Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Discovery dengan Memanfaatkan OLabs pada Submateri Fotosintesis untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa

Sri Handayani Astuti, Pipit Marianingsih, Rifki Survani

Sari

Pemanfaatan teknologi laboratorium virtual dapat memberikan pengalaman praktikum yang mendukung peningkatan keterampilan proses sains siswa. Akan tetapi, diperlukan panduan berupa E-LKPD agar eksperimen lebih terarah dan efektif dalam mengembangkan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis guided discovery dengan memanfaatkan OLabs pada submateri fotosintesis untuk melatih keterampilan proses sains siswa serta mengetahui kelayakannya berdasarkan validasi ahli, uji coba perorangan pada guru, dan uji coba kelompok kecil pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE, yang mencakup tahap analisis, desain, dan pengembangan sampai subtahap evaluasi formatif. Penelitian dilaksanakan pada Mei 2024–Mei 2025 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan SMAN 1 Cikeusal. Hasil validasi ahli materi menunjukkan skor 92% (sangat layak), sedangkan validasi ahli media memperoleh skor 95% (sangat layak), dengan uji reliabilitas memperoleh percentage agreement (PA) sebesar 93% (reliabel). Adapun hasil uji coba perorangan pada guru memperoleh skor 85% (sangat layak), sementara uji coba kelompok kecil pada siswa kelas XII IPA memperoleh skor 80% (layak). Berdasarkan hasil penelitian, E-LKPD berbasis guided discovery yang memanfaatkan OLabs termasuk dalam kategori sangat layak untuk dilanjutkan ke tahap implementasi sebagai bahan ajar untuk memahami konsep fotosintesis dan melatih keterampilan proses sains siswa.

Referensi

Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Pada Praktikum Biologi. Edusains, 13(1), 1–7.

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175.

Ariyani, R. D., Indrawati, & Mahardika, I. K. (2017). Model Pembelajaran Guided Discovery (GD) Disertai Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 397–403.

Astriani, D., Nurita, T., Rosdiana, L., Maulida, A. N., Hidayati, S. N., & Waliyyul, R. (2021). Student Worksheets Based on Virtual Labs: Efforts to Optimize Science Practicum in Pandemic Time. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 117–127.

Bahri, A., Saparuddin, & Hidayat, W. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa di Kabupaten Jeneponto. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 479–491.

Bhati, P., & Kumar, I. (2020). Role of library professionals in a pandemic situation like COVID-19. International Journal of Library and Information Studies, 10(2), 33–48.

Borich, G. D. (2016). Observation Skills for Effective Teaching: Research-Based Practice. New York: Routledge.

Fardila, I., Suhardi, E., & Wijaya, A. (2023). Bahan Ajar Elektronik Gaya dan Gerak Benda Menggunakan Flipbook. Didaktik:Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 2800–2807.

Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., Aldila, F. T., Ginting, A. A., Sehab, N. H., & Wulandari, M. (2021). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 173–179.

Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Bioedu, 10(3), 510–522.

Habsyi, R., Saleh, R. R. M., & Nur, I. M. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 1–18.

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381–389.

Hermana, A. H. D., Subekti, H., & Sabtiawan, W. B. (2022). Implementasi Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(2), 233–239.

Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, Di. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis of Science Process Skills in Senior High School Students. Universal Journal of Educational Research, 8(4), 15–22.

Kasturi, L. I., Istiningsih, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 116–122.

Lestari, Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. (2023). Review: Laboratorium untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1–10.

Lestari, R. P. (2018). Pengembangan Lkpd Berbantu Phet Simulation Berbasis STEM-PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muspikawijaya, Iswari, R. S., & Marianti, A. (2017). Analisis Kesulitan Peserta Didik SMA/MA Kabupaten Luwu Timur dalam Memahami Konsep pada Materi Metabolisme Sel. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 252–263.

OECD. (2023). PISA 2022 Results: Factsheets – Indonesia. Paris: OECD Publishing.

Rahmah, N., Iswadi, Asiah, Hasanuddin, & Syafrianti, D. (2021). Analisis Kendala Praktikum Biologi di Sekolah Menengah Atas. Biodik, 7(2), 169–178.

Rian, R. D., Hayati, U., & Dana, R. D. (2023). Analisis Usability Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online Dengan Metode Use Questionnaire. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 768–775.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jawa Barat: Alfabeta.

Rosdiani, D., & Erlin, E. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan Laboratorium IPA sebagai Sarana Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Metode Eksperimen. Bioed, 10(1), 25–34.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syazali, M., Rahmatih, A. N., & Nursaptini, N. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi SPADA UNRAM. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 103–112.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wulandari, I. A., Mu’min, M. B., & Firdaus, M. G. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis ( KBKr ) Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains. BioEdUIN, 11(1), 63–70.

Yola, S. F., & Kurniawati, D. (2023). Development of Guided Discovery Learning Voltaic Cell E-LKPD for Class XII SMA/MA Students. Journal of Educational Sciences, 7(1), 110–121.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.