Team Games Tournament and the Development of Critical Thinking Skills: A Literature Review
Sari
Teks Lengkap:
Hal. 147-153 (Download PDF)Referensi
Aisyah, S., Purbasari, I., & Ardianti, S. D. (2025). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media QUECAPAS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Indonesian Research Journal On Education, 5(2), 267-275.
Bustami, Y., Mirnawati, M., & Utami, Y. E. (2022). Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Studi Meta¬-Analisis Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(1), 30-40.
Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850-860.
Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834.
Hermawan, A., & Rahayu, T. S. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 467-475.
Khazanah, P. L., & Fanani, U. Z. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran TGT Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Tunggal Bahasa Mandarin Dengan Breakout Rooms Pada Kelas X BHS SMAN 1 Driyorejo. Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2).
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Mudzalifah, R., Herliani, H., Akhmad, A., & Jailani, J. (2025). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Wordwall (Gameshow Quiz) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMAN 14 Samarinda. Biocaster: Jurnal Kajian Biologi, 5(3), 168-181.
Mulyana, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Team Games Tournament (TGT) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Sub Konsep Invertebrata. Pedagogi Biologi, 1(01), 45-51.
Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dengan Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 98-104.
Nora, D. N., Anggraeni, A., Rohza, A., Padli, P., Muliati, I., Frinaldi, A., & Zarya, F. (2025). Enhancing Students' Critical Thinking Skills Through A Team Games Tournament Model. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 13(1), 455-463.
Nordiana, N., Asnar, A., Suryangsi, S., & Herliah, E. (2024). Konstruksi Pemahaman Siswa Dalam Memandang Kedaulatan Nasional Atas Sumber Daya Mineral Batu Bara Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 105-111.
Oktavia, A., Kusumadewi, R. F., & Afandi, M. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 120-140.
Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2024). 4C Skills (Critical Thinking, Creative, Collaboration, And Communication) In Physics Learning: Have They Been Formatted in Students?. International Journal Of Science Education And Science, 1(2), 52-59.
Rohmatun, A., & Yustiana, S. (2025). Pengaruh Model Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Pedapaud: Jurnal Pendidikan Dasar Dan PAUD, 4(1 April), 10-17.
Sya'bani, Y. A., Sukidin, S., & Tiara, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Education Journal: Journal of Educational Research And Development, 8(1), 63-74.
Winarno, N., & Afianti, E. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1-9.
Yusuf, D., & Pambudi, M. R. (2025). Pengaruh Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Karakteristik Negara Maju Dan Berkembang Kelas Xii Di SMA Negeri 2 Wonosari. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 4(1), 39-45.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.