Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Poster Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP IT Tadzkia Langsa

Nahdah Nabillah, Marjanah Marjanah, Raja Novi Ariska

Sari

Snowball Throwing merupakan sebutan lain dari pembelajaran melempar “bola salju”. Model Snowball Throwing menekankan proses pembelajaran berkelompok. Dengan konsep kelompok, model Snowball Throwing mampu membangun aktivitas serta keaktifan siswa melalui kegiatan menggulung dan melempar kertas “bola salju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Poster Infografis terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Di SMP IT Tadzkia. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Desaign dengan pendekatan kuantitaif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tipe One Group Pretest Posttest Desaign. Sampel pada penelitian diambil secara total dari populasi kelas VIII yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan berbentuk soal tes tertulis pilihan ganda berjumlah 20 pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Metode Analisis melihat pengaruh menggunakan Uji Hipotesis dengan uji Paired Sampel t-test. Diperoleh hasil penelitian adanya nilai rata-rata pretest siswa sebesar 55,83 dan nilai rata-rata posttest menggunakan model Snowball Throwing yaitu sebesar 82,22. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Paired Sampel t-test (α = 0,05) diperoleh thitung 9,542 dan ttabel 1,740 (9,542 > 1,740), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Teks Lengkap:

hal 47-57 (Download PDF)

Referensi

Akkas, A. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pelajaran IPA Kelas VI SDN 3 Maccorawalie.

Ardhillah, N. (2020). Penggunaan metode snowball throwing dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas vii-D SMP An Nur jakarta tahun pelajaran 2019/2020.

Arifin, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 1 Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindahan Tenaga (PSPT) di SMK Ma’arif 1 Wates.

Bera, L. (2020). PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn DI SD INPRES XX SOLOT. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 61–68. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2826

Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.

Dewiyaningsih, A. M., Saputra, H. J., & Widyaningrum, A. (2018). pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantu Media Wayang Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 01 Sidomulyo Kendal. Jurnal Guru Kita, 2(4), 57–64.

Elsera, R. M. (2019). Pengaruh Knowledge Management, Skill, dan Work Attitude Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank BRI Syariah Kantor Cabang Banyuwangi.

Fina, O. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SD Negeri 02 Nampirejo Kecamatan Batanghari (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Hafidz, M. Al, & Arifin, Z. (2017). Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 18(2), 162–176.

Irawan, D. A. (2018). Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kelas X TKR E Di SMK Ma’arif Salam (Vol. 3, Issue 2).

Juhji, J., Islam, U., Sultan, N., & Hasanuddin, M. (2019). Analyzing Madrasah Ibtidaiyah Teacher Candidates Skill of Technological Pedagogical Content Knowledge on Natural Science Learning. 6(1), 1–18. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3658

Lestari, S. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POGALAN. November, 7–12.

Mawardi, Fathiah, & Annas, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Pembelajaran Dasar Telekomunikasi. 6(1), 104–115.

Mayasari. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pad Siswa Kelas VIII-4 Di SMP PGRI 1 Ciputat.

Meinda, T. R. (2018). Skripsi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving Siswa Kelas Iv Min 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. In Skripsi.

Muhajir, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Murid Kelas V SDN No.90 To Cemba Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang (Vol. 3, Issue 2).

Santika, Kurniati, W., & Novianto, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah. Tarbiyah Jurnal:Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.34289/292828

Sari, N. P. (2023). Pengaruh Media Flash Start Liba (Lingkungan Indah, Bersih dan Asri) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDN 115 Rejang Lebong.

Siti, K. (2018). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pengumuman Di Kelas IV MIS Nur Hafizah Desa Sei Rotan Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Tahun Pelajaran 2017/2018. http://repository.uinsu.ac.id/5768/1/Skripsi Intan Sahara_pdf.pdf

Zasiroh, K. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di Min 4 Pringsewu.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.