Pengembangam Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII

Mardhatillah Sipinte, Muslich Hidayat, Eva Nauli Taib, Zuraidah Zuraidah, Elita Agustina

Sari

Media pembelajaran di MTsN 2 Banda Aceh masih jarang digunakan, terutama materi klasifikasi makhluk hidup. Akibatnya, siswa kurang semangat dan tidak fokus saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media interaktif berbasis articulate storyline serta untuk menganalisis hasil validasi media dan materi. Rancangan penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Allesi dan Trollip. Subjek dalam penelitian adalah 2 ahli media dan 2 ahli materi. Objek penelitian adalah uji kelayakan media dan materi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan validasi. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, wawancara serta lembar uji kelayakan media dan materi. Analisis data kelayakan menggunakan rumus persentasi. Hasil kelayakan media memperoleh hasil sebesar 80% dengan kategori layak, hasil kelayakan materi memperoleh hasil sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kelayakan keseluruhan memperolah hasil 86,87 dengan kategori sangat layak. Media ini potensial untuk membantu pembelajaran klasifikasi makhluk hidup yang abstrak, mempermudah pemahaman materi, dan meningkatkan motivasi belajar siswa.Kata Kunci:  Articulate Storyline, Klasifikasi Makhkuk Hidup, Uji Kelayakan  

Referensi

Allesi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). https://csuglobal.blackboard.com/bbcswebdav/institution/FCCContent/csfiles/home_dir/externalFiles_20130401041211/library__xid-1005_5/Textbook Reserve__xid-13309_5/OTL__xid-14610_5/OTL543__xid-17718_5/OTL543_Module2__xid-14582_5-2.PDF

Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 97–101. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.07.

Anon. (1987). Research and Development. In Automotive Engineer (London) (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/10.12968/npre.2007.5.5.23745

Aulia, S., Wulandari, A. Y. R., Ahied, M., Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2022). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan ArticulateStoryline 3. Jurnal Natural Science Educational Research, 2(5), 40–59.

Bangun, E. (2023). Keberlanjutan Iptek di Bidang Pendidikan di Era Pandemi Covid 19 dan Endemi Covid-19. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 121–128. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6306

Dwi Novia Rachmawati, Kurnia, I., & Laila, A. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Materi Karakteristik Geografis Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 106–121. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.22316

Dzulfian Syafrian, D. (2025). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Hafiedz, R., & Nurhamidah, D. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena Literasi, 6(1), 54. https://doi.org/10.24853/pl.6.1.54-64

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Nurillahwaty, E. (2021). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Octarya, Z., & Fadhillah, F. (2023). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 7(1), 31.

https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v7i1.21556

Penelitian, A., Riyan, D. W. I., Studi, P., Kimia, P., Mipa, J. P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tanjungpura, U. (2014). Pengembangan media chemistry in scrabble- transformation of normal study (cis-trans). 1–12.

Plomp, Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Putri, sevira N. (2014). Memajukan Pendidikan : Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Seluruh Nusantara.

Anastasi. R., Lawe. A, H., & Lin, O. (2022) Sukses Menyelesaikan Skripsi Dengan Metode Penelitian Kuantitatif dan Analisis Data SPSS. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rochmah, R. N., & Susanti, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan iSpring Suite 11 Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi Kelas X SMK. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 12(2), 23. https://doi.org/10.24127/jp.v12i2.10867

Saskia, R. A., Ajizah, A., & Hafizah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Sistem Tata Surya untuk Kelas VII SMP/MTs. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(2), 17. https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7389

Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education, 5(3), 6933–6941. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480

Simamora, N. N., Astalini, & Darmaji. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 1–7.

Yastini, Y. N., & Nurdian, A. R. (2018). Kemampuan Penggunaan Bahasa Baku Mahasiswa Progrm Studi Bahasa Indonesia Ikip Siliwangi. 1, 475–480.

Yuliasati, A. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DI KELAS V SD WILAYAH 1 PAUH KOTA PADANG mendukung keberhasilan proses pembelajaran . Dalam konteks pendidikan m. 6(3), 3437–3451.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.