Tinjauan Pustaka: Inovasi Bahan Ajar Ekosistem Melalui Pendekatan Potensi Lokal sebagai Solusi Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar
Sari
Teks Lengkap:
hal 64-79 (Download PDF)Referensi
Adriana, A., Sunandar, A., & Qurbaniah, M. (2024). Efektivitas Booklet Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati. BIODIK, 10(2), 138–144. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.32399
Afidah, U., Prayitno, B. A., & Sutarno, S. (2023). Development of Ecosystem-Based Material Modules Discovery Learning with Media QR Scanner HP to Increase Problem Solving Skill (Class X Mipa 5 SMA Batik 1 Surakarta). International Journal of Current Science Research and Review, 06(06), 3508–3516. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i6-43
Andarias, S. H., D, Y., & Ardyati, D. P. I. (2022). Potensi Tumbuhan Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.2166
Asmah, A., Nursalam, N., & Quraisy, H. (2022). Mengembangkan E-Module Berbasis Kearifan Lokal Didukung Aplikasi Flipbook Pengajaran Ips Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 112 Botto. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1063–1073. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6198
Bujuri, D. A., Ananda, N., Saputra, A. D., & Handayani, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 117–132. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.495
Bulkani, B., Fatchurahman, M., Adella, H., & Setiawan, M. A. (2022). Development of Animation Learning Media Based on Local Wisdom to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools. International Journal of Instruction, 15(1), 55–72. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a
Dewi, R. M. (2022). Student Activity Sheets based on Scientific and Problem Based Learning (PBL) in the Introduction to Microeconomics course: How and Why? Journal of Digital Learning and Education, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.52562/jdle.v2i1.275
Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Addie Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMA Kurikulum 2013. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5298
Fitrawahyudi, F., & Fadli, I. (2021). Toponim di Kabupaten Maros (Fokus: Terapan dalam Pendidikan Kearifan Lokal). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 684–691. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1430
Habellia, R. C., & Suyanta, S. (2021). PENGARUH WEB MODUL IPA TERINTEGRASI POTENSI LOKAL “EKOSISTEM PEGUNUNGAN DIENG” TERHADAP THINKING SKILL. EDUSAINS, 13(1), 56–63. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11087
Habiba, R., Ngabekti, S., &, & Indriyanti, D. R. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Hayati Di Kabupaten Jepara Sebagai Suplemen Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 620–635.
Haka, N. B., Ermalia, E., & Putra, F. G. (2021). E-Modul Ekosistem Kearifan Lokal Lampung Barat Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Kelas X SMA. Journal Of Biology Education, 4(2), 124. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.12085
Hasani, S. N., Yusuf, F. M., Katili, A. S., Dama, L., Hamidun, M. S., & Mamu, H. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Struktur Vegetasi Mangrove Pada Materi Ekosistem Kelas X Sekolah Menengah Atas. Didaktika: Jurnal Pendidikan, 13(001), 1197–1206. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1454
Iqbal, M., Dharmono, D., & Maulana Khalid Riefani. (2022). Validitas Buku Saku Malvaceae Di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Berbasis 3d Pageflip. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.40
Irwansyah. (2023). Literature Review Sebagai Metode Riset (1st ed.). CV. Amerta Media.
Kahar, A. P., & Fadhilah, R. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS POTENSI LOKAL, LITERASI LINGKUNGAN DAN SIKAP KONSERVASI. Pedagogi Hayati, 2(2), 21–32. https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.832
Khotimah, K., & Kuntjoro, S. (2019). Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X Sma. Bioedu, 8(2), 240–247.
Masihu, J. M., & Augustyn, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ekosistem Berbasis Potensi Lokal Di Maluku. BIODIK, 7(3), 133–143. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13250
Ningrum, T. Y. S., Habibi, H., & Azizah, L. F. (2023). Learning Cycle 7E Terintegrasi Potensi Lokal Ekosistem Mangrove Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Biodik, 9(4), 68–79. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/biodik.v9i4.20538
Pernantah, P. S., Rizka, M., Handrianto, C., & Syaputra, E. (2022). Inovasi Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Digital Flipbook Terintegrasi Local Wisdom Dalam Menunjang Perkuliahan Jarak Jauh. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 136–145. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.14886
Putri, S. K., Hasratuddin, H., & Syahputra, E. (2019). Development of Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education to Improve Students’ Spatial Ability and Motivation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/5729
Rahmadini, R., Marneli, D., Mardatillah, A., Delfita, R., & Syafitri, M. (2024). Efektifitas Modul Biologi Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbantuan Model Problem Based Learning (PBL). Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 4(2), 68. https://doi.org/10.31958/je.v4i2.13437
Rahmi, M., Nurhidayati, S., & Samsuri, T. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 685. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7692
Ramadani, I. (2025). Integrasi Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kajang dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 274–284. https://doi.org/10.35870/jpni.v6i1.1184
Ramdayani, S., Ainul, U. T., Patiung, D., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Handout Berbasis Potensi Lokal Materi Ekosistem Kelas X SMAN 14 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 68–79. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/al-ahya.v3i3.24003
Remindima, F. N. L., Al-Muhdhar, M. H. I., & Suhadi, S. (2024). Pengembangan E-Module Keanekaragaman Hayati Bermuatan Potensi Lokal Sumba Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan (JAS) untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa SMA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 12(2), 2145. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.13713
Reznani, N. S., Nurhayati, N., & Soetopo, S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MENYIMAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 79–94. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v21i1.36661
Rosvita, N. H., Soendjoto, M. A., & Zaini, M. (2020). KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR TUMBUHAN MANGROF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 171. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.9278
Safitri, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Biologi Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Asahan Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas X SMA/MA di SMAN 1 Pulau Rakyat [Universitas Islam Negeri Sumatra Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/21118/
Sakinah, S. B., Idrus, A. Al, & Syukur, A. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Ekosistem Mangrove Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Ekosistem di SMAN 1 Lembar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1245–1251. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1258
Sari, A., & Purnomo, T. (2023). The Development of Worksheet Based on Mind mapping in Ecosystem Materials to Improve The Student Learning Outcomes of Class X High School Student. BioEdu, 12(3), 695–706. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p694-705
Sari, H. D., Riandi, R., & Surtikanti, H. K. (2024). Bahan Ajar Digital Bermuatan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pada Materi Bioteknologi Konvensional. Jurnal Basicedu, 8(1), 263–276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6503
Sembiring, A. K., Ramadansur, R., & Akbar, M. A. (2024). Penguatan Pemahaman Siswa Tentang Biodiversitas di Indonesia Melalui Discovery learning dan Pengenalan Maskot Flora dan Fauna Daerah. BIODIK, 10(4), 579–588. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.36435
Sriyati, S., Ivana, A., & Pryandoko, D. (2021). Pengembangan Sumber belajar Biologi Berbasis Potensi lokal Dadiah untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 168–180. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783
Sriyati, S., Marsenda, P. H., & Hidayat, T. (2022). Pemanfaatan Kearifan Lokal Orang Rimba di Jambi Melalui Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 266–278. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23548
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). ALFABETA.
Syafruddin, A. B., Widarti, H. R., & Rokhim, D. A. (2024). DEVELOPMENT OF INSTAGRAM-BASED LEARNING MEDIA TO INCREASE STUDENTS LEARNING INTEREST IN ACID-BASE MATERIALS. Turkish Online Journal of Distance Education, 25(2), 228–245. https://doi.org/10.17718/tojde.1312770
Tarisna, M. M., Suma, K., & Wibawa, C. M. I. (2023). Efektifitas E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 276–287. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.62088
Triana, A., Anas, N., & Khairuna, K. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PENGENALAN FAUNA TERINTEGRITASI POTENSI LOKAL DIKAWASAN KONSERVASI TNGL (TAMAN NASIONAL GUNUNG LAUSER). Binomial, 6(2), 123–131. https://doi.org/10.46918/bn.v6i2.1837
Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156
Wulandari, M., Suratno, S., & Sofyan, S. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Plantae pada Mata Pelajaran Biologi SMA Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 767. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3290
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.