Tinjauan Pustaka: Inovasi Bahan Ajar Ekosistem Melalui Pendekatan Potensi Lokal sebagai Solusi Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar

Johanes Juan Yutama Putra Ie, Sri Kasmiyati, Vincentia Irene Meitiniarti, Elizabeth Betty Elok Kristiani

Sari

Inovasi bahan ajar berbasis potensi lokal di materi ekosistem merupakan salah satu bentuk upaya guru-guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X. Pengembangan bahan ajar merupakan topik yang banyak dikembangkan, namun untuk pemanfaatan potensi lokal belum banyak dilakukan. Maka, peneliti mengkaji artikel-artikel penelitian terkait pengembangan atau inovasi bahan ajar berbasis potensi lokal pada materi ekosistem pada peserta didik kelas X dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan bahan ajar berbasis potensi lokal dan pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis potensi lokal tersebut terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas X di materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode literature review terdiri dari lima tahapan. Artikel yang didapatkan ditabulasikan dalam tabel dengan poin yang mengkaji model pengembangan bahan ajar yang digunakan, dasar dilakukan pengembangan bahan ajar, jenis bahan ajar yang dikembangkan dan jenis potensi lokal yang dimanfaatkan, dan pengaruhnya terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik. Kajian artikel-artikel tersebut menjelaskan sebuah kebutuhan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis potensi lokal di materi ekosistem untuk meningkatkan pemahaman, hasil dan motivasi belajar pada peserta didik kelas X.  Faktor penyebab dari bahan ajar dapat mempengaruhi hasil dan motivasi belajar dikarenakan adanya potensi lokal sehingga peserta didik mudah memahami dan desain bahan ajar yang menarik.

Teks Lengkap:

hal 64-79 (Download PDF)

Referensi

Adriana, A., Sunandar, A., & Qurbaniah, M. (2024). Efektivitas Booklet Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati. BIODIK, 10(2), 138–144. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.32399

Afidah, U., Prayitno, B. A., & Sutarno, S. (2023). Development of Ecosystem-Based Material Modules Discovery Learning with Media QR Scanner HP to Increase Problem Solving Skill (Class X Mipa 5 SMA Batik 1 Surakarta). International Journal of Current Science Research and Review, 06(06), 3508–3516. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i6-43

Andarias, S. H., D, Y., & Ardyati, D. P. I. (2022). Potensi Tumbuhan Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(1), 1–6. https://doi.org/10.35326/jec.v6i1.2166

Asmah, A., Nursalam, N., & Quraisy, H. (2022). Mengembangkan E-Module Berbasis Kearifan Lokal Didukung Aplikasi Flipbook Pengajaran Ips Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 112 Botto. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1063–1073. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6198

Bujuri, D. A., Ananda, N., Saputra, A. D., & Handayani, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 117–132. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.495

Bulkani, B., Fatchurahman, M., Adella, H., & Setiawan, M. A. (2022). Development of Animation Learning Media Based on Local Wisdom to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools. International Journal of Instruction, 15(1), 55–72. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a

Dewi, R. M. (2022). Student Activity Sheets based on Scientific and Problem Based Learning (PBL) in the Introduction to Microeconomics course: How and Why? Journal of Digital Learning and Education, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.52562/jdle.v2i1.275

Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Addie Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMA Kurikulum 2013. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5298

Fitrawahyudi, F., & Fadli, I. (2021). Toponim di Kabupaten Maros (Fokus: Terapan dalam Pendidikan Kearifan Lokal). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 684–691. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1430

Habellia, R. C., & Suyanta, S. (2021). PENGARUH WEB MODUL IPA TERINTEGRASI POTENSI LOKAL “EKOSISTEM PEGUNUNGAN DIENG” TERHADAP THINKING SKILL. EDUSAINS, 13(1), 56–63. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11087

Habiba, R., Ngabekti, S., &, & Indriyanti, D. R. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Hayati Di Kabupaten Jepara Sebagai Suplemen Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 620–635.

Haka, N. B., Ermalia, E., & Putra, F. G. (2021). E-Modul Ekosistem Kearifan Lokal Lampung Barat Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Kelas X SMA. Journal Of Biology Education, 4(2), 124. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.12085

Hasani, S. N., Yusuf, F. M., Katili, A. S., Dama, L., Hamidun, M. S., & Mamu, H. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Struktur Vegetasi Mangrove Pada Materi Ekosistem Kelas X Sekolah Menengah Atas. Didaktika: Jurnal Pendidikan, 13(001), 1197–1206. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1454

Iqbal, M., Dharmono, D., & Maulana Khalid Riefani. (2022). Validitas Buku Saku Malvaceae Di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Berbasis 3d Pageflip. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.40

Irwansyah. (2023). Literature Review Sebagai Metode Riset (1st ed.). CV. Amerta Media.

Kahar, A. P., & Fadhilah, R. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS POTENSI LOKAL, LITERASI LINGKUNGAN DAN SIKAP KONSERVASI. Pedagogi Hayati, 2(2), 21–32. https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.832

Khotimah, K., & Kuntjoro, S. (2019). Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X Sma. Bioedu, 8(2), 240–247.

Masihu, J. M., & Augustyn, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ekosistem Berbasis Potensi Lokal Di Maluku. BIODIK, 7(3), 133–143. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13250

Ningrum, T. Y. S., Habibi, H., & Azizah, L. F. (2023). Learning Cycle 7E Terintegrasi Potensi Lokal Ekosistem Mangrove Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Biodik, 9(4), 68–79. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/biodik.v9i4.20538

Pernantah, P. S., Rizka, M., Handrianto, C., & Syaputra, E. (2022). Inovasi Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Digital Flipbook Terintegrasi Local Wisdom Dalam Menunjang Perkuliahan Jarak Jauh. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 136–145. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.14886

Putri, S. K., Hasratuddin, H., & Syahputra, E. (2019). Development of Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education to Improve Students’ Spatial Ability and Motivation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/5729

Rahmadini, R., Marneli, D., Mardatillah, A., Delfita, R., & Syafitri, M. (2024). Efektifitas Modul Biologi Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbantuan Model Problem Based Learning (PBL). Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 4(2), 68. https://doi.org/10.31958/je.v4i2.13437

Rahmi, M., Nurhidayati, S., & Samsuri, T. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 685. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7692

Ramadani, I. (2025). Integrasi Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kajang dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 274–284. https://doi.org/10.35870/jpni.v6i1.1184

Ramdayani, S., Ainul, U. T., Patiung, D., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Handout Berbasis Potensi Lokal Materi Ekosistem Kelas X SMAN 14 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 68–79. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/al-ahya.v3i3.24003

Remindima, F. N. L., Al-Muhdhar, M. H. I., & Suhadi, S. (2024). Pengembangan E-Module Keanekaragaman Hayati Bermuatan Potensi Lokal Sumba Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan (JAS) untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa SMA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 12(2), 2145. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i2.13713

Reznani, N. S., Nurhayati, N., & Soetopo, S. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MENYIMAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 79–94. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v21i1.36661

Rosvita, N. H., Soendjoto, M. A., & Zaini, M. (2020). KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR TUMBUHAN MANGROF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 171. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.9278

Safitri, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Biologi Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Asahan Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas X SMA/MA di SMAN 1 Pulau Rakyat [Universitas Islam Negeri Sumatra Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/21118/

Sakinah, S. B., Idrus, A. Al, & Syukur, A. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Ekosistem Mangrove Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Ekosistem di SMAN 1 Lembar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1245–1251. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1258

Sari, A., & Purnomo, T. (2023). The Development of Worksheet Based on Mind mapping in Ecosystem Materials to Improve The Student Learning Outcomes of Class X High School Student. BioEdu, 12(3), 695–706. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p694-705

Sari, H. D., Riandi, R., & Surtikanti, H. K. (2024). Bahan Ajar Digital Bermuatan Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pada Materi Bioteknologi Konvensional. Jurnal Basicedu, 8(1), 263–276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6503

Sembiring, A. K., Ramadansur, R., & Akbar, M. A. (2024). Penguatan Pemahaman Siswa Tentang Biodiversitas di Indonesia Melalui Discovery learning dan Pengenalan Maskot Flora dan Fauna Daerah. BIODIK, 10(4), 579–588. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.36435

Sriyati, S., Ivana, A., & Pryandoko, D. (2021). Pengembangan Sumber belajar Biologi Berbasis Potensi lokal Dadiah untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 168–180. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783

Sriyati, S., Marsenda, P. H., & Hidayat, T. (2022). Pemanfaatan Kearifan Lokal Orang Rimba di Jambi Melalui Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 266–278. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23548

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). ALFABETA.

Syafruddin, A. B., Widarti, H. R., & Rokhim, D. A. (2024). DEVELOPMENT OF INSTAGRAM-BASED LEARNING MEDIA TO INCREASE STUDENTS LEARNING INTEREST IN ACID-BASE MATERIALS. Turkish Online Journal of Distance Education, 25(2), 228–245. https://doi.org/10.17718/tojde.1312770

Tarisna, M. M., Suma, K., & Wibawa, C. M. I. (2023). Efektifitas E-LKPD Berbasis Project Based Learning pada Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 276–287. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.62088

Triana, A., Anas, N., & Khairuna, K. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PENGENALAN FAUNA TERINTEGRITASI POTENSI LOKAL DIKAWASAN KONSERVASI TNGL (TAMAN NASIONAL GUNUNG LAUSER). Binomial, 6(2), 123–131. https://doi.org/10.46918/bn.v6i2.1837

Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156

Wulandari, M., Suratno, S., & Sofyan, S. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Plantae pada Mata Pelajaran Biologi SMA Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 767. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3290

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.