Analisis Kesulitan Siswa pada Sub-Materi Genetika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa

Anisa Solehah Nurwendah, Intan Permata Sari

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam pembelajaran sub-materi genetik ditinjau dari minat belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA yang telah mendapatkan materi genetika dalam mata pelajaran biologi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa dari dua kelas XII MIPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan memilih 23 siswa yang mewakili berbagai kategori minat belajar kemudian dipilih 3 orang yang mewakili setiap minat belajar untuk dilakukan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori minat belajar rendah mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar genetik seperti struktur DNA dan hukum pewarisan sifat, terlihat dari jawaban yang keliru dalam menjelaskan istilah dan mekanisme genetik. Siswa kategori sedang mengalami kesulitan dalam menghubungkan konsep satu dengan yang lain, serta kurang tepat dalam menginterpretasikan diagram persilangan genetik. Adapun siswa dengan minat belajar tinggi mengalami kesulitan dalam penggunaan simbol genetik dan istilah ilmiah pada soal analisis, meskipun secara umum dapat menjawab dengan benar. Kata Kunci: genetika, kesulitan belajar, minat belajar

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.