code. Jurnal Teknoinfo, 16(2), 354. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1915

Fahira Arsyaf, Herlina Usman, Maryam Aunurrahim, & Sri Yulianingsih. (2022). Pengembangan

Media Pembelajaran e-Flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 349–357. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.756

Hartoto, M., Mulyono, D., & Syafutra, W. (2021). Pengembangan modul pembelajaran atletik

berbantuan QR code. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(1).6567

Hermansyah, S., Usman, M., & Hanafi, M. (2023). Pengunaan Flashcard Berbasis Digital Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 1, 235–246.

Hidayat, T., Nurdiawan, O., & Arie Wijaya, Y. (2023). Analisa Website Portal Informasi Sekolah

Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 740–746. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6559

Nurvitasari, M. W., & Mintohari. (2024). Pengembangan Media Game Ludo Berbasis Qr Code

“Lucode” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(3), 370–383.

Rahmayani, R., Anwar, R. B., & Vahlia, I. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis

Pendekatan Kontekstual Disertai Qr Code Pada Materi Logaritma. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4703

Rubiati, N., & Harahap, S. W. (2019). Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Qr Code Dengan

Bahasa Pemrograman Php Di Smkit Zunurain Aqila Zahra Di Pelintung. I N F O R M a T I K A, 11(1), 62. https://doi.org/10.36723/juri.v11i1.156

Surani, D., & Mifthahudin, M. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Mengajar Guru Berpengaruh

Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Smk Negeri 3 Kota Serang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 149. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1227

Turnip, H. A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pengembangan Dadu QR Code untuk Alternatif

Pengenalan Calistung Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4392–4404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2595

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.