Team Games Tournament and the Development of Critical Thinking Skills: A Literature Review

Retri Aulia, Heffi Alberida

Sari

Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis merupakan kompetensi abad ke-21 yang krusial untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto, yaitu menganalisis tujuh artikel ilmiah relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada berbagai jenjang pendidikan. Rata-rata skor posttest untuk selisih antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol signifikan secara statistik (p < 0,05) atau nilai N-Gain ≥ 0,5. Model TGT yang berbasis pada permainan dan kerja sama tim menciptakan lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan kompetitif, mendorong siswa untuk berpikir analitis, mengevaluasi informasi, dan mengambil keputusan. Oleh karena itu, TGT dapat menjadi strategi pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara optimal. Kata Kunci: Berpikir kritis, Kajian Pustaka dan Team Games Tournament.

Referensi

Aisyah, S., Purbasari, I., & Ardianti, S. D. (2025). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media QUECAPAS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Indonesian Research Journal On Education, 5(2), 267-275.

Bustami, Y., Mirnawati, M., & Utami, Y. E. (2022). Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Studi Meta¬-Analisis Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(1), 30-40.

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850-860.

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834.

Hermawan, A., & Rahayu, T. S. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 467-475.

Khazanah, P. L., & Fanani, U. Z. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran TGT Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Tunggal Bahasa Mandarin Dengan Breakout Rooms Pada Kelas X BHS SMAN 1 Driyorejo. Jurnal Bahasa Mandarin, 4(2).

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Mudzalifah, R., Herliani, H., Akhmad, A., & Jailani, J. (2025). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Wordwall (Gameshow Quiz) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMAN 14 Samarinda. Biocaster: Jurnal Kajian Biologi, 5(3), 168-181.

Mulyana, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Team Games Tournament (TGT) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Sub Konsep Invertebrata. Pedagogi Biologi, 1(01), 45-51.

Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dengan Penggunaan Media Sosial Terhadap Capaian Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 98-104.

Nora, D. N., Anggraeni, A., Rohza, A., Padli, P., Muliati, I., Frinaldi, A., & Zarya, F. (2025). Enhancing Students' Critical Thinking Skills Through A Team Games Tournament Model. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 13(1), 455-463.

Nordiana, N., Asnar, A., Suryangsi, S., & Herliah, E. (2024). Konstruksi Pemahaman Siswa Dalam Memandang Kedaulatan Nasional Atas Sumber Daya Mineral Batu Bara Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 105-111.

Oktavia, A., Kusumadewi, R. F., & Afandi, M. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 120-140.

Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2024). 4C Skills (Critical Thinking, Creative, Collaboration, And Communication) In Physics Learning: Have They Been Formatted in Students?. International Journal Of Science Education And Science, 1(2), 52-59.

Rohmatun, A., & Yustiana, S. (2025). Pengaruh Model Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Pedapaud: Jurnal Pendidikan Dasar Dan PAUD, 4(1 April), 10-17.

Sya'bani, Y. A., Sukidin, S., & Tiara, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa. Education Journal: Journal of Educational Research And Development, 8(1), 63-74.

Winarno, N., & Afianti, E. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1-9.

Yusuf, D., & Pambudi, M. R. (2025). Pengaruh Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Karakteristik Negara Maju Dan Berkembang Kelas Xii Di SMA Negeri 2 Wonosari. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 4(1), 39-45.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.